5 Hal Tentang RPP 1 Lembar Menarik Dibahas

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah rencana atau skenario guru dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Pak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan melakukan aksinya dengan menyederhanakan RPP sebagai salah satu kebijakannya untuk mencapai program yang dibesutnya yaitu merdeka belajar. Beliau juga sudah membuat edaran kepada kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten bernomor 14 Tahun 2019.
tentang rpp 1 lembar pedoman format

Dan berikut ini 5 hal tentang RPP 1 lembar menurut versi tasadmin.id

1. Pedoman Pembuatan RPP 1 Lembar

Sejauh penelusuran admin, belum ada pedoman atau petunjuk teknis yang secara rinci memberikan pedoman pembuatan RPP satu lembar berikut dengan contohnya. Pedoman yang bisa dijadikan dasar yaitu surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan RI Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP (lihat edaran).

2. Perbedaan RPP 1 lembar dengan 1 halaman.

Jumlah RPP yang 1 (satu) lembar atau  1 (satu) halaman merupakan hal yang sangat menggembirakan bagai para Guru yang sebelumnya bisa mencapai 20 lembar.

Sebentar... yang betul lembar atau halaman? Gak penting juga sih... hahahaha

Di KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) tentang arti lembar dan halaman ada banyak maknanya, namun kami coba pilih sesuai topik RPP.

Arti kata lembar adalah kata penggolong bagi benda yang lebar dan tipis (tentang papan, kertas, seng, dan sebagainya). Lembar juga berarti helai.
Contoh: Dua lembar daun (kertas, kain, layar, dan sebagainya)

Arti kata halaman adalah muka dari lembaran buku (majalah, surat kabar, dan sebagainya). Halaman juga berarti pagina
Contoh: Lihat gambar pada halaman 345

Sampai sini sudah tau belum perbedaan RPP satu lembar dengan RPP satu halaman? hehehe saya juga bingung. Yang pasti 1 lembar  = selembar dan 1 halaman  =  sehalaman dan bukan sehalaman sekolah wkwkwkw.

Lalu bagaimana jika RPP 2 halaman di print bolak balik menjadi selembar :) akan sangat menghemat kertas juga kalau begini caranya.

Jika kita membuka tentang tanya jawab yang ada pada edaran yang ada, disana memakai istilah halaman.

Kita anggap sama saja tidak mengapa, yang penting RPP satu halaman atau satu lembar bukan berarti kemudian terus hanya mengecilkan ukuran font, menciutkan ukuran spasi, membagi menjadi 2 kolom pada pengetikan di program pengolah kata Microsoft Word.

Dipandang dari segi ekonomis dan cinta alam, RPP satu lembar dapat menghemat kertas, dan otomatis penebangan kayu di hutan sebagai bahan baku pembuat kertas.

3. Format RPP 1 Lembar

Berbicara format tentu berkaitan dengan pedoman yang telah kami tuliskan di point nomor 1. Tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP. Guru bebas membuat, memilih,  mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.

Sesaat setelah hal ini diumumkan atau di sampaikan Mas Menteri Nadiem, banyak guru yang kreatif langsung beraksi mempraktikan membuat RPP 1 lembar dengan membandingkan format RPP luar negeri atau negara lain. Guru - guru yang seperti inilah yang mungkin disebut guru penggerak yang mendukung program merdeka belajar.

Berikut kami share scren shot contoh format RPP 1 Lembar
contoh format rpp 1 lembar

contoh format rpp luar negeri lesson plan


4. Jual beli RPP

Bagi guru yang memiliki uang lebih dan ingin cepat mempunyai RPP biasanya lebih memilih untuk membeli RPP.  Lalu jika sudah 1 lembar masihkah akan membeli RPP? Saat tulisan ini dibuat masih banyak yang menawarkan RPP, namun belum ada yang menawarkan RPP model 1 lembar.

5. Download Gratis RPP 1 Lembar

Inilah yang menjadi favorit, apabila sudah mengenal google cara yang paling mudah untuk mendapatkan RPP dengan mendownload diinternet. Sudah ada beberapa blog atau website yang menyediakan RPP format 1 lembar secara gratis. Anda mau?

Hmmm oke deh berikut ini contoh file RPP yang bisa Bapak / Ibu Guru Download secara gratis. NAMUN TENTU UNTUK KEMUDIAN DIEDIT DISESUAIKAN DENGAN KEADAAN DI SEKOLAH MASING-MASING. Silahkan amankan... sudah kami kumpulkan komplit untuk kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD



Lihat juga: 
1. Cara Cepat Edit Mengubah Nama Sekolah dan Nama Guru Menggunakan Fitur Find Replace pada Microsoft Word ( pelajari di sini )
2. Cara Mengganti Tulisan Alamat Website yant tidak bisa dihapus pada header footer ( disini )
3. Lihat bagai mana cara file ini di upload di google drive ( lihat )

Keterangan: Jika ada link yang error tidak bisa di download silahkan beri tahu kami agar dapat diperbaiki.

Mulai kapan RPP satu lembar diberlakukan atau diterapkan?
Secara tekstual pada Surat Edaran tentang penyederhanaan RPP tidak ada keterangan kapan RPP satu halaman / satu lembar diterapkan. Namun secara tersirat yang kami pahami, sejak ada edaran tersebut RPP satu lembar sudah bisa diberlakukan, karena tujuannya ingin mempermudah Bapak / Ibu Guru.

Apakah RPP harus satu lembar / satu halaman?
hmmm... yang bilang harus siapa? tentu tidak, perlu kami ingatkan kembali pentinggnya PPK dan HOTS, literasi, numerasi.

Lihat esensi RPP, bisa buka buka lagi  pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentatang standar proses.

Demikianlah yang bisa kami share mengenai  5 hal format RPP 1 lembar yang menurut kami menarik untuk dibahas, jika bermanfaat bagikan info ini menggunakan tombol share yang tersedia dibawah ini. Semakin banyak share semakin semangat kami dalam mengupdate postingan blog ini, terima kasih

Sumber / Referensi:
Kamus Online KBBI
Contoh Format RPP: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/empat-4-contoh-format-rpp-satu-1-lembar.html
File Contoh RPP: https://www.kangmartho.com/
https://apk13sd.blogspot.com/2017/11/rpp-kurikulum-2013-sd.html

7 Komentar untuk "5 Hal Tentang RPP 1 Lembar Menarik Dibahas"

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel