Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satu Email Untuk Satu Akun Dapodik Tahun Pelajaran 2020/2021

Halloo.... teman-teman operator sekolah dimanapun Anda berada, selamat liburan akhir semester...

Meskipun libur yang namanya operator sekolah tetap ada tugas yang harus dikerjakan, tetap semangat.

Pada postingan kali ini saya akan informasikan tentang satu email untuk satu akun dapodik pada aplikasi dapodik versi baru yang akan dimulai pada pendatan tahun pelajaran 2020/2021


satu email untuk satu akun dapodik versi baru 2020 2021
satu email satu akun dapodik


Sebelumnya saya telah posting yang intinya bahwa aplikasi dapodik versi baru merupakan penggabungan antara Dapopaud dan Dapodikdasmen ( lihat di sini ).

[Daftar Isi]


Satu Email Akun Satu Akun Dapodik

Bagi yang belum tahu kata dapodik merupakan akronim dari data pokok pendidikan, kalau di versi baru nanti digabung tentunya akan semakin keren... salam satu data berkualitas :)

Dapodik itu sendiri merupakan sebuah sistem teknologi yang menjaring secara lengkap dari data siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), serta sekolah. Masing-masing data diberikan identitas untik berupa NISN, NUPTK, dan NPSN.

Dikutip dari website resmi dapodik yang berjudul "Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Ditutup pada 17 Juni 2020 untuk Persiapan Pemutakhiran Aplikasi Dapodik" telah disampaikan atau bocoran info dapodik versi terbaru tentang satu akun pengguna GTK

Dalam proses bisnis Dapodik yang baru, setiap GTK hanya diperkenankan memiliki 1 alamat email aktif yang terdaftar di Dapodik. Alamat email ini hanya digunakan oleh satu orang GTK dan tidak dapat digunakan secara bersama-sama, untuk itu akan dilakukan cleansing alamat email yang ganda maupun yang tidak aktif. Selanjutnya akun pengguna GTK ini dapat memiliki beberapa peran sesuai dengan penugasan di satuan pendidikannya masing-masing.

Dari info tersebut tentunya sebagai operator sekolah bisa mempersiapan dari sekarang.

Lalu apa sih manfaat dari satu email satu akun dapodik?

Jawabannya sudah bisa diketahui melalui videonya Pak Nazarudin Kompeten di chanel youtubenya gWakepo, beliau menjelasakan secara lengkap tentang manfaat satu email untuk satu akun. Judul videonya Verifikasi Email Guru untuk apa?



Dan inilah rangkuman tentang video verifikasi email guru yang berdurasi kurang lebih 30 menit, tentunya sesuai pemahaman saya. Teman-teman bisa mengkoreksi rangkuman saya melaui kotak komentar di bawah.


  1. Masih banyak guru yang belum membuka sendiri aplikasi info GTK;
  2. Info GTK digunakan untuk mengecek data kevalidan data guru dan bisa dibuka dari mana saja;
  3. Tim info GTK bisa kirim hasil validasi SKTP ke email masing-masing;
  4. Masih banyak email yang digunakan lebih dari satu akun GTK;
  5. Rata-rata guru sudah punya HP android ataupun iOS;
  6. Pada aplikasi dapodikdasmen memang sudah menerapkan email unik namun sifatnya masih lokal;
  7. Manfaat email terverifikasi banyak, bisa untuk mengirimkan kevalidan data, terbit SKTP, pembayaran SKTP, NRG, PPG
  8. Data nomor HP juga bisa digunakan untuk mengirimkan informasi melalui WhatsApp.
  9. Pada aplikasi dapodik ada yang namanya akun masing-masing PTK yang harusnya diberikan ke guru.
  10. Akun PTK berbeda dengan akun Dapodik
  11. Dapodik di sekolah merupakan kewenangan kepala sekolah.
  12. Prosedur verifikasi email saat ini belum ada, verifikasi email adalah harapan dari tim info GTK yang pelaksaannya bisa dilaukan oleh tim Dapodik sebagai sumber data ataupun dari tim Pusdatin sebagai referensi data Kemdikbud.


Cara Mudah Mengetahui Email Guru

Email adalah surat elektronik.

Surat elektronik (akronim: surel) atau pos elektronik (akronim: pos-el atau posel) (bahasa Inggris: e-mail) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli prangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Dalam kedinasan kita tentunya juga biasa melakukan kegiatan surat-menyurat, seriring berkembangnya teknologi maka surat yang bersifat kedinasan bisa dikirimkan melalui email.

Jika Bapak/Ibu guru telah memiliki hape android tidak perlu lagi membuat email, otomatis sudah mempunyai alamat email gmail. Gmail merupakan layanan email dari google, dan android adalah bagian dari google.

Saat Bapak/Ibu Guru membeli HP baru biasaya penjual akan menawarkan untuk membuatkan alamat email. Kemudian si penjual biasa mencatat alamat email dan passwordnya pada nota kwitansi. Nah lalu bagaimana cara mudah mengetahui alamat emailnya?

Mudah saja, cukup buka menu gmail yang ada di hape Bapak/Ibu Guru masing-masing, nanti akan bisa dilihat alamat email yang digunakan.

Jika sudah tahu alamat email, berikan hapenya alamat emailnya 😀 ke operator sekolah untuk dimasukan ke dalam aplikasi dapodik.

Apabila kita sendiri yang jadi operator sekolah, lakukan pendataan email masing-masing guru untuk persiapan aplikasi dapodik yang baru.

Penutup

Demikianlah informasi tentang satu email untuk satu akun dapodik Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Dan apakah verifikasi email akan diberlakukan, kita lihat saja nanti kelanjutanya pada aplikasi dapodik versi baru tahun pelajaran 2020/2021

.

Sumber:
https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/sinkronisasi-aplikasi-dapodik-ditutup-pada-17-juni-2020-untuk-persiapan-pemutakhiran-aplikasi-dapodik
https://www.youtube.com/watch?v=p1f8odhisAA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik

Posting Komentar untuk "Satu Email Untuk Satu Akun Dapodik Tahun Pelajaran 2020/2021"