CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD

Daftar Isi
Kini sistem Dapodik semakin canggih masing-masing Guru bisa cek datanya sendiri melalui aplikasi web yang beralamatkan di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Melalui web ptk datadik kemdikbud guru bisa melihat datanya secara lengkap mulai dari biodata, tugas, sertifikasi, riwayat KGB, beban ajar, pendidikan, kepangkatan dan yang lainya.

Tidak dapat dipungkiri lengkapnya data di Dapodik juga merupakan hasil keringat teman-teman operator sekolah, mari kita berikan apresisi... terima kasih.

Nah melaui tulisan ini saya bagikan bagaimana cara untuk cek data guru di web ptk datadik kemdikbud. Kenapa data harus di cek? Ya karena ini juga akan terkait hal penting bagi guru yaitu pencairan tunjangan profesi guru (TPG).

Masing-masig guru bertanggung jawab atas datanya sendiri. Kalau saya amati di lapangan masih ada guru yang seakan menyalahkan operator sekolah kalau TPG titunda pembayarannya bahkan tidak dibayarkan karena datanya tidak valid.

Cara Cek Data Guru di Web Ptk Datadik


  1. Buka link atau alamat link https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id ini dapat dibuka melalui laptop dan hape, saya contohkan melalui Hape.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, klik tombol "LOGIN MENGGUNAKAN SSO" 
    cek ptk datadik
  3. Setelah itu akan otomatis diarahkan ke halaman login sso dapodik. 
    login ptk datadik
  4. Masukan username dan password akun dapodik Bapak/Ibu, jika belum punya mintalah ke Operator Sekolah.
  5. Jika berhasil login, maka bisa di lihat data-data Bapak/Ibu Guru yang ada dalam sistem dapodik. Silahkam di cek apakah data sudah benar dan terbaru. 
    data ptk datadik
  6. Karena kita membuka menggunakan Hape maka ada beberapa tabel data yang tidak terlihat, gunakan mode dekstop pada pengaturan browser yang sedang digunakan. 
    lihat ptk datadik hape
  7. Data riwayat kepangakatan dan kenaikan gaji berkala (KGB) sangat perlu diperhatikan karena akan berpenganaruh pada besaran gaji pokok TPG, 

EDIT DATA GURU DI PTK DATADIK


Jika ada data yang salah atau akan melakukan pembaharuan data bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik yang terinstal di laptop operator sekolah. Untuk login ke aplikasi juga bisa dilakukan mandiri menggunakan akun masing-masing. Setelah data diperbaiki dan diperbaharui mintalah operator untuk melakukan sinkronosasi dapodik.

Namun ada data yang hanya dapat diedit melakui login masing-masing akun di web ptk.datadik. yaitu riwayat pendidikan formal S1. 

Cara Edit Riwayat Pendidikan Formal S1

Jika pada awal dimasukan data di dapodik masih kuliah, dan ternyata sudah lulus kulian dan mendapatkan ijazah serta gelar S1 silahkan perbaharui riwayat data pendidikan formal Anda. Karena sangat penting data pendidikan S1, yang mana sebuah persyaratan untuk guru adalah S1. 
1. Silahkan login akun masing-masing PTK https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Kemudian masuk ke menu "Pendidikan" dan tekan gambar icon pensil. Setelah itu simpan. Kemudian operator sekolah diminta untuk melakukan sinkronisasi dapodik.
edit pendidikan formal dapodik





Oh iya, sedikit tambahan informasi bahwa mulai dapodik versi 2021 tahun pelajararan 2020/2021 masing-masing guru diwajibkan mempunyai email aktif. Untuk apa sih harus memiliki alamat email aktif? Baca postingan sebelumnya: Satu Email untuk Satu Akun Dapodik.

Terus bagaimana sistem dapodik tahu bahwa email yang digunakan aktif? Dilakukanlah kegiatan verifikasi, jadi dapodik akan mengirimkan kode verifikasi ke email guru. Kode tersebut harus dimasukan kembali ke sistem dapodik, jika tidak punya / tahu berarti dipastikan email tidak aktif.

Dalam melakukan verifikasi ini dapodik juga memberikan batas waktu yaitu 31 Oktober 2020, jika tidak maka akun akan dihapus dari databaser Dapodik.

Apakah Bapak Ibu Guru sudah melakukan verifikasi? Jika belum ayo lakukan verifikasi sekarang.
  Lihat : Cukup Mudah, Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

Bapak / Ibu Guru baik dari jenjang PAUD dan Dikdasmen yang saya hormati, itulah sedikit tentang cara cek data guru melalui web ptk datadik kemdikbud melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id  yang mampu saya tuliskan. 

Info TPG Guru:   PANDUAN LENGKAP INFO GTK TAHUN 2021

Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih juga telah menyempatkan membaca tulisan saya.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
8 Juli 2021 pukul 16.44 Hapus
Pak, cara pengajuan NUPTK gmn ya, sy di sklh swasta dan sdh terdaftar di dapodik sejak 2018
Comment Author Avatar
10 Juli 2021 pukul 10.40 Hapus
Untuk informasi pengajuan NUPTK, silahkan ke postingan
>> https://www.tasadmin.id/2019/09/cara-mendapatkan-nomor-nuptk.html