Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengerjakan Dapodik Awal Tahun Pelajaran 2020/2021

Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo teman-teman operator dapodik baik dari jenjang PAUD maupun dari Dikdasmen serta pembaca yang saya hormati, semoga kita selalu selalu dalam curahan kasih sayangNya.

Pada kesempatan ini saya akan bahas bagaimana cara pengerjaan dapodik pada awal tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan aplikasi terbaru dapodik versi 2021.

Cara Dapodik 2021


Postingan kali ini saya usahakan menggunakan bahasa yang sederhana. Tujuannya agar mudah dipahami oleh teman-teman operator baru maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia perdapodikan tanah air Indonesia.

Baik, tanpa panjang lebar kita mulai saja, baca tulisan yang telah saya selesaikan dengan topik bahasan "Cara Jitu Mengerjakan Dapodik Awal Tahun Pelajaran 2020/2011".

1. Gunakan Versi Baru Dapodik 2021
2. Kenali Fitur Terbaru Dapodik 201
3. Instal Dapodik Sesuai Prosedur
4. Entri Data Dapodik Dengan Teliti
5. Batas Waktu Sinkron Dapodik

1. Rilis  Terbaru Dapodik Versi 2021

Tepatnya pada tanggal aplikasi dapodik versi terbarubaru  telah di rilis dan dapat di download melalui web resmi dapodik. Ada baiknya teman-teman memastikan info terkait dapodik terbaru melalui website resmi yang sudah disediakan yaitu https://dapo.kemdikbud.go.id/

Dapodik versi baru ini merupakan aplikasi penggabungan dari Dapodik Paud dan Dapodik Dikdasmen, dan disebut dengan apikasi dapodik versi 2021.

Jadi jenjang Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan jenjang Pendidikdan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Menggungakan aplikasi yang sama.


2. Fitur Terbaru Dapodik

Update versi dapodik tentunya menambahkan berbagai fitur baru pada aplikasi. Dan inilah fitur terbaru yang ada pada dapodik versi 2021:
  1. Penyesuaian aplikasi setelah penggabungan antara Dapo PAUD-Dikmas dan Dapodikdasmen.
  2. Penambahan data rinci PAUD khusus untuk jenjang PAUD.
  3. Penambahan Program dan Layanan untuk jenjang PKBM dan SKB.
  4. Penambahan tabulasi sertifikasi PD pada data rinci peserta didik untuk jenjang SMA dan SMK
  5. Penambahan referensi status desa berdasarkan Kepmendikbud Nomor 580/P/2020.
  6. Penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi guna menurunkan semua perubahan yang terjadi hanya pada data yang berada di server.
  7. Penambahan metode penarikan data pada API web service.
  8. Penambahan atribut tanggal mulai dan tanggal selesai pada isian rombongan belajar untuk PKBM dan SKB.
  9. Penambahan security pada aplikasi.
  10. Penambahan fitur untuk mengisi e-form kesiapan satuan pendidikan.
  11. Penambahan fitur untuk mengecek dan membuka Aplikasi PMP.
  12. Integrasi output data hasil PPDB daerah.
  13. Kelulusan bersama pada tingkat akhir untuk kelas TK B, 6, 9 dan 12/13.
  14. Generate ulang kode registrasi sekolah untuk jenjang PAUD.

3. Instal Dapodik Sesuai Prosedur

Cara jitu pengerjaan dapodik merupakan bagaimana agar kita sebagai operator dapodik dapat berjalan dengan sukses, calah satunya instal dapodik sesuai prosedur.

Untuk teman-teman yang baru pertama mengerjakan dapodik, khususnya hampir semua dari teman-teman jenjang PAUD. Tidak usah bingung harus melakukan apa, karena disetiap rilis dapodik versi baru, pengembang juga telah menyiapkan buku panduan yang selalu diupdate. Buku panduan ini juga dapat di download dengan mudah di web resmi dapodik. 

Secara umum langkah instal dapodik versi 2021 yaitu:

  1. Hapus atau uninstall dapodik versi lama.
  2. Persiapkan username, password, dan kode registrasi (koreg) dapodik. Jika belum punya silahkan minta ke opertator sebelumnya atau langsung ke admin kkdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota Setempat. Untuk jenjang paud harus meminta kode registrasi yang baru.
  3. Download aplikasi dapodik versi terbaru 2021.
  4. Download prefill dapodik jika akan menggunakan registrasi offline, jika menggunakan registrasi online tak perlu file prefill.
  5. Lakukan registrasi dapodik.
Lebih lengkap mengenai langkah instal dapodik versi 2021 sudah dijelaskan langsung oleh admin dapodik pusat melaui video berikut:




Proses lama tidaknya tergantung dengan spesifikasi laptop atau komputer yang teman-teman gunakan, silahkan lihat spesifikasi minimal laptop dapodik.


Jika teman-teman kesulitan mendownload prefill dapodik, gunakan link alternatif yang ada di urutan tengah. Admin pernah memberikan informasi bahwa link alternatif prefill yang sering digunakan kalau tidak yang nomor pertama ya nomor terakhir.

4. Entri Data Dapodik 2021 dengan Teliti

Setelah kita berhasil menginstall apikasi dapodik terbaru maka selanjutnya adalah mengentri data. Dapodik sudah berjalan cukup lama, dan sekarang ini kualitas data merupakan hal harus diperhatikan.

Lakukan entri data dengan teliti karena jika salah juga akan merepotkan untuk pembetulan data nantinya. Terlebih data yang dikunci seperti nama, tempat tanggal lahir nama ibu. Data inilah yang akan dijadikan Nomor Induk Siswa Nasional NISN

Jangan terlalu berpedoaman dengan isian formulir yang kita bagikan ke siswa maupun orang tua siswa, karena bisa saja salah, tetap harus berpedoman pada dokumen dukung. Memang idealnya kita cukup dengan isian formulir tapi lebih baik dan bijak jika kita juga melihat data yang tererta pada dokumen data dukung minimal akta kelahiran dan kartu keluarga (KK).

Untuk formulir dapodik, bisa kita download pada aplikasi dapodik yang telah kita instal. Ada baiknya kita juga perlu memperhatikan kualitas cetakan formulir dapodik agar yang mengisikan juga lebih rapi dan teliti.


4. Batas Sinkron Dapodik Versi 2021

Ada hal sangat penting yang juga sering ditanyakan teman-teman operator sekolah. Kapan batas akhir sinkron dapodik veri 20201?

Sebenarnya selama aplikasi dapodik berjalan tidak ada batas sinkron. Yang ada adalah batas cut off atau batas pengambilan data.

Cut off terpenting untuk dapodik selama ini adalah pengambilan jumlah siswa alokasi dana bos, tunjangan profesi guru (TPG), pengusulan NISN, dan calon peserta ujian.

Ada baiknya teman-teman operator tak perlu menunggu batas cut off. Karena nanti dikhawatirkan server sibuk karena banyaknya yang melakukan sinktonisasi. Memang tidak dipungkiri kapasitas server akan ditambah seiring berjalannya waktu dan para admin dapodik juga melakukan optimasi.

Adapun batas sinkron cutt off dapodik versi 20201 tahun pelajaran 2020/2021 adalah:
  • Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS SD/SMP/SMA ) dan pada 
  • Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP TK PAUD) 

5. Lakukan Verifikasi Email Akun Operator Dapodik dan PTK

Hal yang baru pada pendataan dapodik versi 2021 adalah adanya verifikasi email masing-masing Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) ataupun PTK. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan email yang dimasukan pada data PTK adalah aktif, dan nantinya akan digunakan untuk mengirimkan informasi secara pribadi ke masing-masing PTK. Silahkan baca pada: Satu Email untuk Satu Akun Dapodik

Hal ini juga diinfokan pada portal resmi dapodik,
Verifikasi akun pada sistem Dapodik dilaksanakan sampai dengan Sabtu, 31 Oktober 2020. Akun yang tidak terverifikasi sampai dengan batas waktu tersebut akan dihapus dari database Dapodik. 

Verifikasi akun dilaksanakan pada laman berikut ini:

  • Verifikasi akun Operator Sekolah: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  • Verifikasi akun PTK: https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id
  • Verifikasi akun Dinas Pendidikan: https://datadik.kemdikbud.go.id

CATATAN PENTING! Pastikan email yang digunakan pada akun merupakan email aktif, sistem akan mengirimkan kode verifikasi pada email tersebut.

Seyogyanya memang verfifikasi ini dilakukan olah masing-masing Gurut atau PTK. Tapi pada kenyataaanya di lapangan yang melakukan perkerjaan ini adalah Operator Sekolah, hehe... hmm oke deh, diniyatkan membantu mempermudah orang lain. Selengkapnya tentang cara verifikasi akun, saya posting terpisah agar tidak terlalu panjang. Langsung saja di: Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

Penutup

Secara umum suksesnya operator dalam mengerjakan dapodik adalah lancarnya pembayaran tunjangan profrsi guru, alokasi dana BOS, serta pengusulan NISN. 

Dan semoga postingan  Cara Jitu Mengerjaan Dapodik Awal Tahun Pelajaran 2020/2021 menguunakan versi Dapodik 2021 benar benar dapat bermanfaat bagi teman-teman operator sekolah.

Bagikan juga informasi ini ke media sosial teman operator, agar kami juga bersemangat dalam mengupdate materi di website sederhana ini.

Terima kasih, salam satu data pendidkan Indonesia berkualitas dan sehat selalu.

Wassalamulaikum Wr. Wb.


Posting Komentar untuk "Cara Jitu Mengerjakan Dapodik Awal Tahun Pelajaran 2020/2021"