Minggu, 09 Juni 2019

ADMINISTRASI PPDB PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Setiap tahun ajaran baru sekolah/madrasah pastinya mengadakan kegiatan peserta didik baru atau yang sering disingkat PPDB atau ada juga yang masih terbiasa dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB). Untuk memperlancar kegiatan baiknya dipersiapkan administrasinya dan kelengkapannya.

Administrasi Penerimaan Peserta Disik Baru PPDB SD

Yang tak kalah penting adalah memahami peraturan PPDB yang ditetapkan pemerintah. Ada Permendikbud No 51 Tahun 2018 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA/SMK. Pada peraturan ini juga menjelaskan tata cara PPDB. Seperti tahun 2019 ini pemerintah menerapkan sistem zonasi. Sistem PPDB zonasi adalah sesuai tempat domisili yang ditetapkan. Penetapan zonasi dilakukan pada setiap jenjang oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya, dengan prinsip mendekatkan domisili peserta didik dengan Sekolah.

Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai berikut:

a. zonasi;
b. prestasi; dan
c. perpindahan tugas orang tua/wali.

Adminsitrasi PPDB dan kelengkapannya sebagai berikut:


1. SK Panitia PPDB Tingkat Sekolah / Madrasah

SK Panitia PPDB ditetapkan oleh kepala sekolah berdasarkan peraturan yang ada dan keputusan rapat.
Unduhan File Permendikbud nomor 51 tahun 2018 website JDIH Kemdikbud

Priview: Contoh SK PPDB Sekolah Dasar

Pada saat membuat SK biasa mengcopy SK tahun sebelumnya,  perlu diganti sesuai peraturan peraturan terbaru.

2. Banner PPDB

Banner penerimaan peserta didikbaru dibuat dan dipasang pada lokasi yang strategis. Jangan lupa untuk memesan agar dibeli lubang supaya mudah dipasang.

3. Brosur PPDB

Brosur informasi PPDB dibagikan ke sekolah-sekolah jenjang dibawahnya. Brosur berisi informasi tanggal pendaftaran, persyaratan, dan profil sekolah untuk menarik agar calon siswa mendaftar. Pada sekolah swasta biasanya brosur sudah di sebar jauh-jauh hari, dan tanggal pendaftaran yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sekolah swasta telah selesai melaksanakan PPDB. Untuk penghematan anggaran brosur bisa dibuat sendiri dan diprint sendiri. Desain bisa sederhana menggunakan Microsoft Word. Bisa juga menggunakan Microsoft Publiser yang pastinya sudah terinstal dilaptop karena merupakan paket office Microsoft. Microsoft publisher adalah memang peruntukan untuk membuat banner, brosur atau yang sejenisnya.

4. Formulir Pendaftaran PPDB

Yang sangat penting adalah formulir pendaftaran PPDB,  data ini selanjutnya juga akan digunakan untuk data induk maupun dapodik. Formulir yang bagus dan tampilan yang baik akan mempermudah pengisian dan entry data selanjutnya. Pada aplikasi Dapodik sudah di sediakan formatnya. Namun karena datanya sangat lengkap untuk PPDB Menggunakan data yang penting dulu jadi nanti kita membagikan formulir dengan dua tahap, meskipun semua data nantinya adalah penting. Formulir pendaftaran harus dilampiri dokumen bukti. Pada pedoman Administrasi Sekolah formulir PPDB disebut Format S1

Mengetahui usia calon peserta didik baru juga penting, karena persyaratan PPDB salah satunya menggunakan umur. Berikut kami sampaikan pula persyaratan PPDB untuk jenjang SD berdasarkan Permendikbud nomor 51 Th 2018.

Pasal 7
(1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia:
a. 7 (tujuh) tahun; atau
b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

(2) Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.

(3) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

(4) Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.

Di internet sudah banyak dishare aplikasi untuk menghitung usia siswa seperti aplikasi:
Aplikasi ini menggunakan program Microsoft Excel dengan rumus DATEDIF, pelajari selengkapnya di sini.

Demikianlah postingan sekilas tentang administrasi PPDB. Lihat juga tentang pedoman Administrasi Kesiswaan. Semoga kegiatan dapat berlangsung dengan lancar.

Menjadi salah satu bagian di pendidikan (dunia sekolah) menjadi kebanggaan tersendiri.

Tampilkan Komentar / Diskusi