Verval PTK untuk Perbaikan Data Guru

Daftar Isi

Dalam memastikan keakuratan / kevalidan data Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud memiliki aplikasi "Verval PTK". Verval PTK adalah aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan yang berlaku di sekolah baik itu jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. 

Melalui Verval PTK inilah data-data yang tidak bisa diubah langsung melaui aplikasi Dapodik, pengajuan perubahan data dapat dilakukan di sini. 

VERVAL PTK PERBAIKAN DATA
Tampilan Verval PTK


Ketika Anda membuka aplikasi Dapodik namun ketika di klik datanya tidak dibisa diubah atau terkunci walaupun sudah login menggunakan akun masing-masing PTK maka harus dilakukan adalah perubahan data melalui Verval PTK.

Melalui Verval PTK ini juga proses pengusulan dan penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dilakukan.

Dan berikut ini menu-menu yang ada pada pada aplikasi Verval PTK.

Daftar PTK

Pada menu "Daftar PTK" ditampilkan daftar nama Guru dan Tenaga Kependidikan yang ada di sekolah Anda. PTK itu sendiri adalah singkatan dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan, jadi GTK dan PTK itu maksudnya sama.

Daftar PTK

Terdapat kolom NUPTK, NIK, Valid Dukcapil, Nama, Tanggal Lahir. Jenis PTK yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Mapel, Penjaga Sekolah, Tenaga Administrasi.

Verval PTK

Menu "VervalPTK" terdiri dari submenu yaitu "Pengajuan NUPTK", "Pengajuan Tukar NUPTK", Status Pengajuan NUPTK", "Status Pengajuan Tukar", "Upload Ulang Berkas"

Untuk link alamat Verval PTKhttps://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/site/index

Pengajuan NUPTK

Pada menu ini ditampilkan Daftar Calon NUPTK. Bagi Guru atau Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK dapat diajukan melalui menu ini, klik pada tombol "Ajukan NUPTK". Selanjutnya Anda harus mengupload beberapa berkas yaitu: Surat Tugas, KTP, Ijazah SD, Ijazah SMP, Ijazah SMPA, Ijazah S1/D4

Pengajuan NUPTK

File yang diupload berupa scan dokumen yang telah dijadikan format pdf, dengan maskimal ukuran file 1MB.

unggah berkas pengajuan nuptk


Pengajuan Tukar NUPTK

Aplikasi Verval PTK ini juga disediakan fitur untuk mengajukan tukar NUPTK, namun untuk saat ini Admin sendiri belum tahu secara pasti berkas yang perlu diunggah.

pengajuan tukar nuptk


Status Pengajuan NUPTK

Apabila Anda mengajukan NUPTK, maka status pengajuan dapat dilihat dan dipantau disini, apabila telah terbit maka statusnya akan terisi NUPTK Terbit.

Status Pengajuan NUPTK


Upload Ulang Berkas

Menu upload ulang berkas digunakan apabila ada berkas pengajuan NUPTK ada yang ditolak, sehingga perlu upload ulang.

upload ulang berkas nuptk


Identitas

Menu Identitas terdiri dari "Perbaikan Identitas", "Status Perbaikan". "Perbaikan Foto"

Perbaikan Identitas.

Digunakan untuk mengajukan perbaikan identitas yang betul, klik pada tombol "Pebaikan" Selanjutnya silahkan tuliskan data yang akan dibetulkan, lampirkan file pendukung atau unggah berupa scan Akta Kelahiran, / KK, KTP, dalam format (.jpg), (.jpeg), .png. 

perbaikan identitas

Identitas yang dapat diperbaiki melaui Verval PTK ialah Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung. Adapun untuk  Nomor Induk Kependudukan (NIK), saat saya membuka kolom NIK berwarna abu-abu tidak bisa diganti. 


Status Perbaikan

Menu ini menampilkan status perbaikan data apakah sudah disetujui atau belum. 

status perbaikan identitas


Proses Aproval Perbaikan Data Master dilakukan oleh Dinas setempat bukan oleh Pusat, jika belum dilakukan aproval silahkan kordinasi dengan operator Dinas. 

Lama tidaknya proses aproval tergantung pada admin Dinas Pendidikan, namun juga bisa karena operator. Agar mempermudah Admin dalam melakukan proses aproval/persetujuan, pastikan hasil scan terlihat dengan jelas. Lihat: Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Paint

Perbaikan Foto

Perbaikan Foto digunakan untuk mengupload foto PTK, foto ini juga ditampilkan pada lembar INFO GTK. Namun saat tulisan ini dibuat fitur untuk upload foto belum dapat digunakan.

perbaikan foto verval ptk


Dokumentasi Verval PTK

Pada website ini juga disediakan menu dokumentasi panduan Verval PTK, jadi Anda tak perlu bingung silahkan download saja. Ada juga F.A.Q. atau frequently asked questions yang apabila diartikan ke Bahasa Indonesia kurang lebih hal yang sering ditanya dan dijawab.

Dokumentasi Verval PTK



Username dan Password Verval PTK

Untuk bisa membuka Verval PTK maka harus memiliki akun username dan password Verval PTK. Akun Verval PTK yang bisa digunakan untuk login adalah akun sdm.data.kemdikbud . Ini adalah akun sso pengelola data, berbeda dengan sso operator dapodik meskipun bisa dibuat sama. Jika Anda belum memiliki silahkan lakukan pendaftaran dahulu melalui link https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru

buat akun verval ptk


Demikianlah tentang Verval PTK untuk Perbaikan Data Guru dan pengajuan NUPTK yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat, jika ada komentar boleh disampaikan melalui kotak komentar. Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
5 Juni 2022 pukul 14.02 Hapus
terima kasih infonya gan
Comment Author Avatar
5 Juni 2022 pukul 15.04 Hapus
Sama-sama, terima kasih sudah menyempatkan mampir