Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

Langsung saja ya teman-teman operator sekolah / operator dapodik. 

Pada artikel kali ini saya akan tunjukan bagaimana cara verifikasi akun dapodik 2021 untuk operator sekolah dan PTK , yang ternyata cukup mudah.

Apabila teman-teman operator baru saja berhasil menginstal dapodik versi 2021 maka pada aplikasi akan tertera akun operator sekolah, "Akun Tidak Terverifikasi". Selain itu pada daftar PTK akan muncul juga keterangan akun  belum terverifikasi.
verifikasi akun dapodik 2021

Hal ini karena pada aplikasi dapodik versi 2021 untuk pendataan awal tahun pelajaran 2020/2021, diberlakukan penataan akun dapodik baik itu akun operator dan akun Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK). Yang intinya tiap akun dapodik harus punya email sendiri yang aktif. 


1. Cara Verfikasi Akun Dapodik Operator Sekolah

Akun operator sekolah atau operator dapodik adalah akun yang berguna untuk mengerjakan dapodik dari entry siswa, mengisikan data PTK, serta mengisikan data Sarana Prasarana Sekolah.

Sebelum rilis aplikasi dapodik, tim pengembang dapodik melakukan pembersihan artinya menghapus akun operator sekolah yang dinilai dan dianggap tidak valid. Beberapa kriteria akun operator sekolah yang dihapus adalah digunakan lebih dari satu sekolah, penulisan email yang salah. Bagi yang akun operator sekolah dihapus akan dinformasikan kepada dinas pendidikan masing-masing dan juga melaui sms ke nomor kepala sekolah untuk segera dibuatkan akun operator sekolah yang baru.

Adapun cara verfikasi akun operator sekolah / operator dapodik adalah:
  1. Buka halaman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih "LOGIN MENGGUNAKAN SSO", masukan username dan password operator. 
    login sso sp datadik kemdikbud
  3. Ketika pertama login atau belum menverifikasi akun, teman-teman akan dimunculkan isian alamat email akun operator. Pastikan email tersebut aktif, jika tidak aktif alamat email dapat diganti untuk keperluan verifikasi. 
    ganti email aktif operator dapodik
  4. Klik "VERIFIKASI AKUN" agar sistem dapodik mengirimkan otomatis kode verifikasi ke alamat email. 
  5. Buka kotak email masuk untuk melihat kode verifikasi yang dikirimkan, jika tidak ada di kotak masuk coba periksa folder spam. 
    email masuk verifikasi akun dapodik
  6. Kembali ke web https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ dan masukan kode yang sudah kita dapatkan, dan klik tombol "LANJUTKAN" 
    masukan kode verifikasi dapodik
  7. Maka verifikasi telah berhasil dilakukan, dan untuk mengubah akun terferivikasi pada aplikasi dapodik lakukan sinkron dapodik. 
    akun operator sudah verifikasi


2. Cara Verifikasi Akun Dapodik PTK

Jika belum verfikasi akun PTK maka pada aplikasi dapodik, maka pada daftar PTK / GTK akan ditampilkan gambar amplop bertanda silang merah dengan keteranan akun belum terverifikasi.
akun ptk belum terverifikasi


Agak berbeda cara verifikasi akun PTK dengan akun operator, untuk lebih jelas langkah-langkahnya sebagai berikut

  1. Buka alamat https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan akun masing-masing PTK / GTK 
  3. Setelah berhasil login pilih menu "Biodata" --- "Akun" --- "Verifikasi Sekarang". 
    biodata akun verifikasi ptk
  4. Pastikan alamat emailnya sudah benar dan aktif, kemudiah pilih "LANJUTKAN". 
    verifikasi akun ptk dapodik
  5. Buka kotak email masuk, dan lihat kode verifikasi yang telah dikirimkan secara otomatis oleh sistem dapodik. Normalnya kode akan dikirim secepatnya, jika kode verifikasi belum masuk kemungkinan besar masih ada perbaikan pada server. 
  6. Masuk kembali ke web https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan masukan kodenya.
  7. Untuk menghilangkan tanda akun belum terveridikasi pada aplikasi dapodik, tentunya harus melakukan sinkronisasi. Setelah itu pada daftar PTK, icon amplop silang merah akan berubah menjadi centang hijau. 
    akun ptk telah terverifikasi

Bagaimana cukup mudah bukan untuk verfikasi akun dapodik versi 2021? Iya memang tidak sulit, tapi permasalahnya jika server kelebihan muatan operator bisa menghabiskann tenaga, waktu, bahkan kuota internet untuk verifikasi akun.

Jika teman-teman ingin mengetahui untuk apa sih harus menggunakan email aktif? silahkan pelajari pada postingan sebelumnya: Satu Email Untuk Satu Akun Dapodik.

3. Pengertian Username dan Email

Karena sepertinya masih banyak yang salah paham tentang apa itu username dan email saya akan sedikit share tentang hal tersebut "secara pengertian".

Username = Nama Pengguna
Email = Surat Elektronik,
Password = Kata Sandi

Username dan email adalah 2 (dua) hal yang berbeda. 

Email bisa digunakan sebagai username karena bersifat unik, tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Namun username tidak harus berupa email, username dapat berupa karakter.

Adapaun password adalah kata sandi untuk bisa login dalam sebuah akun. 

Password dapodik tidak harus sama dengan password email, karena password bersifat rahasia. 

NB: tentang pengertian username dan email ini saya tambahkan, karena pada proses verifikasi akun dapodik alamat email dapat diedit


4. Cara Mudah Ganti Email PTK yang Sudah Tidak Aktif.


Karena beberapa hal, ternyata email yang digunakan untuk akun dapodik guru sudah tidak aktif ataupun dulu pada saat ngisi alamat email ngarang. Lalu bagaimana cara mengganti email dapodik PTK yang aktif?

Solusinya sebenarnya juga cukup mudah. Saat kita membuka web https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ kan kita diharuskan untuk menuliskan email yang aktif . Perhatikan screnshot pada point nomor 2, disitu kita masih bisa menuliskan alamat email atau tidak dikunci. Dan disinilah kita tidak perlu pusing, cukup ketikan email yang aktif dan email itu akan otomatis menjadi username dapodik PTK

Setelah itu kemudian sinkronkan aplikasi.

5. Solusi Tidak Bisa Login Verifikasi ptk.datadik

Untuk bisa verfikasi email akun di ptk.datadik tentu harus login terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika tidak bisa login dengan keterangan "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok."

gagal login ptk datadik



Kemungkintan akun ini memang belum dibuatkan pada aplikasi dapodik, jadi solusinya cukup buatkan akun pada aplikasi dapodik localhost. Caranya bisa di lihat di Cara Ubah Username dan Password Dapodik 2020.

Lho kok dapodik versi 2020? kan sekarang sudah versi 2021... Ya memang, cara ini masih bisa dilakukan kok. 

Selanjutnya setelah diubah, lakukan sinkronisasi dapodik dan PTK bisa login di web ptk.datadik

Cara ke dua,  akun login PTK bisa diubah di web manajemen dapodik. https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
Namun cara ini belum saya praktikan, karena ada kemungkinan aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Kemungkinan malah error atau akun menjadi double. Akan tetapi kalau teman-teman opeator mau coba silahkan...
ubah akun sp datadik



Itulah yang bisa saya tuliskan untuk teman-teman operator yang merasa kesulitan dalam verifikasi akun dapodik 2021, khususnya bagi teman-teman operator baru. Semoga bermanfaat, bagikan juga artikel ini melaui link atau media sosial agar bisa lebih bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021"