Cara Instal Laragon untuk Menjalankan Aplikasi Berbasis Web

Saat ini aplikasi berbasis web sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari baik pekerjaan, pendidikan, hiburan dan sebagainya.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara menginstal Laragon untuk bisa menalankan aplikasi berbasis web.

cara instal laragon aplikasi web
Cara instal laragon untuk menjalankan aplikasi berbasis web


Pada blog ini saya sudah posting panduan-panduan praktiks aplikasi berbassis web yaitu Moodle untuk e-learning, dan SLiMS untuk perpustakaan. Dapodik itu juga aplikasi berbasis web

A. Aplikasi Berbasis Web

Kami kutip dari Wikipedia tentang aplikasi web adalah sebagai berikut:

Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet.

Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, Perl, Java, Java Script, PHP, Python, Ruby, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi

Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). 

Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya.

Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel, lelang online, wiki, papan diskusi, weblog.

Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web daripada aplikasi berbasis desktop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan:

  • 1. Akses informasi mudah,
  • 2. Setup server lebih mudah
  • 3. Informasi mudah didistribusikan
  • 4. Bebas platform, informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagai bagaimana cara mudah menginstal Laragon, agar nantinya kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web di laptop kita yang digunakan sebagai servernya.


B. Apa itu Laragon?

Laragon adalah lingkungan pengembangan universal yang portabel, terisolasi, cepat & kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby. Ini cepat, ringan, mudah digunakan dan mudah diperpanjang.

Laragon sangat bagus untuk membangun dan mengelola aplikasi web modern. Hal ini difokuskan pada kinerja - dirancang di sekitar stabilitas, kesederhanaan, fleksibilitas dan kebebasan.

Laragon sangat ringan dan akan tetap ramping mungkin. Biner inti itu sendiri kurang dari 2MB dan menggunakan RAM kurang dari 4MB saat dijalankan.

Laragon tidak menggunakan layanan Windows. Ini memiliki orkestrasi layanan sendiri yang mengelola layanan secara asinkron dan non-pemblokiran sehingga Anda akan menemukan segala sesuatunya berjalan cepat & lancar dengan Laragon.

Fitur Laragon

Pretty URLs

Gunakan app.test alih-alih localhost/app.

Portable

Anda dapat memindahkan folder Laragon (ke disk lain, ke laptop lain, menyinkronkan ke Cloud,…) tanpa khawatir.

Isolated

Laragon memiliki lingkungan yang terisolasi dengan OS Anda - ini akan menjaga sistem Anda tetap bersih.

Easy Operation

Tidak seperti orang lain yang melakukan pra-konfigurasi untuk Anda, Laragon mengonfigurasi otomatis semua hal yang rumit. Itu sebabnya Anda dapat menambahkan versi lain dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB,… dengan mudah.

Modern & Powerful

Laragon hadir dengan arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi web modern. Anda dapat bekerja dengan Apache & Nginx karena keduanya dikelola sepenuhnya.

Juga, Laragon membuat segalanya lebih mudah:

  • Ingin punya CMS Wordpress? Cukup 1 klik.
  • Ingin menunjukkan proyek lokal Anda kepada pelanggan? Cukup 1 klik.
  • Ingin mengaktifkan/menonaktifkan ekstensi PHP? Cukup 1 klik.


C. Cara Instal Laragon untuk Pemula

1. Buka link https://laragon.org/download/

2. Klik "Download Laragon - Full"

download laragon


3. Setelah selesai mendownload jalankan installer "laragon-wamp" disini saya sering menggunakan klik kanan --- run as administrator.

instal laragon wamp

4. Disini saya memilih drive D: --- "Next" maksudnya jika instal ulang laptop datanya masih ada.

drive d laragon

5. Centang semua --- "Next"

cetang semua laragon

6. Tunggu proses instal laragon selesai.

proses instal laragon

7. Setelah selesai instal, kita restart dulu laptopnya.

restart laptop

8. Setelah itu Buka Laragon melalui Shortcut begambar icon Gajah berwarna biru.

9. Klik "Start All"untuk menjalankan laragon
start laragon


10. Bila muncul Windows Firewall has blocked, pilih "Allow access"
allow access laragon

11. Laragon siap untuk menjalankan aplikasi berbasis web.

12. Ketikan localhost pada webrowser, akan muncul tulisan Laragon.
 
localhost laragon

13. Sebagai tambahan kadang kita juga telah menginstal aplikasi berbasis web lainya. Kalau Anda Operator di sekolah mungkin menginstal aplikasi Dapodik. Agar kedua aplikasi localhost ini bisa berjalan bersama Anda perlu seting port laragon agar tidak bentrok. Caranya klik icon menu "Pengaturan" --- "Service & Port" bagian Apache ubah 80 menjadi 8080 SSL 443 menajdi 4433 centang enable.

ganti port laragon


Penutup

Demikianlah cara instal laragon  untuk menjalankan aplikasi berbasis web di laptop kita yang digunakan sebagai servernya. Semoga bermanfaat untuk pemula yang sendang belajar menginstall aplikasi berbasis web.

Selanjutnya: Cara Mudah Ganti Versi PHP pada Laragon

Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan melaui kotak komentar yang tersedia di bawah ini:

Sumber Referensi: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi_web

https://laragon.org/docs/

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk " Cara Instal Laragon untuk Menjalankan Aplikasi Berbasis Web"

  1. Matur nuwun pak Nir... Bisa ya, bila laptop saya sudah ada xampp server, ditumpuki laragon ? atau hapus dulu xampp nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang paham, sepertinya bisa di tumpuk saja karena berbeda aplikasi. hanya saja munkin tidak bisa dijalankan bersama-sama bila menggunakan port yang sama.

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK