E-RAPBS DINDIKPORA PURWOREJO

eRAPBS adalah sebuah aplikasi berbasis web untuk sistem pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.

Dindikpora merupakan akronim dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga. Dindikpora Kabupaten Purworejo menggunakan aplikasi eRAPBS untuk sistem manajemen keuangan khususnya dalam perencanaan. RAPBS sendiri merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, setelah RAPBS barulah menjadi APBS.
Aplikasi erapbs online Dindikpora Purworejo
tampilan login Erapbs Purworejo

Dengan aplikasi ini setiap sekolah menyusun RAPBS secara online dengan menggunakan akun login masing-masing. Alamat atau linknya https://rapbs.dindikporapwr.com

Suatu aplikasi dibuat untuk mempermudah pekerjaan dan tentunya aplikasi eRAPBS Dindikpora juga seperti itu. Perhitungan jumlah akan dihitung secara otomatis dan rekapnya pun juga akan otomatis hingga menjadi sebuah dokumen yang bisa dicetak. Aplikasi ini juga suport untuk membuat RAPBS Perubahan

Namun kuncinya tetap pada pemahaman apa itu RAPBS dan ketelitian dalam pengertian aplikasi. Disini pengguna memungkinkan bisa entri langsung dalam penyusunan RAPBS dimana yang sebenarnya sudah terbiasa dengan Microsoft Excel. Jika pertama kali mengentrikan data memang cukup berat karena harus satu persatu secara detail. Untuk itulah diperlukan penyesuaian.

Didalam pembuatan RAPBS tentunya harus mengacu pada juknis baik itu dari Pusat maupun dari daerah. Pada umumnya ada yang dinamakan Program, Kegiatan, Komponen Belanja, dan Kode Rekening.

Pembukaan keuangan berbasis akrual menuntut RAPBS yang baik dan benar karena pengeluaran harus sesuai apa yang dianggarkan. Untuk itulah pentingnya pembuatan RAPBS. Dari sini bisa kita lihat bahwa proses penganggaran lebih sulit daripada pembukuan dalam hal ini pelaporan. RAPBS bukan lagi hanya semata-mata dokumen pajangan.

Disisi lain Kementerian Pendidikan juga sudah mempunyai aplikasi yang bernama e-RAKS yang fungsinya juga untuk sistem manajemen keuangan sekolah yang mencakup penganggaran dan pelaporan. Lihat selengkapnya: Aplikasi E-RAKS juga bisa untuk membuat SPJ.

Kami berpendapat ada baiknya pemerintah daerah juga bisa mengambil kebijakan agar tidak menggunakan bermacam-macam aplikasi yang menjadikan dua kali kerja yang nantinya akan menambah beban pekerjaan Bendahara Sekolah atau Guru yang diberikan tugas untuk itu khususnya untuk jenjang SD, yang pada akhirnya secara tidak langsung akan mengganggu proses belajar mengajar.

Baca juga postingan yang lainnya:

  1. Pembukuan Keuangan Berbasis Akrual
  2. Juknis Dana BOS Pusat 2019
  3. Belanja Online menggunakan SipLAH
  4. Elearning Kabupaten Purworejo


Demikian postingan tentang aplikasi E-RAPBS Dindikpora Kabupaten Purworejo, mudah-mudahan bermanfaat, semoga pendidikan semakin maju.

Belum ada Komentar untuk "E-RAPBS DINDIKPORA PURWOREJO"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel