Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD

Kini sistem Dapodik semakin canggih masing-masing Guru bisa cek datanya sendiri melalui aplikasi web yang beralamatkan di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Melalui web ptk datadik kemdikbud guru bisa melihat datanya secara lengkap mulai dari biodata, tugas, sertifikasi, riwayat KGB, beban ajar, pendidikan, kepangkatan dan yang lainya.

Tidak dapat dipungkiri lengkapnya data di Dapodik juga merupakan hasil keringat teman-teman operator sekolah, mari kita berikan apresisi... terima kasih.

Nah melaui tulisan ini saya bagikan bagaimana cara untuk cek data guru di web ptk datadik kemdikbud. Kenapa data harus di cek? Ya karena ini juga akan terkait hal penting bagi guru yaitu pencairan tunjangan profesi guru (TPG).

Masing-masig guru bertanggung jawab atas datanya sendiri. Kalau saya amati di lapangan masih ada guru yang seakan menyalahkan operator sekolah kalau TPG titunda pembayarannya bahkan tidak dibayarkan karena datanya tidak valid.

Cara Cek Data Guru di Web Ptk Datadik


  1. Buka link atau alamat link https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id ini dapat dibuka melalui laptop dan hape, saya contohkan melalui Hape.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, klik tombol "LOGIN MENGGUNAKAN SSO" 
    cek ptk datadik
  3. Setelah itu akan otomatis diarahkan ke halaman login sso dapodik. 
    login ptk datadik
  4. Masukan username dan password akun dapodik Bapak/Ibu, jika belum punya mintalah ke Operator Sekolah.
  5. Jika berhasil login, maka bisa di lihat data-data Bapak/Ibu Guru yang ada dalam sistem dapodik. Silahkam di cek apakah data sudah benar dan terbaru. 
    data ptk datadik
  6. Karena kita membuka menggunakan Hape maka ada beberapa tabel data yang tidak terlihat, gunakan mode dekstop pada pengaturan browser yang sedang digunakan. 
    lihat ptk datadik hape
  7. Data riwayat kepangakatan dan kenaikan gaji berkala (KGB) sangat perlu diperhatikan karena akan berpenganaruh pada besaran gaji pokok TPG, 


Jika ada data yang salah atau akan melakukan pembaharuan data bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik yang terinstal di laptop operator sekolah. Untuk login ke aplikasi juga bisa dilakukan mandiri menggunakan akun masing-masing. Setelah data diperbaiki dan diperbaharui mintalah operator untuk melakukan sinkronosasi dapodik

Oh iya, sedikit tambahan informasi bahwa mulai dapodik versi 2021 tahun pelajararan 2020/2021 masing-masing guru diwajibkan mempunyai email aktif. Untuk apa sih harus memiliki alamat email aktif? Baca postingan sebelumnya: Satu Email untuk Satu Akun Dapodik.

Terus bagaimana sistem dapodik tahu bahwa email yang digunakan aktif? Dilakukanlah kegiatan verifikasi, jadi dapodik akan mengirimkan kode verifikasi ke email guru. Kode tersebut harus dimasukan kembali ke sistem dapodik, jika tidak punya / tahu berarti dipastikan email tidak aktif.

Dalam melakukan verifikasi ini dapodik juga memberikan batas waktu yaitu 31 Oktober 2020, jika tidak maka akun akan dihapus dari databaser Dapodik.

Apakah Bapak Ibu Guru sudah melakukan verifikasi? Jika belum ayo lakukan verifikasi sekarang. Lihat : Cukup Mudah, Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

Bapak / Ibu Guru baik dari jenjang PAUD dan Dikdasmen yang saya hormati, itulah sedikit tentang cara cek data guru melalui web ptk datadik kemdikbud melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id  yang mampu saya tuliskan. 

Info TPG Guru: Cek dan Ceak INFO GTK Periode Juli - Desember 2020

Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih juga telah menyempatkan membaca tulisan saya.

Posting Komentar untuk "CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD"