Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPTJM Verval Ponsel Bulan Oktober 2020

Halo sobat data... teman-teman operator sekolah, pada artikel kali ini saya akan membahas cetak SPTJM Verval Ponsel Bulan Oktober 2020. Informasi ini berguna, hal apa yang harus saya dan Anda lakukan sebagai opertor sekolah. 

Apakah harus membuat dan mengupload SPTJM lagi tiap bulan?

Seperti yang Anda ketahui bahwa program bantuan kuota internet Kemdikbud untuk PJJ online berlangsung selama empat bulan yaitu September, Oktober, November, dan Desember Tahun 2020.

Untuk itu ada baiknya kita memahami tiap kata yang ditampilkan pada kotak informasi website Verval Ponsel.

cara spjtm verval ponsel Oktober 2020

Baik tanpa panjang lebar kita langsung saja.


1. Unduh dan Unggah SPTJM mulai 6 Oktober 2020.

Tertulis jelas informasi pada laman Verval Ponsel https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

Silakan lakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel Pendidik dan Peserta Didik dengan memastikan nomor ponsel dan keterisian status kepemilikan nomor ponsel tersebut.

Unduh dan Unggah SPTJM tahap selanjutnya dapat dilakukan mulai Tanggal 6 Oktober 2020.

Terima kasih.


Dari kata-kata tersebut di atas, artinya operator sekolah tetap harus melakukan Verval Ponsel tiap bulan untuk memastikan nomor peserta didik dan guru aktif.  Jika ada nomor yang tidak aktif edit dengan cara klik pada icon "Pensil".


Disamping itu ada juga isian baru pada verval ponsel, yaitu:

Bersedia menerima bantuan kuota belajar?

Silahkan diisi "Ya" jika tetap ingin mendapatkan bantuan kuota belajar. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada pihak dalam hal ini siswa atau orang tua yang menolak bantuan ini, maka isikan "Tidak"

bersedia tidak menerima kuota belajar
Isian bersedia / tidak menerima kuota belajar

Dengan berjalannya waktu pengembang aplikasi verval ponsel juga memperbaharui fiturnya, Anda bisa melihat Daftar SPTJM tiap periode bulan baik yang telah disetujui ataupun belum.

status sptjm verval ponsel



Kaitanya pengembangan aplikasi verval ponsel, entah ada penambahan kapasitas dan optimasi server atau hanya karena lalu lintas akses aplikasi yang sudah berkurang saat ini verval ponsel sudah dapat dibuka dengan lancar, tanpa hambatan yang berarti. 


2. Buat Formulir SPTJM Verval Ponsel

Untuk membuat formulir SPTJM langkah-langkahnya hampir sama dengan cetak SPTJM Verval Ponsel yang sebelumnya klik "Menu SPTJM" --- "Belum SPTJM" --- "Formulir Pembuatan SPTJM".

Namun kami sarankan tidak terburu-buru...

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan SPTJM Bulan Oktober 2020.

spjtm verval ponsel Oktober 2020

Terkait dengan SPTJM mohon diperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Sekolah dapat memakai SPTJM periode sebelumnya dengan catatan tidak ada perbedaan jumlah peserta didik ataupun pendidik dari SPTJM yang sudah disetujui oleh Pusat pada periode sebelumnya.

2. Peserta didik dan pendidik yang dapat diajukan SPTJMnya adalah yang sudah terisi data kepemilikan dan dengan status validasi provider aktif atau paska bayar.

3. Daftar list peserta didik dan pendidik mengikuti cutoff SPTJM periode sebelumnya.

4.Untuk peserta didik dan pendidik yang tidak masuk SPTJM yang disetujui oleh Pusat pada periode sebelumnya, maka dapat diajukan pada tahap ini.

Setelah Anda berhasil melakukan cetak SPTJM, file SPTJM dapat didownload dan di upload pada menu "Daftar SPTJM".

menu upload sptjm verval ponsel


Keterangan:

Tanda panah arah bawah untuk mendownload SPTJM, beserta lampirannya

Tanda panah arah ke atas untuk mengupload/mengunggah SPTJM yang telah di bubuhi materai 6000, tanda tangan Kepala sekolah, dan cap sekolah. 


3. Haruskah Cetak SPTJM Lagi Tiap Bulan?

Saya pun tadinya juga bertanya-tanya, haruskah cetak STPJM lagi tiap bulan? 

Nah kalau saya, dari pada ribet mending cetak lagi saja. Tentu ini akan lebih valid dan update meskipun konsekuensinya harus membubuhkan materai lagi (boros materai). 

Namun saya kira itu tidak masalah, karena belanja materai termasuk pengeluaran barang habis pakai benda pos yang ada dalam anggaran sekolah. Sebagai operator sekolah, tentunya Anda bisa memintanya kepada Bendahara Sekolah.

Untuk proses cut off atau batas upload SPTJM bulan Oktober Tahap 1 yaitu tanggal 16.

Batas Download / Unduh SPTJM tahap 1 bulan Oktober pada tanggal 15 Oktober 2020 Pkl. 23.59 WIB.

Batas Upload / Unggah SPTJM tahap 1 bulan Oktober pada tanggal 16 Oktober 2020 Pkl. 23.59 WIB.


Penutup

Itulah yang bisa saya tuliskan untuk Anda mengenai cetak SPTJM Verval Ponsel pada Bulan Oktober 2020. Ini semua adalah usaha kita para Operator Sekolah agar proses pencairan bantuan kuota internet untuk Guru dan Siswa dapat tersalurkan dengan lancar. Itu artinya dapat membantu dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Online. 

Baca juga: Cara Guru Menggunakan WhatsApp untuk Pembelajaran Daring


Apabila Anda punya pendapat lain tentang haruskah cetak SPTJM lagi atau tidak bisa disampaikan melalui kotak komentar, Terima kasih dan salam satu data.

7 komentar untuk " SPTJM Verval Ponsel Bulan Oktober 2020"

  1. seandainya sudah dowload sptjm tapi belum upload karena batas cut off. Apa bisa di upload di tahap 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk itu kami belum paham, upload sekarang saja...
      Batas Unggah SPTJM tahap 1 bulan Oktober pada tanggal 16 Oktober 2020 Pukul 23.59 WIB.

      Hapus
  2. Saya sdh dowload SPTJM tgl 14 oktober 23.00 krna materai habis smpe tgl 15 blm upload, dapat materai laptop eror, gak bisa scan dll...dibenerin tgl 16, laptop siap, listrik mati sampai sekarang. belum jadi upload SPTJM. Utk tahap selanjutnya diulang download atau langsung upload yg kemarin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan yang saya amati pada verval ponsel bulan September, yang belum bisa download, tapi belum sempat upload menu dimunculkan lagi. Atau bisa jadi langsung masuk atau menggunakan tahap 2. Kita tunggu saja... semangat

      Hapus
    2. saya belum download SPTJM pada tahap 1 karena pada batas cutoff download / tanggal 15 malam waktu itu belum di acc/belum siap SPTJM, pada tanggal 18 malam saya buka lagi sudah siap SPTJM, apakah saya boleh download dan upload sekarang? :(

      Hapus
    3. Iya Bu, langsung saja... kalau tombolnya muncul

      Hapus
  3. Setelah unggah sptjm dan anak2 menerima kuota, ternyata ada keluhan ganti nomor. Apakah nanti bisa d edit lagi untuk ganti nomor baru?

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.