Simulasi Mengajar Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak

Berdasarkan Surat Dijend GTK Kemendikbudristek Nomor : 5719/B2/GT.03.15/2021 Tanggal 2 November 2021  Perihal : Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Ke-1 Calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan II dapat diperoleh informasi sebagai berikut:

Simulasi Mengajar Pelaksana Program Sekolah Penggerak


1. Sejumlah 13.019 kepala sekolah calon pelaksana program sekolah penggerak dari 250 Kabupaten/Kota dan 34 Provinsi dinyatakan lolos ke seleksi tahap ke-2 (daftar terlampir).

2. Pelaksanaan seleksi tahap ke-2 (simulasi mengajar dan wawancara) dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 5 November s.d. 27 November 2021 secara daring.

3. Jadwal seleksi tahap ke-2 akan disampaikan melalui e-mail dan aplikasi seleksi sekolah penggerak (simPKB).

4. Seluruh peserta seleksi tahap ke-2 diundang untuk mengikuti kegiatan webinar persiapan seleksi tahap ke-2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2021. Undangan akan diinformasikan melalui e-mail dan aplikasi seleksi Sekolah Penggerak (SIMPKB).


Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap Ke-2 Kepala Sekolah Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan II Simulasi Mengajar & Wawancara

A. Petunjuk Umum Seleksi Tahap Ke-2

1. Pelaksanaan seleksi tahap ke-2 akan dilakukan secara daring (online). (Peserta disarankan menggunakan browser Chrome)

2. Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar dan Wawancara.

3. Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara akan dilaksanakan direntang waktu yang sama. Simulasi Mengajar akan dilaksanakan terlebih dahulu selama maksimal 30 menit lalu akan dilanjutkan dengan Wawancara selama maksimal 60 menit. Total pelaksanaan sesi seleksi tahap ke-2 adalah 1 jam 30 menit.

4. Akan ada 2 (dua) asesor yang akan memberikan nilai untuk seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara.

5. Peserta seleksi diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi.

6. Peserta menyiapkan hal-hal berikut untuk mengikuti seleksi tahap ke-2:
  • a. Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang terang, dan tersedia akses listrik dan internet,
  • b. Alat dan bahan yang diperlukan untuk seleksi,
  • c. Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet,
  • d. Komputer/Laptop/perangkat elektronik dengan kamera video dan speaker/microphone yang berfungsi dengan baik,
  • e. Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar dan menangkap suara kandidat dengan baik.
7. Peserta diharapkan dapat melakukan latihan panggilan video menggunakan aplikasi Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.

8. Jadwal pelaksanaan seleksi akan diberikan melalui aplikasi seleksi (SIMPKB) paling lambat pada tanggal 4 November 2021. Ikutilah seleksi sesuai jadwal yang diberikan.

9. Jika peserta terputus ditengah pelaksanaan seleksi silahkan mencoba untuk mengakses tautan Google Meet yang sama.

10. Jika mengalami kendala dalam mengikuti seleksi, peserta bisa menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi Whatsapp/WA yang tersedia di aplikasi.

11. Di awal seleksi asesor akan melakukan konfirmasi identitas. Silahkan siapkan KTP dan menunjukkannya jika diminta.

B. Petjunjuk Khusus Seleksi Simulasi Mengajar

1. Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui tautan berikut: https://bit.ly/TopikRPPSekolahPenggerak2

2. Topik mengajar untuk kepala SLB dan Kepala Sekolah yang sedang atau pernah mengambu mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa menyesuaikan dengan kurikulum pada jenjang yang sedang atau pernah diampu.

3. Kepala Sekolah yang sedang atau pernah mengajar sebagai guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam meberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% bahasa asing/daerah).

4. Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran /RPP untuk durasi 10menit dan unggah melalui aplikasi seleksi simPKB sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. (Contoh bagian-bagian RPP terlampir).

5. RPP yang diungah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019, RPP yang diungah berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan pembelajaran, dan penilaian (assessment) pembelajaran.)

Pelajari lebih lengkap: RPP 1 LEMBAR


6. Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Rencana penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan/dilaksanakan dalam simulasi mengajar.

7. Lakukan simulai mengajar selama 10 menit.

8. Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-muridyang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.

9. Simulai mengajar dilaksanakan bukan sebgai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa malakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.

10. Persiapakn alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi mengajar (Contoh: Rencana Pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol dll)

11. Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan memjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan olah tim asesor

12. Simulai Mengajar akan dihentikan oleh TIM Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

13. Letakan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar 70% dari badan peserta. Berikut adalah bebrapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring.
contoh simluasi mengajar sekolah penggerak

Unsur Penilaian Seleksi Simulasi Mengajar
Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman
dan nyaman.
Peserta menggembangkan pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang
relevan bagi murid dan strategi komunikasi yang baik.

Kompetensi 2 - Memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif.
Peserta memandu pelajaran dengan mempertimbangkan strategi yang dapat membantu murid
dalam memperoleh dan/atau menerapkan pengetahuan.

Kompetensi 3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated
learning).
Peserta melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

Kompetensi 4 – Mendesain proses belajar mengajar yang efektif
Peserta dapat merancang strategi penilaian yang baik.

Demikian semoga informasi mengenai Simulasi Mengajar Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak bermanfaat untuk Anda.

Salam merdeka belajar!

Sumber Referensi:
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/unduhan
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "Simulasi Mengajar Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak"

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK