Cara Cetak SPTJM Dapodik 2023 untuk Pencairan TPG

Daftar Isi

Di beberapa daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota memerlukan cetak SPTJM pada Dapodik yang ditandatangani kepala sekolah untuk bisa memproses pencarian Tunjangan Profesi Guru  (TPG).

SPTJM itu sendiri merupakan singkatan dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak. Sebelumnya banyak yang bertanya bagaimana mana sih cara cetak SPTJM Dapodik?

Saya sendiri sebelumnya juga tidak menemukan cetak SPTJM ini pada manajemen dapodik sekolah yang beralamatkan di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

cara cetak sptjm dapodik 2021


Namun, saat ini menu SPTJM ini telah tersedia pada sitem aplikasi Dapodik 2021

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat  Dapodik versi 2021 merupakan versi baru yang menggabungkan antara dapodik paud dan dapodik dikdas, jadi sistemnya juga diperbaharui untuk cetak SPTJM.

Cetak SPTJM masih difungsikan/digunakan sampai sekarang di Tahun 2023.

Dapodik merupakan sebuah sistem data pokok pendidikan, yang saling terkait antara dapodik offline/lokal yang terinstal di laptop operator sekolah dan aplikasi online manajemen sekolah atau sp.datadik.

SPTJM pada dapodik ini berisi sebuah pernyataan dari kepala sekolah yang intinya menyatakan bertanggungjawab penuh atas kebenaran dan kemutahiran data, dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan apabila terdapat ketidak sesuaian data

Adapaun cara untuk mencetak SPTJM Dapodik harus dilakukan secara online melalui web manajemen sekolah sp.datadik. langkahnya sebagai berikut.

1. Login menggunakan akun operator sekolah (Dapodik) di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id

2. Setelah itu klik pada menu "Dokumen" --- "SPTJM"

3. Anda dapat memiluh ukura kertas, A4, Letter, Legal, Maupun Folio. Jika sudah klik tombol "Cetak" Setelah itu Anda bisa langsung mencetak ke printer atau download dalam format pdf terlebih dahulu jika sedang tidak terhubung dengan printer.

sptjm dapodik 2021


4. Ada sekitar 23 lembar untuk dicetak, berisi SPTJM dan lampirannya. Lampiran ini tentunya datanya bersumber dari data dapodik yang telah dientrikan dan diperbaharui oleh operator sekolah. SPTJM ditandatangi oleh kepala sekolah, perlu juga untuk ditempelkan materai 6000 dan dibubuhkan cap sekolah.

cetak sptjm dapodik

Update:  Penggunaan Meterai Rp 10.000 untuk Kuitansi dan Surat Pernyataan

5. Jumlah lampiran tergantun dari seberapa banyaknya data, namun untuk lampiran biasanya tidak ikut dikumpulkan. Hanya SPTJMnya saja


Daftar Lampiran SPTJM

  • LAMPIRAN 1 DATA SATUAN PENDIDIKAN
  • LAMPIRAN 2 SARANA DAN PRASARANA
  • LAMPIRAN 3 GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  • LAMPIRAN 4 ROMBONGAN BELAJAR
  • LAMPIRAN 5 PESERTA DIDIK


Baca juga: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD


Demikianlah cara cetak SPTJM Dapodik 2021 secara online melaui webiste manajemen sekolah sp.datadik.kemdikbud.go.id. 

Sekali lagi, bahwa cetak SPTJM Dapodik ini tidak melalui aplikasi lokal dapodik 2021 (localhost), namun secara online pada web manajemen sekolah. 

Semoga berguna untuk Anda yang sedang beri tugas untuk mencetak SPTJM Dapodik guna pencarian tunjangan profesi guru (TPG), atau jika operator tunjangan dinas pendidikan tidak memintanya kita sudah tahu caranya. Terima kasih.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

5 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
15 April 2021 pukul 08.37 Hapus
saya sudah masuk melalui menajemen sekolah dan autentikasi berhasil tapi halaman utama tidak bisa terbuka untuk pengisian sptjm nya
Comment Author Avatar
15 April 2021 pukul 08.52 Hapus
saya sudah masuk melalui menajemen sekolah dan autentikasi berhasil tapi halaman utamanya tidak bisa membuka seperti biasanya,mohon solusinya
Comment Author Avatar
15 April 2021 pukul 22.51 Hapus
bisa jadi karena masalah koneksi atau server sedang sibuk, coba pagi hari, atau tengah malam.
lakukan juga clear history browser
Comment Author Avatar
7 Juli 2021 pukul 05.06 Hapus
uploud nya kemanana ya pak
Comment Author Avatar
8 Juli 2021 pukul 08.36 Hapus
SPTJM ini tidak diupload, namun di cetak dan ditandatangai guru dan kepala sekolah dan biasanya dikumpulkan ke Dinas Pendidikan untuk proses validasi penerima Tunjagan Profesi Guru (TPG).