Contoh SK dan Surat Tugas Operator Sekolah

Daftar Isi
Bagi Operator Dapodik ataupun Operator Sekolah baru agar bisa login pada aplikasi dapodik dan sistemnya maka harus mendapatkan dulu akun operator.

Salah satu persyaratan agar bisa mengajukan akun operator sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat adalah membawa SK ataupun Surat Tugas Operator Sekolah.

Pada postingan ini saya akan berbagi contoh Surat Keputusan (SK) dan Surat Penugasan Operator Dapodik yang bisa didownload pada akhir postingan.
SK Operator Sekolah


Nantinya apabila telah disetujui oleh dinas pendidikan, maka operator sekolah akan mendapatkan username dan password login dapodik beserta kode registrasi (koreg).

Disini ada dua hal yang berbeda antara format Surat Keputusan dan Surat Tugas. 

Surat Keputusan (SK) Operator Sekolah

SK merupkan singkatan dari Surat Keputusan, didalamnya terdapat beberahal yang simpelnya ada menimbang, mengingat, memutuskan.

Didalam SK harus juga disebutkan dasar-dasar hukumnya seperti Permendikbud, atau yang lainya terkait pendataan dapodik dan administrasi sekolah. 

Hal yang harus diperhatikan dalam mencantumkan dasar hukum sebaiknya sesuai dengan peraturan perundangan terbaru.

SK Operator sekolah perlu juga dibuat oleh Kepala Sekolah selaku pimpinan agar kegiatan pendataan dapodik dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Surat Tugas Operator Sekolah

Berbeda dengan SK, format surat tugas lebih sederhana dan cukup satu lembar. 

Format SK Operator Dapodik ini saya buat simpel hanya satu lembar, yang intinya hanya menugaskan personil untuk menjadi operator dapodik. Format ini juga dulunya saya gunakan untuk mendapatkan akun SDM agarbisa melakukan verval PD maupun Verval PTK. 

Dan berikut ini format surat tugas operator sekolah.

KOP SURAT
--------------------

SURAT TUGAS
Nomor: 800/083/2023


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : (Nama Kepala Sekolah)
NIP : ……………….
Pangkat / Gol. Ruang : Pembina / IVa
Jabatan : Kepala Sekolah

Dengan ini menugaskan:

Nama : (Nama Operator Sekolah)
NIP : -
Pangkat / Gol. Ruang : -
Jabatan :  Tenaga Administrasi Sekolah
E-Mail :  …………………@gmail.com
Telp/HP:  08…………………
Unit Kerja: SD Negeri ………………….

Sebagai Operator Sekolah dari SD Negeri ……………. untuk mengelola Data Pendidikan pada aplikasi dan sistem “Dapodik”.

Demikian surat penugasan ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.



Tempat, …………………
Kepala Sekolah,

………………………
NIP. ………………..



Download File Contoh SK dan Surat Tugas Operator Sekolah

Bagi yang membutuhkan silahkan download melaui link dibawah ini, dan jangan lupa edit sesuai keperluan. Karena saat ini dapodik PAUD, SD, SMP, SMA sudah jadi satu maka format SK Operator Sekolah juga bisa dibuat sama, tinggal disesuaikan jenjangnya saja. 
Anda operator sekolah baru? baca juga: WAJIB TAHU ISTILAH PADA APLIKASI DAPODIK KEMDIKBUD

PENTING: Untuk mengajukan akun operator dapodik dan sekolah haruslah menggunakan alamat email yang aktif.  Karena saat ini sistem dapodik 2021 sudah memberlakukan satu email untuk satu akun dapodik


Tidak bisa dipungkiri Operator Sekolah merupakan unjung tombaknya sekolah untuk mendapatkan data yang valid dan terupdate dari siswa / Peserta Didik, maupun Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

Demikian yang bisa saya share tentang Contoh SK dan Surat Tugas Operator Sekolah, bilamana ada kekeliruan mohon koreksinya dan semoga bermanfaat. 

Sumber referensi: https://www.paud.id/2015/09/download-sk-operator-sekolah-paud-tk-kb.html

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar