CONTOH FORMAT LAPORAN SPJ BOS TAHUN 2020

SPJ merupakan singkatan dari Surat Pertanggungjawaban yang biasa digunakan sebagai istilah untuk melaporkan keuangan. Pada postingan kali ini tasADMIN.id akan berbagi contoh format laporan SPJ Dana BOS Pusat Tahun 2020.
Download contoh format laporan SPJ dana BOS Tahun 2020
Format SPJ BOS

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pusat merupakan sumber penting keuangan di suatu sekolah khususnya sekolah negeri.

Baiklah langsung saja berikut ini yang harus diperlukan untuk rekonsiliasi laporan penggunaan BOS tahun 2020 ke Dinas Pendidikan di daerah saya yaitu.
  1. Format Buku Kas Umum
  2. Register Penutupan Kas
  3. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  4. Kertas Kerja Persediaan
  5. Format Laporan Belanja Modal

1. Format Buku Kas Umum

Format Buku Kas Umum seperti tahun-tahun sebelummnya pada juknis dinamakan dengan format BOS-K3.


Selain Format Buku Kas Umum (BKU) ada juga format buku kas lainya yang perlu dibuat dan diaarsipkan dengan baik yaitu Buku Pembantu Kas (Format BOS K-4), Buku Pembantu Bank (Format BOS K-5), Buku Pembantu Pajak (Format BOS K-6). Tentang format buku kas umum bisa dipelajari lebih lanjut pada postingan: Pembukuan keuangan sekolah yang baik.

2. Register Penutupan Kas.

Register Penutupan Kas dibuat tiap bulan, pada format ini terdapat tanggal penutupan kas, nama pemegang kas, jumlah total penerimaan, jumlah total pengeluaran dan rincian uang yang dipegang, saldo bank, dan surat berharga lainnya.


Register penutupan kas juga harus diikuti dengan berita acara pemeriksaan (BAP) Kas. Biasanya di register penutupan kas akan ada selisih beberapa rupiah yang mana dibebabkan karena untuk pembayaran langganan daya dan jasa listrik telepon. Di keterangan selisih / perbedaan diisi dengan kesulitan pecahan.

3. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)

Laporan Realisasi Anggaran LRA adalah sebuah format laporan berdasarkan jenis belanja menggunakan kode rekening sesuai Permendagri. Pada saat membuat laporan ini diperlukan ketelatenan untuk memilah pengeluaran  termasuk jenis belanja yang mana. Secara umum jenis belanja dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal.


Sejauh yang kami tau saat ini belum ada aplikasi sederhana berbasis excel yang bisa mempermudah pekerjaan ini. Mungkin pada aplikasi ARKAS 2020 Kemdikbud sudah ada fitur ini.

Lalu cara saya membuat laporan ini dengan menjumlahkan ke samping, jadi saya copykan jumlah Rp. masing-masing belanja menyamping sesuai kelompok jenis belanja kemudian di jumlahkan menggunakan rumus =SUM.

4. Kertas Kerja Barang Persediaan

Format Kertas Kerja Barang Persediaan merupakan format untuk mencatat belanja barang persediaan. Di sini kita harus catat satu persatu item barang, jumlah barang, dan harga satuan.


Secara umum barang persediaan disebut barang habis pakai, namun sebenarnya itu hal yang berbeda. Dikarenakan ini masih tingkat laporan keuangan sekolah maka okelah kalau barang persediaan adalah barang habis pakai.

Jumlah harga total jenis barang juga harus sesuai dengan laporan LRA.

Cara mudah mengerjakan format kertas kerja dengan melihat nota pembelian yang terlampir pada kwitansi.

5. Format Belanja Modal (BM)

Format belanja modal digunakan untuk mencatat barang jenis moodal yang dibeli. Belanja modal nantinya akan menjadi barang aset yang kemudian menjadi Barang Milik Daerah BMD.


Kriteria belanja moodal secara umum adalah barang yang bukan termasuk habis pakai, masa manfaat minimal 1 tahun.  Selengkapnya tentang: Belanja Modal (BM)

6. Format Belanja 12 Komponen BOS

Format Belanja 12 Komponen BOS pada tahun-tahun sebelumnya disebutnya dengan format BOS-K7a.

Pada tahun 2020 ini ada sedikit perbedaan tentang pengelompokan jenis belanja ini. Lebih lengkap silahkan baca di sini.

Untuk mempermudah dalam pengelompokan atau merekap berdasarkan penggunaan 12 komponen BOS teman-teman bendahara/operator bisa menggunakan aplikasi yang telah saya susun, download di sini.

7. Download Contoh Format Laporan

Silahkan bagi teman-teman bendahara atau operator dapat mendownload contoh-contoh format laporan yang telah saya sebutkan di atas, download secara mudah dan gratis saya upload langsung via google drive:


  • Contoh Format Buku Kas Umum ( download )
  • Contoh Format Register Penutupan Kas ( download )
  • Contoh Format Berita Acara Pemeriksaan Kas (download)
  • Contoh Format Realiasi Anggaran (LRA) (download)
  • Contoh Format Kertas Kerja Persediaan (download)
  • Contoh Format Belanja Modal (download)

File tersebut diatas berformat excel, lihat juga: Rumus dan Menu Excel Permudah Kerja Operator Sekolah

Demikian yang bisa kami posting tentang Contoh Format SPJ Dana BOS Pusat Tahun 2020. Namun perlu kami ingatkan bahwa ini adalah format yang digunakan di sekolah kami dan bisa saja berbeda tiap sekolah, namun kami pastikan intinya sama. Koreksi kritik dan saran tetap saya harapkan demi format laporan yang bagus dan rapi. Terima kasih semoga bermanfaat.
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH FORMAT LAPORAN SPJ BOS TAHUN 2020"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel