Laporan Barang Milik Daerah Semester II

Assalamualaikum Wr. Wb.

Laporan merupakan bagian dari kegiatan administrasi di sekolah. Laporan juga merupakan bagian dari bentuk pertanggungjawaban. Dan berikut kami share yang harus dilaporan terkait barang milik daerah semester II ditempat saya bekerja.
laporan barang milik daerah modal dan persediaan


Laporan yang perlu dibuat sebagai berikut:

1. Laporan Barang Milik Daerah Semester II

1.1. Laporan Belanja Modal (BM)

Format BM Bansek dan BOS. Format ini terdapat 19 kolom diantaranya sebagai berikut:

  • 1. No. = jelas
  • 2. Kode Rekening Belanja Sesuai LRA = pengurus barang mengambil LRA atau meminta LRA yang bendahara BOS laporkan
  • 3. Jenis Belanja Modal Sesuai LRA = Jelas; Anggaran sampai semester 2 seuai LRA = jelas
  • 4. Tanggal Pembelian Sesuai Nota/Kwitansi = Jelas
  • 5. Kode Barang sesuai Permendagri = Untuk kode barang silahkan buka file lampiran permendagri. File tersebut berformat excel, untuk mempercepat pencarian gunakan find tekan tombol CTRL + F, kemudian ketikan kata kunci misal, Lap Top, Printer, Kursi, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Agama
  • 6. Nama/Jenis Barang = sesuai permendagri
  • 7. Merk / Judul Buku = diisi merk barang ( Apple ) / judul buku
  • 8. Type / Nama Penerbit = diisi tipe barang ( Pavilion D001 ) / Nama Penerbit (bukan belinya dari mana)
  • 9. Jumlah Unit = Jelas
  • 10. Harga Satuan = Jelas
  • 11. Jumlah Harga = Jelas ( Gunakan rumus = jumlah * harga)
  • 12. Keterangan = diisi sumber dana: "BM19, Bos Pusat, Sem 2" ; " BM19, Bansek, Sem 2")
  • 13. A = jika termasuk KIB A
  • 14. B = jika termasuk KIB B
  • 15. C = jika termasuk KIB C
  • 16. D = jika termasuk KIB D
  • 17. E = Jika termasuk KIB E
  • 18. F = jika termasuk KIB F
  • 19. Total = A+B+C+D+E+F


1.2. Laporan Belanja Modal dana PDPS / Bansek

  Laporan ini menggunakan Format BM Bansek dan BOS


1.3. Laporan Belanja Modal dari Hibah 

Laporan Belanja Modal dari Hibah  (APBN, Komite, atau pihak ketiga) dilengkapi dengan Berita Acara Serah Terima (BAST)
Menggunakan Format Hibah Pihak Ketiga, terdapat 17 kolom, diantaranya sebagai berikut:

  • 1. Nomor = jelas
  • 2. Tanggal BAST / Penyerahan = jelas, sekolah membuat Berita Serah Terima (BAST) misal, biasanya dari komite memberikan bantuan berupa alat drumband, itu harus ada berita acara serah terimanya.
  • 3. Kode barang sesuai permendagri: jelas
  • 4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17 = kami rasa jelas, lagi malas ngetik yang panjang-panjang he.



2. Laporan Persediaan / Stotopname Semester II

2.1. Laporan Realisasi Anggaran LRA TW III dan TW IV

Laporan ini tinggal kita minta saja dari Bendahara Sekolah.

2.2. Kertas Kerja Persediaan TW. III dan TW. IV

Kalau sampai di laporan persedian saya rasanya sedih, heheh, kita harus mencatat barang satu persatu, disana ada nama toko, harga satuan, merk, jumlah barang. Kita harus mencocokan antara yang dilaporkan di LRA harus sama.

Selain itu kita juga harus peka dalam mengelompokan belanja, barang yang dibelanjakan ini masuk di ATK atau bahan peraga, alat kebersihan.
Disini terkadang ada yang tidak klop, lalu diakali dengan jumlah harga tidak menggunakan rumus, ditulis manual, ini tidak diperbolehkan karena nanti akan menjadi selisih kalau direkap.

Permaasalahan lainya terkadang kuitansi tidak sesuai kode rekening belanja atau dicampur, misal kita belanja Alat Tulis Kantor (ATK) tetapi sekalian sama foto copy, tentu kode akunnya berbeda.

2.3. Daftar Pengadaan

Daftar Pengadaan Barang Pakai Habis. Disini ada 11 kolom, jangan lupa sumber dana dibedakan mana yang dari BOS, dan mana dari Bansek.

2.4. Laporan Penerimaan

Rekapitulasi penerimaan barang, ada 12 kolom. Disini jangan lupa mencantumkan nama Toko.

2.5. Laporan Pengeluaran

Pengeluaran barang pakai habis, di format ini terdapat 10 kolom.

2.6. Laporan Penerimaan dan Pengeluaran

Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Barang Pakai Habis. Mantabs, disini terapat 23 kolom. Yang tak boleh terlupa di kolom 23 = saldo stokcopname, rumsnya tentunya banyaknya barang yang diterima dengan banyaknya barang yang dikeluarkan.

Pada umumnya di sekolah jenjang SD, modelnya diterima sekaligus dikeluarkan.

Namun ingat, SD tetap harus punya persediaan ATK untuk tahun berikutnya, seperti yang kita ketahui bahwa Dana BOS tidak akan cair di awal tahun, bisanya mundur, dan tentunya sekolah harus membutuhkan ATK untuk kegiatan belajar mengajar dan administrasi.

2.7. Berita Acara Stock Opname

Berita Acara Stock Opname / Berita Acara Pemeriksaan Barang Pakai Kabis, Cetakan, dan Alat Tulis Kantor.
Di format ini, kita juga harus mencantumkan Mutasi Masuk dan keluar, agar lebih jelas berikut ada 10 Kolom:

  • 1. No = Jelas
  • 2. Nama Barang = Jelas, Nama barang ini kalau bisa harus apa ya, hmm harus, harus, satu macam atau satu merk yang sudah dikelompokan jadi satu. tapi kalau sulit ya gimana lagi, apalagi kalau belinya ngecer yang tentu tidak boleh.
  • 3. Jumlah = Jelas
  • 4. Satuan = Jelas
  • 5. Harga Satuan Jelas = Jelas, kalau harganya berbeda bisa mengambil harga terbaru.
  • 6. Saldo semester sebelumya = jika semester sebelumnya ada saldo, dituliskan disini.
  • 7. Mutasi Masuk = rumusnya saldo + masuk
  • 8. Mutasi Keluar = jelas
  • 9. Pesediaan per Desember = rumusnya = masuk - keluar
  • 10. Jumlah Nilai Pesediaan = harga satua * persediaan


2.8. Lampiran Berita Acara Stock Opname

Lampiran Berta Acara Stock Opname / Berita Acara Pemeriksaan Barang Pakai Habis.
Disini ada 16 kolom, yang diisi disini hanyalah barang-barang yang sisa, jadi tidak semuanya.

Laporan tersebut dikirimkan ke Subag Umum dan Kepegawaian paling lambat .....

Demikian untuk menjadikan perhatian dan atas kerja samanya diucapkan terima kasih.



TIPS:
Dalam mengerjakan laporan ini tentu kita akan mencopy paste dari format laporan lainya, gunakan Copy Paste Spesial Values agar tampilan lebih rapi ( pelajari selengkapnya di sini )

Baca Juga Tulisan Menarik Lainnya:
1. Laporan Belanja Modal
2. Istilah - Istilah pada Barang Milik Daerah
3. Laporan Pajak Menggunakan Ebiling
4. Aplikasi RAPBS Berbasis WEB
5. Belanja BOS online menggunakan aplikasi sipLAH
6. Aplikasi SPJ RKAS resmi dari Kemdikbud
7. Aplikasi Kwitansi Sekolah Terbilang Otomatis Excel

Demikian yang bisa kami share terkait laporan semester 2, semangat .... tetap jaga kesehatan, terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

1 komentar untuk "Laporan Barang Milik Daerah Semester II"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK