Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran

Daftar Isi

Beberapa postingan pada blog ini adalah membahas tentang elearning ataupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untu itu kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial bagaimana cara mudah membuat aplikasi berbasis Android media pembelajaran tanpa koding. 

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran
Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran

Aplikasi ini pada dasarnya hanyalah sebuah aplikasi webview dari website google sites yang telah Bapak / Ibu Guru buat sebelumnya. Kita buat aplikasi Androidnya agar bisa diinstal di masing-masing HP siswa. Sehingga siswa akan lebih mudah membuka website yang telah dibuat.

Walaupun hanya sekedar aplikasi webview android, apabila Anda bisa menyusun web google sites dengan baik maka akan sangat berguna. Salah satu kelebihan aplikasi Android webview untuk melakukan perbaikan dan penambahan fitur kita cukup fokus di google sitesnya. Jadi tak perlu instal ulang aplikasi apabila ada perbaikan, penambahan fitur atau menu baru.

MIT App Inventor adalah aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch dan StarLogo TNG, yang memungkinkan pengguna untuk men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. 

Baik kita langsung saja bagaimana cara membuat Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran  Webview.

1. Pastikan Anda sudah memiliki webiste, jika belum silahkan baca postingan sebelumnya:  Membuat LMS Sederhana Mudah Menggunakan Google Sites

2. Kunjungi website MIT App Inventor - http://appinventor.mit.edu/ kemudian pilih "Create Apps!"

Buat Aplikasi MIT App Inventor

3. Silahkan login menggunakan akun google Anda.

4. Setelah itu masuk ke menu "Projects" --- "Start new project"

start new project mitt app

5. Masukan nama projectnya.

masukan nama project

6. Kemudian akan tampil seperti dibawah ini, silahkan tarik atau drag "WebViewer" ke layar HP.

webview mit app inventor

7. Isikan link website adana di bagian Components "Webviewer1" --- Propertes "Home URL" diisi link web Anda. 

webview url


8. Jika sudah jangan lupa simpan dengan cara "Projects" --- "Save Project"

simpan project app mit inventor

9. Lanjut untuk mengubah gambar icon aplikasi, dengan cara klik Componen "Screen1" --- Propertis "Icon"  Silahkan upload, Jika sudah, jangan lupa "Save Project"

ubah icon aplikasi webview

10. Anda bisa mencari icon di mesin pencari google dengan cara mengetikan misalnya "school icon png" 

cari icon png

11. Selanjutnya kita akan membuat agar aplikasinya full screen, klik menu Componen "Screen1" - "Propertis" --- Hilangkan Centang pada "Title Visible" --- "Save project"

tampilan full sreen webview

12. Langkah selanjutnya adalah membuat file installer (.apk ) caranya klik menu "Build" --- "App ( save .apk my computer )

build apk

13. Tunggu proses build apk selesai, jika sudah secara otomatis maka akan terdownload ke laptop.

proses build apk android

14. Upload file apk ke google drive dan bagikan link download ke siswa agar bisa diinstal. Apabila belum tahu cara apload file ke google drive, silahkan baca pada postingan sebelumnya: Kegunaan Google Drive untuk Tenaga Administrasi dan Guru

upload file apk android


Lihat videonya :




Langkah Instal Aplikasi di HP

Karena aplikasi yang kita buat tidak atau belum didaftarkan di google Play Store, maka tidak bisa diinstal langsung. Harus melakukan seting pengaturan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Download dulu file Aplikasi Android PJJ (.apk) nya misal ini https://sites.google.com/view/pjjsd/download

2. Saat instal pilih menu "Pengaturan"

pengaturan

3. Aktifkan "Sumber tidak diketahui"

sumber tidak diketahui

4. Install 

Instal

5. Aplikasi akan muncul di layar HP

aplikasi muncul di layar

6. Aplikasi siap digunakan

 

aplikasi webview siap digunakan

Demikianlah yang bisa saya share mengenai Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Media Pembelajaran berbasis webview Google Sites yang digenerate menggunakan MITT App Inventor.

Jika ada yang belum jelas, silahkan sampaikan melalui kotak komentar. Koreksi kririk dan saran dari pembaca juga diharapakan agar artikel tutorial ini lebih baik. 

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/App_Inventor

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar