CONTOH FORMAT LAPORAN SPJ BOS TAHUN 2020

Daftar Isi
SPJ merupakan singkatan dari Surat Pertanggungjawaban yang biasa digunakan sebagai istilah untuk melaporkan keuangan. Pada postingan kali ini tasADMIN.id akan berbagi contoh format laporan SPJ Dana BOS Pusat Tahun 2020.
Download contoh format laporan SPJ dana BOS Tahun 2020
Format SPJ BOS

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pusat merupakan sumber penting keuangan dan utama di suatu sekolah khususnya sekolah negeri.

Sebelum Anda melanjutkan membaca lebih jauh, perlu kami sampaikan bahwa walupun ini merupakan format tahun 2020 namun tentunya masih relefan atau masih bisa digunakan untuk Tahun 2021

Karena pada intinya format laporan keuangan sekolah itu adalah Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Rekap Penggunaan Dana, Penutupan Kas, serta Berita Acara Pemeriksaan KAS

Yang paling penting dalam penggunaan dan pembukuanya sesuai dengan: JUKNIS BOS TAHUN 2021

Baiklah langsung saja, berikut ini yang harus diperlukan untuk rekonsiliasi laporan penggunaan BOS tahun 2020 ke Dinas Pendidikan di daerah saya yaitu.
  1. Format Buku Kas Umum
  2. Register Penutupan Kas
  3. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  4. Kertas Kerja Persediaan
  5. Format Laporan Belanja Modal

1. Format Buku Kas Umum

Format Buku Kas Umum seperti tahun-tahun sebelummnya pada juknis dinamakan dengan format BOS-K3.


Selain Format Buku Kas Umum (BKU) ada juga format buku kas lainya (buku bantu) yang perlu dibuat dan diaarsipkan dengan baik yaitu Buku Pembantu Kas (Format BOS K-4), Buku Pembantu Bank (Format BOS K-5), Buku Pembantu Pajak (Format BOS K-6). 

Tentang format buku kas umum bisa dipelajari lebih lanjut pada postingan: Pembukuan keuangan sekolah yang baik.

2. Register Penutupan Kas.

Register Penutupan Kas dibuat tiap bulan, pada format ini terdapat tanggal penutupan kas, nama pemegang kas, jumlah total penerimaan, jumlah total pengeluaran dan rincian uang yang dipegang, saldo bank, dan surat berharga lainnya.


Register penutupan kas juga harus diikuti dengan berita acara pemeriksaan (BAP) Kas

Biasanya di register penutupan kas akan ada selisih beberapa rupiah yang mana disebabkan karena untuk pembayaran langganan daya dan jasa listrik telepon. 

Di keterangan selisih / perbedaan diisi dengan kesulitan pecahan.

3. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)

Laporan Realisasi Anggaran LRA adalah sebuah format laporan berdasarkan jenis belanja menggunakan kode rekening sesuai Permendagri. Pada saat membuat laporan ini diperlukan ketelatenan untuk memilah pengeluaran, masuk jenis belanja yang mana. Format Laporan Realisasi Anggaran mengacu pada kode rekening Permendagri.

Secara umum jenis belanja dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal.

Update: Untuk tahun 2021
sudah tidak lagi menggunakan istilah belanja pegawai, barang/jasa, dan modal. Istilahnya berubah menjadi Belanja Operasi, dan Belanja Modal

Pelajari lebih lengkap pada postingan: KLASIFIKASI KODE REKENING BELANJA BOS TERBARU TAHUN 2021

Sejauh yang kami tau, saat ini belum ada aplikasi sederhana berbasis excel yang dapat mempermudah pekerjaan ini. Mungkin pada aplikasi ARKAS 2020 Kemdikbud sudah ada fitur ini.

Lalu cara saya membuat laporan ini dengan menjumlahkan ke samping, jadi saya copykan jumlah Rp. masing-masing belanja menyamping sesuai kelompok jenis belanja kemudian di jumlahkan menggunakan rumus =SUM.


4. Kertas Kerja Barang Persediaan

Format Kertas Kerja Barang Persediaan merupakan format untuk mencatat belanja barang persediaan.  Di sini kita harus catat satu persatu item barang, jumlah barang, dan harga satuan.


Secara umum barang persediaan disebut barang habis pakai, namun sebenarnya itu hal yang berbeda. Dikarenakan ini masih tingkat laporan keuangan sekolah maka okelah kalau barang persediaan diartikan sebagai barang habis pakai.

Jumlah harga total jenis barang juga harus sesuai dengan laporan LRA.

Cara mudah mengerjakan format kertas kerja dengan melihat nota pembelian yang terlampir pada kwitansi.

5. Format Belanja Modal (BM)

Format belanja modal digunakan untuk mencatat barang jenis moodal yang dibeli. Belanja modal nantinya akan menjadi barang aset yang kemudian menjadi Barang Milik Daerah BMD.


Kriteria belanja moodal secara umum adalah barang yang bukan termasuk habis pakai, masa manfaat minimal 1 tahun.  Selengkapnya tentang: Belanja Modal (BM)

6. Format Belanja 12 Komponen BOS

Format Belanja 12 Komponen BOS pada tahun-tahun sebelumnya disebutnya dengan format BOS-K7a.

Format ini intinya mengelompokan belanja berdasarkan juknis BOS.

Pada tahun 2020 ini ada sedikit perbedaan tentang pengelompokan jenis belanja ini. Lebih lengkap silahkan Anda pelajari pada tulisan saya sebelumnya: CARA PELAPORAN DAN PEMBUKUAN BOS TAHUN 2020

Format Belanja 12 Komponen BOS Per Tahap juga dilaporkan secara online di 


Untuk mempermudah dalam pengelompokan atau merekap berdasarkan penggunaan 12 komponen BOS teman-teman bendahara/operator bisa menggunakan aplikasi BOS-K7a 3 Tahap yang telah saya susun. Downlad aplikasinya pada postingan: Panduan Lengkap Laporan BOS Online Tahun 2020

Format BOS-K7a juga mengelompokan belanja berdasarkan 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

7. Download Contoh Format Laporan

Silahkan bagi teman-teman bendahara atau operator dapat mendownload contoh-contoh format laporan yang telah saya sebutkan di atas, download secara mudah dan gratis saya upload langsung via google drive:


  • Contoh Format Buku Kas Umum ( download )
  • Contoh Format Register Penutupan Kas ( download )
  • Contoh Format Berita Acara Pemeriksaan Kas (download)
  • Contoh Format Realiasi Anggaran (LRA) (download)
  • Contoh Format Kertas Kerja Persediaan (download)
  • Contoh Format Belanja Modal (download)

File tersebut diatas berformat excel, baca juga: Rumus dan Menu Excel Permudah Kerja Operator Sekolah

Penutup

Demikian yang bisa kami posting tentang Contoh Format SPJ Dana BOS Pusat Tahun 2020. Namun perlu kami ingatkan bahwa ini adalah format yang digunakan di sekolah kami dan bisa saja berbeda tiap sekolah, namun kami pastikan intinya sama.  Bagaimana di tempat Anda?  tinggalkan di kotak komentar ya.....

Gabung di grup WA Bendahara Sekolah:  https://chat.whatsapp.com/CthNbtb2MASFrWTgqGVknS

Koreksi, kritik dan saran saya harapkan dari Anda, Bapak Ibu Bendahara Sekolah / Tenaga Administrasi, demi format laporan yang bagus dan rapi. Format laporan keuangan sekolah khususnya pembukuan keuangan dana BOS yang rapi dapat mendukung kemajuan sekolah.

Terima kasih semoga bermanfaat.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar