Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 CARA OPERATOR SEKOLAH AGAR LAPTOP TIDAK LEMOT

Tidak dipungkiri bagi sebagian temen-temen operator sekolah / madrasah diberikan tugas yang cukup banyak dari kepala sekolah.

Pekerjaan yang ada hubungannya dengan penggunaan laptop dan komputer dibebankan ke operator sekolah. Bisa dibilang operator sekolah / madrasah adalah orang ITnya sekolah, keren kan... :)

Berbagai macam tugas, mengharuskan operator sekolah / madrasah memginstal banyak aplikasi yang bisa membuat laptop lemot, lelet, atau hang. Lalu bagaimana cara agar laptop tidak lemot? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Saya akan coba kupas pada postingan kali ini.
cara opertor sekolah agar laptop tidak lemot
cara agar laptop tidak lemot


[Daftar Isi]



1. Pahami Spesifikasi Laptop

Spesifikasi laptop atau yang lebih sering disebut spek laptop merupakan rincian fitur yang ada didalamnya baik berupa hardware maupun software.

Spek laptop umumnya berdasarkan prosesor, penyimpanan / storage, memori RAM, VGA, display monitor, webcam, konektivitas, dan sistem operasi. Sebagai operator sekolah baiknya palaing tidak menggunakan sesuai spesifikasi minimal laptop untuk install dapodik.


2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Sebagai operator sekolah tidak dipungkiri harus menginstal banyak aplikasi.

Aplikasi yang diinstal operator sekolah misalnya Dapodik, PMP, eRapor, Simda, ARKAS dan lain-lain.

Aplikasi yang diinstal operator madrasah misalnya EMIS, ARD, Elearning, dan lainnya.

Kita tidak bisa meng uninstal aplikasi tersebut karena memang keharusan, kecuali jika ada pembagian tugas dan tiap personil diberikan laptop masing-masing.

Kalau yang saya lakukan adalah menghapus aplikasi antivirus, edit foto, browser yang tidak dipakai. Saya hanya mengimstal 2 aplikasi browser saja

Adapun cara menghapus atau mencopot aplikasi yang tidak terpakai adalah:
1. Pilih menu "start" - "settings" (icon gambar roga gerigi) - "Apps" - "Apps & Future" 
cara uninstall aplikasi laptop

2. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan dihapus - pilih "uninstall"

3. Tata File dan Folder

File dan folder yang tidak tertata dengan rapi juga bisa menyebabkan laptop yang teman-teman gunakan menjadi lemot, terutama saat melakukan pencarian file.

Di laptiop umumnya dibuat memjadi beberapa partisi drive yaitu C: D: dab E. Drive C digunakan untuk tempat penyimpanan file program aplikasi, untuk itu apa bila memberikan ruang lebih untuk drive C menjadikan kerja laptop lebih cepat.

Untuk menata file dan folder gunakan aplikasi File Explorer

 Lebih lanjut silahkan pelajari: Manfaat Manajemen File dan Folder Serta Caranya

4. Seleksi Startup Program Aplikasi

Kalau teman-teman instal banyak aplikasi, beberapa akan otomatis berjalan ketika booting / saat awal menghidupkan laptop. Hal ini membuat kita harus menunggu lama agar laptop siap digunakan untuk bekerja.

Untuk itulah kita bisa menyeleksi atau memilih untuk menonaktifkan startup aplikasi.

Buka "Start" - "Settings" (icon gambar roga gerigi) - "Startup" - Ubah pilih "on / off" pada aplikasi.
menonaktifkan startup aplikasi agar laptop tidak lemot


5. Hapus File Sampah

File sampah yang dimaksud adalah file-file sisa yang ditinggalkan oleh program aplikasi yang telah dihapus sebelumnya, temporary, maupun file yang tersimpan pada recycle bin.

Ada file sampah yang berupa cache, yaitu file sementara yang disimpan di memori komputer pada waktu menjalankan suatu proses atau aplikasi. Dengan cache sebenarnya dapat mempercepat aplikasi saat dibuka berikutnya.

Namun semakin dengan banyaknya file cache yang menumpuk akan memenuhi hardisk, untuk itu perlu menghapus cache.

Cara hapus file cache cukup mudah, gumakan aplikasi bawaan windoes disk clean up.


  1. Klik "Start" - "Windows Administratif Tools" - "Disk Cleanup" 
    cara disk clean up
  2. Pilih drive yang akan di bersihkan dari file sampah
  3. Tekan OK untuk mulai menghapus

6. Multi Tasking Seperlunya

Multitasking adalah instilah membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Ini salah satu penyebab laptop lemot.

Saat kita sedang mengerjakan sesuatu kemudian pimpinan kita kepala sekolah datang menyuruh kita untuk mengerjakan hal lain, disinilah kita melalukan multi taksing.

RAM yang terbatas tidak mendukung dalam melakukan multitasking, tutup dulu aplikasi yang tidak sedang dipakai. Prioritaskan dahulu mana yang harus segera dikerjakan.

Kita bisa melihat kondisi RAM saat multitaksking  melalui taks manager dengan cara klik kanan pada "taks bar" - pilih "taks manager".  


Jika ingin menutup aplikasi klik kanan pada aplikasi - "end taks"
end taks


7. Copot Add-ons Browser Tak Penting

Browsing atau berselancar di internet merupakan aktivitas yang operator sekolah biasa lakukan untuk mencari informasi dan solusi akan pekerjaanya.

Kadang secara tidak sengaja kita menginsyall add-ons browser. Add-ons browser bisa juga membuat banyak iklan yang muncul secara bertubi-tubi hingga memperparah laptop semakin lemot. Solusinya copot add-ons browser tak penting, cek pada pengaturan browser.

8. Jaga Kebersihan Laptop

Yup.. kebersihan laptop juga mempengaruhi kinerja yang lemot. Debu dapat menempel pada lubang sirkulasi udara dan kipas (fan) sehingga laptop mudah panas dan akhirnya lemot.

Bersihkan laptop dari debu yang menempel didalamnya, jika tidak memungkinan dibersikan sendiri karena harus membongkarnya kita minta bantuan ahlinya yaitu teknisi laptop.

Penutup

Itulah 8 cara yang bisa dilakukan operator sekolah agar laptop tidak lemot. Silahkan bisa di praktekan dan rasakan perbedaan kecepatan laptop setelah melakukan cara ini. Semoga  operator sekolah dapat lancar dalam pekerjaanya

Dan perlu digaris bawahi, 8 cara agar laptop tidak lemot ini adalah versi kami sesuai pengetahuan dan pengalaman kami.

Jika ada teman-teman pembaca yang mau menambahkan silahkan... 😊

Bagikan juga artikel ini ke teman agar mereka tahu apa yang kamu tahu.

Posting Komentar untuk "8 CARA OPERATOR SEKOLAH AGAR LAPTOP TIDAK LEMOT"