Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Entri Nomor HP di Dapodik Menggunakan "Robot Asisten"

Sebagai operator sekolah, saat ini saya mendapatkan tugas mengentrikan nomor handphonr (HP) semua siswa pada aplikasi Dapodiik 2021a.  Cara cepat dan mudah dalam mengentrikan nomor HP tentunya sangat diperlukan. Salah satu caranya menggunakan sebuah "Robot Asisten Dapodik" untuk entri data.

Entri Nomor HP Dapodik Menggunakan Robot
Entri Nomor HP di Dapodik Menggunakan Robot


Saya mendapatkan informasi dari grup operator. Ada yang share cara entri nomor HP bisa sambil rebahan biarkan "robot" yang bekerja. Chanel youtube yang share aplikasi ini dan cara penggunaan adalah pena digital miliknya Ana Ogi.

Sebenarnya saya juga akan upload video rekaman saat mempraktikan tutorial tersebut, namun ternyata dalam pengaturan aplikasi tidak semudah itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan akan saya bagikan saja melalui tulisan disini.

Seperti yang diketahui mengapa kita harus mengentrikan nomor hp siswa, karena pengusulan kuota internet gratis pemerintah  melalui aplikasi dapodik.

"Robot Asisten" dapodik yang dimaksud hanyalah sebuah istilah, karena sifatnya yang otomatis.
Aplikasi robot yang digunakan untuk entri nomor HP ini adalah  software aplikasi untuk merekam mouse dan keyboard.  Intinya aplikasi ini cara kerjanya dengan merekam pergerakan dan aktivitas mouse serta keyboard yang akan dijalankan secara berulang. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar, karena masih banyak diantara yang coment dalam video tersebut yang belum bisa menggunakan aplikasi ini.

  1. Pastikan langkah-langkahnya secara berurutan dan jika dianalogikan seperti lingkaran bisa tersambung antara perintah akhir untuk menuju perintah awalnya.
  2. Nomor HP yang dicopykan tidak sama atau berbeda dengan yang sebelumnya. Karena jika sama maka aplikasi dapodik gagal menyimpan dan ini mengacaukan perintah settingan  robot.
  3. Tidak ada isian data invalid lainnya yang bisa menyebabkan data tidak tersimpan.
  4. Kita harus tetap memantau robot dalam menjalankan perintah, kalau ada sedikit kesalahan maka akan berpengaruh jadi buyar apalagi jika bot sudah diseting agar berjalan berulang.
  5. Kita harus sudah mempunyai data Excel dengan nama peserta didik yang sama persis pada aplikasi dapodik.
  6. Jika kita menggunakan google form untuk mendata nomor HP, maka kita tetap menggunakan nama yang sesuai di aplikasi dapodik. Untuk itu harus diolah dulu di Excel.
  7. Data nomor HP di Excel harus menggunakan format text, jika tidak maka angka 08 nolnya bisa hilang.

Mungkin itu saja sih, agar lancar saat menggunakan bot untuk entri nomor HP siswa di dapodik 2021a. Aplikasi ini memang tidak secepat kilat, namun paling tidak bisa meringankan beban kerja, bisa ditinggal rehat rebahan dengan tetap memantu robot asisten bekerja. 

Untuk mendownload "aplikasi robot" dapodik ini,  link downloadnya bisa di lihat di deskripsi https://youtu.be/bOrKnsSH3uY

Dan ini langkah-langkah instalasi lihat video dari chanel pena digital berikut ini.




Jika teman-teman operator masih gagal, silahkan coba lagi. Karena saya juga beberapa kali percobaan hingga menemukan langkah yang pas. Namun apabila dirasa aplikasi ini malah membuat bingung dan ribet kita entrikan saja secara manual. Bisa juga dengan cara percepatan meminta bantuan teman. Lihat postingan terdahulu cara membuka dapodik di laptop lain menggunakan jaringan wiifi.

Mengentrikan nomor HP siswa menggunakan bot ini hanyalah kreativitas operator, dan cara ini tidak berhubungan memodifikasi database yang bisa menyebabkan error dapodik.

Demikian yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini, mengenai beberapa hal agar cara entri nomor HP di Dapodik Versi 2021a Menggunakan "Robot Asisten" dapat berjalan otomatis dengan lancar.

Semoga teman-teman tetap semangat dan sehat selalu.

Posting Komentar untuk " Cara Entri Nomor HP di Dapodik Menggunakan "Robot Asisten""