Mempelajari Permendikbudristek 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Daftar Isi

 Assalamualikum Wr. Wb.

Halo sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) se-Nusantara dimanapun Anda berada semoga dalam keadaan sehat serta bahagia.

standar penilaian permendikbud 21 2022
Standar Penilaian Permendikbud 21 2022


Pada postingan kali ini saya ingin berbagi informasi Permendikbud 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan (Permendikbudristek 21/2022) penting untuk diketahui bagi dunia pendidikan di Indonesia. 

Implementasi Permendikbud 21/2022 ini menjadi tugas penting bagi para pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, guru kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan 12 SMA, serta pengembang aplikasi olah nilai raport dan ijazah.

Pada postingan ini akan saya tulis ulang untuk bisa dipelajari bersama per-pasal.

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  • 1. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik.
  • 2. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.
  • 3. Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikantertentu.
  • 4. Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, pamong belajar, tutor, instruktur, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
  • 5. Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal dan nonformal pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Pasal 2

  • (1) Penilaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan sesuai dengan tujuan Penilaian secara berkeadilan, objektif, dan edukatif.
  • (2) Penilaian hasil belajar secara berkeadilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan Penilaian yang tidak bias oleh latar belakang, identitas, atau kebutuhan khusus Peserta Didik.
  • (3) Penilaian hasil belajar secara objektif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan Penilaian yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik.
  • (4) Penilaian hasil belajar secara edukatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan Penilaian yang hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi Pendidik, Peserta Didik, dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.

Pasal 3

  • (1) Prosedur Penilaian hasil belajar Peserta Didik meliputi:
    • a. perumusan tujuan Penilaian;
    • b. pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian;
    • c. pelaksanaan Penilaian;
    • d. pengolahan hasil Penilaian;
    • e. pelaporan hasil Penilaian.
  • (2) Prosedur Penilaian hasil belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disesuaikan dengan karakteristik jalur, jenjang, dan jenis Satuan Pendidikan.

Pasal 4

  • (1) Perumusan tujuan Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a memperhatikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang merujuk pada kurikulum yang digunakan Satuan Pendidikan.
  • (2) Hasil perumusan tujuan Penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dimuat dalam perencanaan pembelajaran.

Pasal 5

Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf b dilaksanakan oleh Pendidik dengan:
  • a. mempertimbangkan karakteristik kebutuhan Peserta Didik; dan
  • b. berdasarkan rencana Penilaian yang termuat dalam perencanaan pembelajaran.

Pasal 6

Pelaksanaan Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf c dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran. 

Pasal 7

Pengolahan hasil Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf d dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan Penilaian yang berupa angka dan/atau deskripsi.

Pasal 8

  • (1) Pelaporan hasil Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf e dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar.
  • (2) Laporan kemajuan belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian.
  • (3) Laporan hasil belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (2) paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik.
  • (4) Selain memuat informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3), laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • (5) Laporan hasil belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4) tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya.

Pasal 9

  • (1) Penilaian hasil belajar Peserta Didik dengan prosedur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 sampai dengan Pasal 8 berbentuk:
    • a. Penilaian formatif; dan
    • b. Penilaian sumatif.
  • (2) Penilaian formatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah.
  • (3) Penilaian sumatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah.
  • (4) Penilaian formatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.
  • (5) Penilaian formatif sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai:
    • a. Peserta Didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar; dan
    • b. Perkembangan belajar Peserta Didik.
  • (6) Informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (5) digunakan sebagai umpan balik bagi:
    • a. Peserta Didik untuk mengembangkan kemampuan dalam memonitor proses dan kemajuan belajar sebagai bagian dari keterampilan belajar sepanjang hayat; dan
    • b. Pendidik untuk merefleksikan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.
  • (7) Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagai dasar penentuan:
    • a. Kenaikan kelas; dan
    • b. Kelulusan dari Satuan Pendidikan.
  • (8) Penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pasal 10

  • (1) Penentuan kenaikan kelas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (7) huruf a dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran.
  • (2) Penentuan kelulusan dari Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (7) huruf b dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain pada:
    • a. kelas V dan kelas VI untuk sekolah dasar atau bentuk lain yang sederajat; dan
    • b. setiap tingkatan kelas untuk sekolah menengah pertama atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

Pasal 11

Satuan Pendidikan menetapkan mekanisme penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari Satuan Pendidikan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen.

Pasal 12

Pedoman penyusunan prosedur dan bentuk Penilaian hasil belajar Peserta Didik ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen.

Pasal 13

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku:
  • a. ketentuan mengenai Standar Penilaian Pendidikan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1668);
  • b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1868);
  • c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 897);
  • d. ketentuan mengenai Standar Penilaian Pendidikan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1689); dan
  • e. ketentuan mengenai ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1590), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 14

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan

Rangkuman

Sebenarnyapada postingan ini saya ingin ebih menyoroti tentang Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan. Hal ini ada dalam Permendikbudristek 21/22 pasal 9, 10, dan 11.

Penentuan Kenaikan Kelas.

Tujuan: Penentuan kenaikan kelas dilakukan untuk menilai dan memutuskan apakah siswa layak naik ke kelas berikutnya.
Proses: Dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar siswa selama satu tahun ajaran. Laporan tersebut mencerminkan pencapaian siswa dalam semua mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan prestasi lainnya.
Laporan Kemajuan Belajar: Laporan ini merupakan gambaran tentang kemajuan belajar siswa selama satu tahun ajaran. Meliputi pencapaian siswa dalam semua mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan prestasi lainnya.
Penyusunan: Kriteria penentuan kenaikan kelas disesuaikan dengan pedoman yang ditetapkan oleh kepala sekolah bersama denganyang membidangi kurikulum dan asesmen, yang dituangkan pada  Kurikulum Operasional Satuan Pembelajaran (KOSP).

Penentuan Kelulusan:

Tujuan: Penentuan kelulusan dilakukan untuk menilai apakah siswa memenuhi syarat untuk lulus dari satuan pendidikan tersebut.
Proses:
  • Penentuan dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar siswa pada semua mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan prestasi lainnya.
  • Evaluasi kemajuan belajar siswa mencakup periode tertentu, tergantung pada tingkat pendidan.
  • Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) nilai yang diambil adalah kelas V (lima) dan VI (enam) saja.
  • Jenang Sekolah Menengah Pertama (SMP), nilai yang diambil adalah semua kelas yaitu kelas VII, VIII, dan IX.
  • Jenang Sekolah Menengah Atas (SMA), nilai yang diambil adalah semua kelas yaitu kelas X, XI, dan XII.
Laporan Kemajuan Belajar:
  • Laporan ini mencerminkan pencapaian siswa dalam semua mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan prestasi lainnya yang diukur selama periode tertentu.
  • Evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa siswa memenuhi standar yang ditetapkan untuk kelulusan dari satuan pendidikan.
Penyusunan:
Kriteria penentuan kelulusan disesuaikan dengan pedoman yang ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen. Yang tentunya juga harus tertuang pada dokumen KOSP.

Demikianlah yang bisa saya utarakan tentang  Permendikbud 21Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan bersama-sama mempelajarinya khususnya yang berkaitan dengan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan.

Jika ada yang keliru dalam saya merangkum, mohon koreksinya melalui kotak komentar atau contak saya langsung.

Terima kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber: 
https://chat.openai.com/
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar