Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMETAAN KD KURIKULUM DARURAT KELAS 4 (EMPAT)

Pada postingan kali ini sesui judulnya, saya akan sharing tentang Pemetaan KD Kurikulum Daruat Kelas 4 SD. Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan pada kurikulum darurat masa pandemi ialah dengan memilih KD Esensial. Namun sebelum lebih lanjut, kami ingatkan kembali bahwa sekolah diberikan keleluasaan untuk memilih 3 pilihan yaitu menggunakan kurikulum 2013 lengkap, kurikulum daruat kemdikbud yang disusun Balitbang, serta kurikulum daruat yang disusun sekolah secara mandiri.

PEMETAAN KD KURIKULUM DARURAT KELAS 4


Adapun Pemetaan KD Kurikulum Daurat Kelas 4 yang saya akan bagikan ini adalah KD Esensial yang telah disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud. Namun juga perlu diperhatikan tentang  PAKAI KURUKULUM DARURAT PANDEMI PERHATIKAN NOMOR URUT KD

Untuk menyusun atau membuat pemetaan KD Kurikulum darudat kelas 4 SD sebetulnya cukup mudah, kita tinggal menyandingkan pemetaan KD tahun sebelumnya dengan daftar KD Esensial Balitbang Kemdikbud. Setelah itu hapus KD yang tidak digunakan. Selanjutnya agar kita tidak bingung, buat dua kolom nomor urut KD, yaitu nomor KD asli, dan nomor KD sesuai urutan esensial.

Terkait nomor KD yang digunakan, kami lebih menyarankan menggunakan nomor urut KD Lengkap, sehingga sudah sinkron atau sesuai dengan buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Bank soal yang telah Bapak/Ibu Guru Miliki.

Daftar KD Esensial Kurikulum Darurat Kelasi IV / 4 jenjang SD sebagai berikut:

KD Esensial Kelas IV PPKn

  • 1.1 /  1.1  mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
  • 1.2  / 1.2  mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  • 1.3  / 1.3  mensyukuri  keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika  
  • 1.4  / 1.4  mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  • 2.1  / 1.1  bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
  • 2.2  / 1.2  "menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan."
  • 2.3  / 2.3  bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika  
  • 2.4  / 2.4  menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
  • 3.1  / 3.1  Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.2 / 3.2  memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.3  / 3.3  menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.4  / 3.4  mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
  • 4.1  / 4.1  Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
  • 4.2 / 4.2  melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
  • 4.3  / 4.3  mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.4 / 4.4  mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.


KD Esensial Kelas IV Bahasa Indonesia

  • 3.1  / 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual(gambar, film)
  • 3.3  / 3.2 menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
  • 3.6  / 3.3 menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
  • 3.7  / 3.4 "menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi "
  • 3.9  / 3.5 mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
  • 4.1  / 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis
  • 4.3  / 4.2 melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
  • 4.6  / 4.3 melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
  • 4.7  / 4.4 menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
  • 4.9  / 4.5 menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi

KD Esensial Kelas IV Matematika

  • 3.1  / 3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambardan model konkret
  • 3.2  / 3.1 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
  • 3.6  / 3.2  Menjelaskan dan menentukan factor persekutuan, factor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • 3.7  / 3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
  • 3.9  / 3.4 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
  • 3.11 / 3.5 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
  • 3.12 / 3.6 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
  • 4.1 / 4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
  • 4.2  / 4.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
  • 4.6  /  4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • 4.7  / 4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
  • 4.9  / 4.4 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
  • 4.11 / 4.5 Membaca data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
  • 4.12 / 4.6 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat


KD Esensial Kelas IV IPA

  • 3.1 / 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
  • 3.2 / 3.2 membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
  • 3.3 / 3.3 mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
  • 3.5  / 3.4 memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.6 / 3.5 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
  • 3.7  / 3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
  • 3.8  / 3.7 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
  • 4.1  / 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
  • 4.2  / 4.2 membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
  • 4.3  / 4.3 mendemonstra-sikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  • 4.5  / 4.4 menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
  • 4.6  / 4.5 Menyajikan laporan hasil  pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
  • 4.7  / 4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
  • 4.8  / 4.7 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya  


KD Esensial Kelas IV IPS

  • 3.1  / 3.1 mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
  • 3.2  / 3.2 mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia
  • 3.4  / 3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat
  • 4.1  / 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi 
  • 4.2  / 4.2 menyajikan hasil identifikasi  mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia
  • 4.4  / 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan   Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat.


KD Esensial Kelas IV SBdP

  • 3.1 / 3.1  mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
  • 3.2  / 3.2  mengetahui gerak tari kreasi daerah
  • 3.3  / 3.3  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
  • 3.4  / 3.4  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
  • 4.1  / 4.1  membuat gambar cerita
  • 4.2  / 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
  • 4.3  / 4.3  meragakan gerak tari kreasi daerah
  • 4.4  / 4.4  membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.


KD Esensial Kelas IV PJOK

  • 3.1  / 3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
  • 3.2  / 3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *
  • 3.3  / 3.2 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
  • 3.4  / 3.3 Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri **
  • 3.5  / 3.4 Menganalisis prosedur berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan,  dan kelincahan  untuk mencapai berat badan ideal
  • 3.6  / 3.5 Memahami prosedur variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
  • 3.7  / 3.6 Menerapkan prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
  • 3.9  / 3.8 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
  • 4.1  / 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
  • 4.2 / 4.1 Mempraktik kan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *
  • 4.3  / 4.2 Mempraktik kan variasi pola gerak dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
  • 4.4 / 4.3 Mempraktikkan  gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri **
  • 4.5  / 4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan,  dan kelincahan  untuk mencapai berat badan ideal
  • 4.6  / 4.5 Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
  • 4.7  / 4.6 Mempraktikkan variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
  • 4.9  / 4.8  Memaparkan jenis cidera dan carapenanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari

Bagi Bapak/Ibu yang memerlukan file pemetaan KD Kelas 4 kurikulum darurat masa pandemi covid-19 silahkan download dengan mudah via google drive dibawah ini.

PEMETAAN KD KELAS 4 GENAP ESENSIAL.xlsx ( download )


Download juga:   PEMETAAN KD ESENSIAL KELAS 5 KURIKULUM DARURAT PANDEMI


Demikian yang bisa kami share, jika ada koreksi jangan sungkan untuk disampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih.

Posting Komentar untuk " PEMETAAN KD KURIKULUM DARURAT KELAS 4 (EMPAT)"