Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA VERVAL PONSEL PENGUSULAN KUOTA INTERNET GRATIS PEMERINTAH

Agar mendapatkan kuota internet gartis dari pemerintah melalui kemendikbud dan bisa dicairkan maka harus melalui verval ponsel siswa yang dilakukan masing-masing sekolah.

Verifikasi dan validasi (verval) nomor HP peserta didik berguna untuk memastikan benar tidaknya nomor HP untuk keperluan pencairan bantuan kuota internet. Kebenaran nomor ponsel/HP siswa perlu dipastikan oleh Kepala Sekolah agar bantuan kuota internet dapat digunakan untuk pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Kepala sekolah diharuskan membuat dan menandatangi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bermeterai 6000.


cara verval ponsel kuota internet gratis


Surat Pemberitahuan Verval Ponsel Bantuan Kuota Internet

Dasar surat untuk melakukan verval ponsel adalah surat dari Pusdatin Kemendikbud tanggal 3 September, nomor 4286/J1/KP/2020, perihal Revisi surat pemberitahuan verval ponsel yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Surat ini mengaantikan atau merevisi surat sebelumnya tertanggal 1 September 2020 nomor 4239/J1/KP/2020, perihal Verifikasi dan Validasi Data Nomor Ponsel.

Hal yang direvisi ialah jika sebelumnya Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik yang belum mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Program Indonesia Pintar dari Pemerintah diganti/direvisi menjadi Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik dan Guru yang tercatat dalam mekanismependataan Data Pokok Pendidikan. Berikut ini tampilan surat yang dimaksud.

Pemberitahuan verval ponsel
Revisi surat pemberitahuan verval nomor ponsel



Panduan Cara Verval Ponsel

Adapaun panduan cara verval ponsel sudah disediakan jika operator sekolah login ke web verval nanti disana ada menu panduannya yang bisa didownload. Secara garis besar berikut ini cara verval ponsel.

  1. Login ke alamat verval ponsel https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/ menggunakan username dan password akun sdm.data. Update link baru verval ponsel https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/index.php 
  2. Akan ditampilkan nomor ponsel peserta didik (PD) yang diambil dari isian entri nomor HP aplikasi dapodik 2021a. 
    verifikasi nomor ponsel

  3. Tugas operator adalah memverifikasi dengan mengklik tombol icon pensil yang didalamnya dapat digunakan untuk memperbaiki nomor ponsel yang salah diisikan pada aplikasi dapodik, mengisikan nomor ponsel yang masih kosong, dan mengisikan kepemilikan nomor ponsel. 
    verval kepemilikan nomor ponsel siswa

  4. Lakukan juga verfikasi nomor ponsel/hp Guru pada menu "Pendidik". Guru dan Kepala sekolah yang akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis adalah yang sudah memili nomor NUPTK
  5. Terdapat menu "Residu provider", merupakan data balikan dari provider karena nomor ponsel tidak aktif, atau nomor ponsel tidak ditemukan atau tidak tercatat di database provider. Data yang masuk residu provider harus diperbaiki nomor ponselnya. 
    residu provider verval ponsel
  6. Setelah selesai melakukan verifikasi data, lanjut untuk mencetak SPTJM dan sekolah mengupload scan SPTJM yang sudah ditandatangai oleh Kepala Sekolah diatas materai Rp 6000  cap sekolah.

Kendala Dalam Verval Ponsel

Ada beberapa kendala  atau error yang dihadapi oporator yang kesulitan dalam melakukan verval ponsel

1. Gagal Verval Tidak Tersimpan.

Gagal verval tidak tersimpan, adalah kondisi saat operator sudah bisa login telah mengisi kepemilikan nomor hp, namun saat menekan tombol simpan tidak ada respon. Kemungkinan hal ini memang dari sisi aplikasi yang belum siap atay servernya sedang trafik tinggi. Jika berhasil simpan maka pada isian "kepemilikan" akan terisi.


2. Jumlah siswa antara dapodik dengan verval ponsel berbeda.

Kendala lainya verval ponsel adalah jumlah siswa yang ada pada aplikasi dapodik berbeda dengan yang ada pada web verval ponsel, ada siswa yang tidak masuk di verval ponsel. Saya sendiri mengalamai hal ini, harusnya ada 148 siswa akan tetapi pada verval ponsel hanya ada 139 entri.  Cujyp banyak ada selisih 9 orang siswa. Kalau ini saya kurang paham pennyebabnya, yang bisa dilakukan operator untuk masalah ini adalah dengan sinkron aplikasi dapodik 2021a

Ngomong-ngomong soal sinkronisasi dapodik ternyata walupun sudah melewati batas cuf off bos, masih dirasa sulit. Ya mungkin ini karena banya teman-teman operator yang melakukan update data nomor ponsel seperta didik. 

update 7 September 2020, Saya mendapatakan informasi bahwa jika jumlah siswa berval ponsel berbeda dengan jumlah pada aplikasi dapodik, ternyata  ada data siswa yang masih masuk residu verval PD New.

