Cara Mudah Ubah Hasil Scan JPG Ke PDF Offline Tanpa Instal Aplikasi

Daftar Isi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada tutorial yang ingin saya bagikan kali ini adalah Cara Mudah Ubah Hasil Scan JPG Ke PDF Secara Offline tanpa Instal Aplikasi.

Cara Mudah Ubah Hasil Scan JPG Ke PDF Ofline
Cara Mudah ubah Scan JPG Ke File PDF

Tutorial ini untuk melengkapi postingan saya sebelumnya yaitu: 👉  Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Paint

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita mengupload scan dokumen pribadi namun dalam bentuk file (.pdf). Diera digital ini sudah menjadi hal yang lumrah mengupload dokumen, sperti pekerjaan administrasi kantor, mendaftar sekolah, melamar pekerjaan, serta mungkin mendaftar CPNS / PPPK secara online.

Dikutip dari WIKIPEDIA INDONESIA, Portable Document Format (disingkat PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Antarmuka dokumen PDF pada umumnya tersusun atas kombinasi teks, grafik vektor, dan grafik raster. Grafik vektor digunakan untuk menampilkan ilustrasi yang terbentuk dari garis dan kurva, sedangkan grafik raster digunakan untuk menampilkan foto dan citra

Pada perbaikan format selanjutnya, dokumen PDF juga mampu mendukung hyperlink, forms, JavaScript, dan berbagai kemampuan lain yang dapat didukung dengan melakukan penambahan plugin. Dokumen PDF versi 1.6 telah memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik tiga dimensi interaktif.

Sebenarnya cukup mudah dan simple kalau hanya untuk mengubah hasil Scan Dokumen baik itu format (.PNG) ataupun (.JPG) ke format (.PDF)

Itu semua bisa dilakukan secara offline dan tanpa install aplikasi, karena dari program bawaannya Windows sudah tersedia  yaitu Print PDF

Lalu bagaimana cara menggunakannya?   Baik langsung saja 


1. Cari dan pilih file hasil scan dokumen format JPG, kemudian klik kanan --- "Print" 
JPG Print PDF


2. Selanjutnya akan ada pertanyaan How do you want to print yaour picture?
Pilih Printer Microsoft Print to PDF


Printer: Microsoft to PDF
Paper Size: A4
Quality: 600x600
Fit picture to frame: centang
Jika sudah kemudian "Print"

3. Kemudian simpan lokasi file pdf - "Save"
Simpan Lokasi File PDF



4. File scan dokumen JPG sudah berubah menjadi file PDF 😀
file jpg berubah pdf


5. Jika file scan lebih dari satu kita tinggal klik atau pilih file yang akan dijadikan satu file PDF, tekan dan tahan tombol CTRL untuk memilih banyak file JPG. 
simpan jpg pdf lebih dari satu


6. Apabila bentuk dokumen rebah atau landcape pilih "Options" --- "Printer Propertis" --- "Orientation: Landscape" --- "OK"
scan landscape JPG ke PDF


7. Selesai, sekarang file sudah dalam bentuk PDF tinggal upload deh...


Demikian tutorial singkat Cara Mudah Ubah Hasil Scan JPG Ke PDF Offline Tanpa Instal Aplikasi dengan menggunakan Microsoft to PDF yang bisa saya bagikan.

Jika teman-teman tahu ada yang lebih mudah dari pada cara ini, boleh silahkan tambahkan di kotak komentar... 

Tambahan: Tutorial ini sangat efektif untuk cara cepat dan mudah jika sedikit file. Namun untuk file yang lebih banyak disarankan menggunakan aplikasi khusus, bisa juga menggunakan software bawaan printer disana memiliki fitur yang lebih lengkap. Untuk printer canon dapat menggunakan aplikasi "IJ SCAN UTILITY"  ataupun "MP Navigator"

Terima kasih telah memilih tutorial ini semoga bisa membantu Anda.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Reverensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar