Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA GAMPANG BELANJA DI SIPLah KEMDIKBUD

SIPlah merupakan platform yang disediakan Kemendikbud untuk digunakan sekolah melakukan pengadaan barang dan jasa. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pusat harusnya dibelanjakan melalaui  SIPLah karena sudah ada  regulasi yang mengatur hal ini yaitu Permendikbud dan Surat Edaran. Namun bagi sebagian sekolah masih banyak yang belum menggunakan SIPLah mungkin karena belum tahu dan mengerti bagaimana cara belanja di SIPlah Kemendikbud. 

Cara Belanja Online Siplah


Pada dasarnya belanja menggunakan SIPlah caranya sama saja seperti belanja online di aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, Lazada atau yang lainnya. Bagi Anda yang sudah terbiasa belanja online bahkan sudah menjadi hobi tentu tidak akan kesulitan belanja di sistem SIPlah.

Postingan kali ini saya akan berbagi kepada Anda khususnya bagi Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, serta Petugas Pangadaan Barang dan Jasa (PBJ). Panduan ini merupakan langkah praktis gampang / mudah yang akan memberikan gambaran umum apa itu SIPLah sekaligus tutorial langkah belanja melaui SIPLah Kemendikbud

Mengapa Sekolah harus menggunakan SIPLah dan bagaimana regulasi lengkapnya sudah saya posting pada: 5 Alasan Sekolah Harus Belanja Menggunakan SIPLah


Inilah adalah 9 Langkah Cara Gampang Belanja di SIPLah Kemdikbud 

1. DAFTAR AKUN SIPLah

Ya yang pertama harus memliki akun siplah. Akun ini akan digunakan untuk login. Sekolah tidak perlu mendaftar secara manual pada masing-masing mitra SIPlah karena data sudah Dapodik. Sistem SIPlah sudah menerapkan teknologi Singgle Sign ON (SSO), mudahnya satu akun username dapat digunakan untuk login di berbagai aplikasi.   Untuk cara membuat akun agar bisa login di SIPlah silahkan baca: Mengisikan PBJ Pada Dapodik Sesuai SK

login sso siplah dapodik


2. PILIH MITRA SIPLah

Ada 6 mitra Siplah yang bisa dipilih oleh sekolah yaitu:

1. SIPLah Blibi (PT. Global Digital Niaga) alamat link https://siplah.blibli.com/

2. SIPLah Belanja (PT. Metraplasa) alamat link https://siplah.blanja.com/

3. SIPLah Eureka (PT. Eureka BookHouse) alamat link https://siplah.eurekabookhouse.co.id/

4. SIPLah Inti (PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Persero) alamat link http://siplah.id

5. SIPLah Pesona Edukasi (PT. Pesona Edukasi) alamat link https://siplah.pesonaedu.id/

6. SIPLah Toko Ladang (PT. Ladang Karya Husada) alamat link https://siplah.tokoladang.co.id/

mitra siplah kemdikbud

Didalam 6 mitra tersebut terdapat banyak ribuan penyedia Barang dan Jasa, sekolah dapat mecari barang dan memilih barang sesuai keperluan. Jika Anda merasa kesulitan atau ada hal-hal yang ditanyakan maupun komplain bisa menghubungi Costumer Servis yang ada.


3. LOGIN SIPLah

Untuk memulai belanja online di siplah tentunya Anda harus login terlebih dahulu. Akun yang dapat digunakan untuk login siplah adalah akun SSO yang sudah tersinkron di dapodik, yaitu akun Kepala Sekolah, Bendahara, dan Akun Guru yang memiliki tugas tambahan sebagai PBJ Sekolah

Dan berikut ini letak tombol login untuk masing-masing 6 mitra siplah

login siplah blibi
Tombol login siplah Blibi

login siplah belanja
Tombol login siplah belanja

login siplah eureka
Tombol login siplah eureka

login siplah inti
Tombol login siplah inti

login siplah pesona edu
Tombol login siplah pesona edu

login siplah toko ladang
Tombol login siplah toko ladang

4. LAKUKAN PEMESANAN

Setelah Anda berhasil login silahkan gunakan fitur kotak pencarian untuk mencari barang yang akan dibeli. Selain menggunakan fitur kotak pencarian, gunakan pilihan kategori produk untuk mempermudah Anda dalam menemukan barang yang dicari. 

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemesanan adalah sesuai dengan Permendikbud No.14 Tahun 2020, Sekolah wajib melakukan perbandingan, Jika transaksi tersebut sebagai berikut:

  1. Transaksi diatas 50 Juta s.d 200 Juta (wajib Perbandingan minimal 2 Penyedia)
  2. Transaksi diatas 200 Juta (wajib Perbandingan minimal 3 Penyedia)

Disini Anda dapat melakukan perbandingan penawaran barang sesuai dengan spesifikasi teknis, dan Harga barang. Selanjutnya lakukan pemesanan kepada penyedia melalui mitra siplah. 

Sebelum Anda klik OK untuk memesan pastikan dulu produk dan alamat pengiriman sudah betul, dan pilih kurir pengiriman yang dirasa lebih bagus.

Panitia pengadaan barang dan jasa dapat memantau status pesanan mulai dari pesetujuan, pemrosesan hingga pengiriman oleh penjual. 

status pesanan siplah pesona edukasi
Tampilan status pesanan siplah pesona edukasi

5. PENERIMAAN BARANG

Setelah pemesanan di proses penjual maka akan segera dikirimkan sekolah menggunakan jasa antar barang. Panita pengadaan barang dan jasa (PBJ) Sekolah akan menerima Barang yang sudah dipesan, selanjutnya untuk melengkapi Berita Acara Serah Terima (BAST) secara elektronik yang ada dalam sistem mitra siplah. Jika barang yang dirikim tidak sesuai, Panitia PBJ dapat meminta penjual untuk memperbaikinya atau melengkapi kekurangan dengan jangka waktu yang disepakati bersama. 

Formulir BAST yang telah ditanda tangani wajib diupload/diunggah, beberapa mitra E-BAST tidak perlu ditanda tangani oleh pihak sekolah karena sudah menggunakan elektronik dan dianggap sah

E- BAST Pesona Edukasi
Tampilan E- BAST Pesona Edukasi

8. PEMBAYARAN

Setelah barang diterima oleh sekolah dan barang sudah dicek seuai pesanan baik itu jumlah maupun spesidikasinya, dan sudah dilakukan BAST, lanjut untuk melakukan pembayaran. Bendahara Sekolah melakukan pembayaran secara nontunai melalui aplikasi Mitra Siplah.

Invoice Pembayaran biasanya akan dikirimkan melalui email, setelah pembayaran dilakukan upload juga bukti pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran oleh sekolah sesuai nominal transaksi, pihak sekolah dapat mengupload  / mengunggah bukti bayar pada kolom unggah berkas sebagai bukti sekolah telah membayar pesanan tersebut.

upload bukti bayar pesona edukasi
Menu upload bukti bayar pesona edukasi


9. MENDOWNLOAD KELENGKAPAN SPJ

Kelengkapan SPJ, seperti kwitansi maupun format surat-surat lainya dapat Anda download kemudian dicetak. Simpan hasil cetak bersama lampiran SPJ lainya dan tatalah dengan rapi. Ketika suatu saat ada pemeriksaan Sekolah dapat menyajikan SPJ dengan lengkap dan baik.

Kelengkkapan SPJ dapat diunduh stelah melakukan upload berkas bukti pembayaran. 

download kwitansi pesona edukasi
Menu download kwitansi pesona edukasi

Lihat juga: CONTOH FORMAT LAPORAN SPJ BOS TAHUN 2020


Itulah Cara Gampang / Mudah Belanja di Siplah Kemdikbud ( Blibi, Eureka, Inti, Pesona Edukasi, Toko Ladang), semoga dapat mepermudah pelaporan keuangan sekolah baik itu yang bersumber dari dana BOS Pusat, Provinsi, ataupun lainya. Disamping itu tentunya dengan belanja melalui siplah dapat meningkatkan tata kelola PBJ di sekolah. "Siplah, transaksi cepat, laporan cepat, keuangan selamat"

Jika Ada pertanyaan kritik dan saran, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "CARA GAMPANG BELANJA DI SIPLah KEMDIKBUD"