Daftar reisidu, adalah data siswa yang masih ada beberapa yang doubel baik iktu nomor NISN, nomor NIK. NISN bisa dipakai orang lain atau masih terdaftar di TK/PAUD. Sedangkan NIK bisa saja dipakai siswa lain. Untuk memperbaikinya silahkan lakukan perbaikan di Verval PD New 2020


3. Tidak bisa login verval ponsel

Tidak bisa akses atau login verval ponsel dengan keterangan username atau password tidak terdaftar. Kemungkinan bersar ini biasanya keliru menggunakan akun sso dapodik, padahal untuk login verval ponsel menggunakan akun sdm.data.

Untuk memastikan menggunakan akun sdm.data coba login di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

tidak bisa login verval ponsel

Apabila tidak bisa membuka verval ponsel hanya loading saja dan tidak muncul apa-apa berarti sedang ada masalah di server, atau bisa juga karena diblok oleh kartu internet atau provider, coba gunakan internet kartu lain.


4. Pergantian Nomor Ponsel Kartu Perdana Baru

Pada mekanisme pemberian kuota internet gratis pemerintah memungkinkan untuk mengganti nomor. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh seller kartu perdana internet memperbanyak konsumen. Ditempat saya sendiri ada dari 2 provider perdana internet yang menawarkan kuota internet lebih dari yang diberikan pemerintah 35GB dengan syarat dimasukan pada aplikasi dapodik. Kalau sebagai siswa atau wali murid atau guru tentu ya senang-senang saja dapat gratisan lebih. 

Namun dari sisi operator tentunya akan menyulitkan, karena harus entri ulang ke aplikasi dapodik dan tidak hanya sampai disitu harus melakukan verval satu persatu secara online, terlebih sulitnya sinkron dapodik dan membuka verval ponsel padahal sudah dibuka tengah malam. Kepinginya kepala sekolah lebih bijak dalam menanggapi kartu perdana internet gratis ini.

 PENYALURAN GRATIS KUOTA INTERNET 35GB ATAU PULSA 35RB ( baca di sini )

5. Provider Melakukan Proses Validasi Nomor Ponsel

Verval Ponsel sambil dikerjakan operator sekolah, juga sambil dilakukan pengembangan, tak heran jika sering downn dan sulit di akses.

Saat ini verval ponsel juga telah memunculkan fitur validasi nomor yang dilakukan oleh provider. 

Muncul beberapa menu dan tanda baru pada sistem verval ponsel ini yaitu:

  • Icon pensil untuk perbaikan data
  • Icon sincron yang menandakan sedang proses validasi nomor oleh provider
  • Icon centang/chek list menandakan sudah SPTJM

Selain itu pada tabel data juga terdapat tanda warna. Baris warna biru muda = nomor ponsel aktif. Baris warna merah muda= nomor ponsel tidak aktif.

Nomor yang tidak aktif akan masuk pada tabel Residu Provider Peserta Didik dan Residu Provider Pendidik

6. Cara Registrasi  Nomor Kartu Perdana SMS ke 444

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah mengharuskan agar semua nomor ponsel diregistrasi menggunakan nomor NIK/KTP dan nomor KK. Upaya ini guna mencegah kejahatan maupun penipuna menggunakan nomor HP. 

Adapun kaitanya dengan verval ponsel, ditemuka keterangan pada kolom residu bahwa nomor tidak aktif, padahal setelah dihubungi dan ditanyakan ke pemilik nomor masih aktif dan sering diisi pulsa.

Ada teman operator dapodik yang menduga bahwa ini terkait nomor ponsel yang belum diregistrasi ke 4444.

Nah berikut ini cara registrasi ke nomor 4444

Cara Registrasi Nomor Melalui SMS ke 4444

Nomor beli baru cara registrasi, ketik SMS kirim ke 4444 sesuai format dibawah ini:

[Indosat, Smartfren, dan Tri] ketik:

NIK#Nomor KK 


[XL Axiata (XL dan Axis)] ketik: 

DAFTAR#NIK#Nomor KK


[Telkomsel] ketik: 

REG#NIK#Nomor KK 


Bagi nomor lama, format sms untuk semua operator ketik:

ULANG#NIK#Nomor KK# 


Penutup 

Demikianlah tentang serba-serbi tentang verval ponsel untuk mendapatkan bantuan kouota internet gratis dari pemerintah dari sudut padang saya pribadi yang berkerja sebagai operator sekolah. Kritik dan saran yang membangun kami harapkan agar tulisan ini bisa bermanfaat khususnya untuk teman-teman operator. Terima kasih  


Update: SPTJM Verval Ponsel Bulan Oktober 2020 


Ulasan ini diperbaharui pada tanggal: 11 Oktober 2020

Posting Komentar untuk " CARA VERVAL PONSEL PENGUSULAN KUOTA INTERNET GRATIS PEMERINTAH"