Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisikan PBJ Pada Dapodik Sesuai SK

Baru-baru ini dapodik telah mengupdate data referensi untuk mengakomodasi tugas tambahan GTK sebagai Pelaksana Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Hal ini berkaitan dengan Permendikbud Nomor 14 tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan.

Mengisi tugas tambahan pelaksana PBJ pada dapodik
tugas tambahn PBJ dapodik


Cara Mengisi Tugas Tambahan PBJ Dapodik

Adapun cara mengisikan tugas tambahan sebagai PBJ adalah sebagai berikut:
  1. Sinkronkan aplikasi dapodik 2020.b patch 1 agar data referensi baru "Pelaksana PBJ" masuk ke dalam aplikasi local dapodik.
  2. Pilih Guru atau Tenaga Kependidikan yang diberi tugas tambahan sebagai PBJ, tentunya dibuatkan SK.
  3. Masuk pada menu Ubah --- Tugas Tambahan pada Data Rician GTK
  4. Isikan jenis Jabatan PTK sebagai "Pelaksana PBJ" dan isikan kelengkapan data seperti Nomor SK, dan TMTnya. Pilihan Pelaksana PBJ ada pada halaman ke 3.
  5. Periksa isian dan jangan lupa Simpan
  6. Pastikan GTK yang diberi tugas pelaksana PBJ telah memiliki akun GTK karena akan digunakan juga sebagai akun login aplikasi SIPlah
  7. Terakhir lakukan sinkronisasi menggunakan akun kepala sekolah.

Beberapa operator mengalami hal tugas tambahan PBJ tidak bisa muncul padahal sudah melakukan sinkronisasi, bagaimana solusinya?

1. Silahkah coba ulangi sinkronisasi, dan pada saat selesai sinkronisasi akan muncul info data apa yang terkirim ke server dan masuk ke local silahkan di cek.
2. Lakukan clear history browser dan refresh CTRL + F5
3. Jika langkah-langkah diatas tidak bisa ada yang menyarankan instal ulang, namun menurut saya tidak perlu karena sebentar lagi aplikasi dapodik akan ditutup dan digantikan dengan aplikasi jenis baru yaitu Dapo PAUD dan Dapodikdasmen digabung ( selengkapnya )

Perlu tuliskan juga, dilansir dari situs dapodikdasmen dalam melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab Pelaksana PBJ di Satuan Pendidikan, jika dibutuhkan kepala Satuan Pendidikan dapat menunjuk pendidik dan/atau tenaga kependidikan secara perorangan atau kelompok kerja untuk melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan.

Terdapat kalimat jika dibutuhkan, iya jika... tentunya pengisian ini bukanlah hal yang wajib untuk saat ini.

Contoh SK PBJ Tahun 2020

Kepala sekolah tentunya perlu membuatkan SK sebagai legalitas. Silahkan bagi teman-teman yang memerlukan contoh SK PBJ Tahun 2020 dapat di download pada link yang telah kami lampirkan dibawah.

Format SK PBJ ini merupakan format yang sudah pas dengan peraturan-peraturan yang ada, dan dapat diedit sesuai keperluan sekolah.

Tugas PBJ di Sekolah

Pada SK PBJ disebutkan juga tugasnya yaitu Petugas Pengadaan Barang dan Jasa pada satuan pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020 bertugas:

1. Melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan sesuai dengan prinsip PBJ Satuan Pendidikan;
2. Bekerja secara profesional, mandiri, dan menjaga kerahasiaan informasi yang menurut sifatnya harus dirahasiakan untuk mencegah penyimpangan dalam PBJ Satuan Pendidikan;
3. Tidak saling mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung yang mengakibatkan persaingan usaha tidak sehat dalam PBJ Satuan Pendidikan;
4. Menerima dan bertanggungjawab atas segala keputusan yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan PBJ Satuan Pendidikan;
5. Menghindari dan mencegah terjadinya pertentangan kepentingan pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidaklangsung, yang berakibat persaingan usaha tidak sehat dalam PBJ Satuan Pendidikan.
6. Menghindari dan mencegah pemborosan dan kebocoran keuangan Satuan Pendidikan; dan
7. Menghindari dan mencegah penyalahgunaan wewenang dan/atau kolusi dalam PBJ Satuan Pendidikan.

Contoh Format SK PBJ .docx ( download )


Penutup

Demikain informasi yang bisa kami share terkait pengisian tugas tambahan PBJ pada dapodik versi 2020.b patch 1. Share juga ke teman operator, semoga bermafaat.

Sumber Referensi: https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/referensi-baru-pelaksana-pbj-pada-aplikasi-dapodikdasmen

Posting Komentar untuk "Mengisikan PBJ Pada Dapodik Sesuai SK"