APLIKASI SIMPEG SIFIKA PEMKAB PURWOREJO

Daftar Isi
Pemerintah Kabupaten Purworejo menggunakan aplikasi Simpeg dan Sifika untuk pendataan kepegawaian Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negeara di lingkunganya. 

Simpeg merupakan akronim dari Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian. Sedangkan sifika adalah Sistem Informasi File Kepegawaian.

aplikasi simpeg sifika pemkab purworejo
tampilan login simpeg


Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web yang dapat menyajikan data PNS, CPNS, PPPK, informasi kepegawaian dan analisa kepegawaian yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga mempermudah dalam memahami data yang ada. Harapannya data kepegawaian dapat diupdate secara mandiri sehingga dalam pelaporan terkait administrasi kepegawaian antara Perangkat Daerah (PD) dengan Badan Kepegawaian Daerah  (BKD) dapat terintegrasi dan tepat waktu.

Alamat link Simpeg Pemkab Purworejo http://simpeg.purworejokab.go.id/

Menurut yang kami amati, saat tulisan ini kami terbitkan melalui blog ini, aplikasi ini dapat dikatakan aplikasi baru dan datanya masih kosong, sehingga diperlukan kegiatan input atau memasukan data dari awal. Sehingga setiap PNS/CPNS/PPPK harus seperti pemberkasan lagi yaitu mengumpulkan dokumen-dokumen untuk mencari data-data terkait kepegawaian, pendidikan, dan data keluarga.


laman sifika purworejo bkpsdm

Adapun dokumen minimal yang wajib diupload https://simpeg.purworejokab.go.id/sifika/ adalah scan dokumen:
1. SK CPNS
2. SK PNS
3. SK Kenaikan Pangkat s/d terakhir
4. Riwayat Pendidikan (dari SD s/d t Kemampuan: Aktif/Pasif terakhir yang diakui di kepegawaian)
5. Riwayat Jabatan
6. PAK (bagi pejabat fungsional tertentu), setelah PAK yang diusulkan untuk KP
7. STR (untuk tenaga kesehatan)
8. Sertifikat Pendidik (untuk Guru)
9. SKP dari tahun 2017 s/d sekarang
10. Penilaian prestasi kerja dari tahun 2017 s/d sekarang
11. Sertifikat Diklat Teknis/Fungsional/Kepemimpinan
12. SK Konversi NIP
13. KARPEG, KARIS/KARSU, KPE, TASPEN, KPE, ASKES/KIS, NPWP
14. SK Penjatuhan Hukuman Disiplin

Untuk password dan username aplikasi SIMPEG Kab. Purworejo, silahkah untuk mengubungi BKD. Nanti akan diberikan password dasar, dan untuk keamanan data silahkan lakukan ganti password.

Adapun agar dokumen dapat di upload di Aplikasi SIFIKA BKD Kabupaten Purworejo ada beberapa ketentuan diantaranya:
  • 1. Dokumen Scan telah di ubah ke format .pdf
  • 2. Ukuran file maksimal 1 Meba Byte (MB)
  • 3. Nama file harus sesuai KODE dan ditambakan NIP.
Jika terdapat perubahan data baik kepegawaian maupun data diri, setiap ASN wajib pemutakhiran data di SIMPEG dan mengunggah dokumen/bukti dukung di SIFIKA secara online. 

Apabila ditemukan adanya kekeliruan atau perbaikan data tidak menjadi kewenangan operator Perangkat Daerah, usulan perbaikan data dapat dikirim ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purworejo dengan melengkapi dokumen/bukti dukung sebagaimana dimaksud. 

Berkaitan dengan arsip-arsip dokumen lihat sebelumnya postingan tentang:
Tutorial:
 ðŸ‘‰  Cara Mudah Scan Dokumen

👉   Cara Mudah, Cepat, Gratis Ubah Scan JPG Ke Format PDF

Dengan arsip dokumen scan berbentuk digital maka juga akan menghemat ruang fisik penyimpanan dan mendukung pengurangan penggunaan kertas (paperless) sehingga mendukung menjaga hutan dan lingkungan.

Bagi teman teman yang berkerja di Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah, TU, Operator Sekolah, atau Guru yang mendapat tugas mengerjakan dapodik beberapa data di Dapodik cukup lengkap sehingga kita dapat memanfaatkanya dengan mengcopy paste data yang telah ada.

Data kepegawaian SIMPEG - SIFIKA Kabupaten Purworejo perlu dimutakhirkan dalam rangka tertib administrasi, sehingga datanya dapat dimanfaatkan untuk analisis kebutuhan dan program karir bagi ASN.



Nah itulah sekilas yang bisa kami share mengenai aplikasi Simpeg dan Sifika yang ada di Pemkab Purworejo, semoga bermanfaat.
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar