Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA SINKRON DAPODIK VERSI 2021

Proses sinkron dapodik merupakan hal penting untuk mengirimkan data dapodik. Ada sesuatu yang baru pada cara pengiriman data aplikasi Dapodik  versi 2021, yaitu fitur "Tarik Data" yang memungkinkan kita bisa melakukan penarikan data dari server walupun masih banyak data yang invalid. Ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana untuk mengirim data harus valid semua dahulu.
Sinkron tarik data dapodik 2021

Pada dapodik 2021 ada 2 (dua) menu tombol pengiriman data yaitu Tombol "Sinkroninasi", dan Tombol "Tarik Data". Bingung ya? hmmm baik kita lanjutkan dahulu.

Tombol "Tarik Data" Dapodik

Tarik data: proses pengiriman data satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang terdapat di server saja. 

Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server. Data invalid yang terdapat di validasi lokal tidak akan berpengaruh terhadap proses tarik data ini.

Tombol menu "Tarik Data" ini tentunya sangat berguna untuk kegiatan proses menambahkan siswa / peserta didik (PD) baru dan mutasi melalui proses tarik data. Kita tak perlu menunggu data valid semua untuk bisa segera menambahkan siswa baru. 

Tentunya ini juga berpengaruh tentang kualitas data. Coba bayangkan jika untuk bisa menambahkan siswa baru harus valid semua dulu, opeator hanya mengejar yang penting lolos validasi tanpa memperhatikan kondisi yang sebenarnya, misalnya data sarana dan prasrana yang untuk mendapatkan data akurat perlu waktu.

Tarik data ini selanjutnya erat kaitanya dengan sudah adanya fitur-fitur perubahan data yang bisa dan bahkan hanya bisa diedit pada aplikasi manajemen sekolah sp.datadik.kemdikbud.go.id dan aplikasi akun masing-masing PTK ptk.data.kemdikbud.go.id

Mulai dapodik versi 2021 juga riwayat pendidikan S1 hanya bisa diubah melalui website ptk.data.kemdikbud.go.id .  Disinilah juga diketahui kegunaan menu "Tarik Data" Dapodik 2021

Ditambah lagi adanya proses verifikasi email aktif PTK yang berdampak banyaknya perubahan username akun PTK.

Tombol "Sinkron" Dapodik

Sinkronisasi adalah proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Kalau ada data yang masih invalid atau merah, tombol sinkron tidak akan muncul.


Cara Sinkron Maupun Tarik Data Dapodik

Cara sinkron dan tarik data dapodik sebenarnya sama saja langkahnya cuma beda di tombolnya saja dan proses pertukaran data.

Berikut ini cara sinkronisasi mauapun tarik data dapodik versi 2021 
  1. Login ke aplikasi dapodik http://localhost:5774/ menggunakan akun Kepala Sekolah (KS). 
    Login Dapodik 2021
  2. Lakukan "Validasi lokal" terlebih dahulu 
    Validasi Dapodik 2021
  3. Jika sudah selesai lanjut ke menu "Sinkronisasi" 
    Sinkronisasi Dapodik 2021
  4. Akan dimunculkan tombol "Tarik Data" / "Sinkron", silahkan pilih sesui tombol yang otomatis muncul. 
    Tarik Data Dapodik 2021
  5. Tunggu Proses  "Tarik Data" / "Sinkron", 
    Proses Sinkron Dapodik 2021
  6. Terkadang akan muncul server sibuk, ada juga "Proses sinkronisasi masih berjalan. Silakan dicoba beberapa menit lagi...." seperti gambar dibawah ini. 
    proses sinkron dapodik sedang berjalan
  7. Jika sudah berhasil sinkron, maka akan ditampilkan apa saja dan berapa data yang masuk ke aplikasi dapodik local dan yang terkirim ke server.

Untuk melakukan sinkronisasi lancar sangat disarankan menggunakan internet yang stabil dan cepat. Hindari juga sinkron di batas-batas akhir cut off pengambilan data yang tentunya kalau dianalogikan jalannya macet karena banyaknya pemakai jalan.

Beberapa pesan gagal sinkron/tarik data dapodik diantaranya:
  • Tidak terhubung dengan database server
  • Server sedang sibuk. Silahkan melakukan sinkronisasi beberapa menit lagi....
  • Proses sinkronisasi masih berjalan. Silakan dicoba beberapa menit lagi....
  • Kami sedang melakukan perawatan sistem, Mohon coba beberapa saat lagi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Teman-teman operator jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK salam satu aplikasi.

Itulah yang bisa saya tulis tentang cara sinkron dapodik versi 2021 baik itu "sinkornisasi" maupun "tarik data"

Lihat-lihat juga tulisan saya yang lainya tentang dapodik dibagian bawah artikel ini ya... 😊 biar semangat menerbitkan artikel yang jelas dan valid. Koment kritik dan saran dipersilahkan melaui kotak komentar.

Mudah-mudah bermanfaat, semoga sehat selalu dan sukses.
 
 

Posting Komentar untuk "CARA SINKRON DAPODIK VERSI 2021"