Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUMPULAN PEDOMAN PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020

Ujian Sekolah (US) pada Tahun 2020 mengalami perubahan cara pelaksanaanya. Hal ini karena terbitnya permendikbud baru tentang ujian sekolah yang menyesuaikan kebijakan baru dari Bapak Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan. Sebuah terobosan mendikbud mengusung konsep merdeka belajar salah satu pointnya tentang Ujian Sekolah.
Kumpulan pedoman pelaksanaan ujian sekolah us tahun 2020

Sebagai operator sekolah yang dianggap sebagai tenaga administrasi sekolah, melalui postingan ini saya akan coba kumpulkan dokumen-dokumen resmi tentang pedoman pelaksanaan ujian sekolah US yang mulai berlaku tahun 2020. Saya mengumpulkan dokumen ini sebagai dasar pembuatan administrasi ujian sekolah, diantaranya sebagai dasar pembuatan Surat Keputusan (SK) Kepala sekolah, dan esensi bagaimana prosedur pelaksaan ujian yang harus dilakukan sekolah.

Agar informasi tentang ujian sekolah tahun 2020 ini valid dan tidak membuat bingung, kami kumpulkan informasi ini dari halaman resmi pemerintah berdomain .go.id. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terkait pelaksaan ujian sekolah tahun 2020

  1. Permendikbud Ujian Sekolah
  2. Prosedur Operasional Standar ( POS ) Ujian Sekolah
  3. Kisi-kisi ujian sekolah
  4. Pelaksanaan USBN SD

Permendikbud Tentang Ujian Sekolah

Permendikbud adalah Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Berikut ini adalah kumpulan permendikbud yang mengatur tentang ujian sekolah.

1. Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Permendikbud ini ditetapkan tanggal 10 Desember 2019
permendikbud nomor 43 tahun 2019 usbn dihapus mulai 2020



POS Ujian Sekolah

POS merupakan singkatan dari Prosedur Operasional Standar. POS Ujian Sekolah. Berikut file POS Ujian dari BSNP. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

1. Peraturan BSNP Tahun 2020

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0053/P/Bsnp/I/2020 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020. Ditetapkan tanggal 14 Januari 2020.

Peraturan tersebut menggantikan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0051/P/Bsnp/Xi/2019 Tentang Pos Penyelenggaraan UN Dicabut Dan Dinyatakan Tidak Berlaku.
pos ujian tahun 2020


2. Kisi-kisi UN 2020

Kisi-kisi Ujian Nasional UN Tahun 2020 resmi dari BSNP dapat didownload via google drive melalui link berikut ini:



3. Jadwal UN Tahun 2020

Meskupun ada revisi tentang POS UN 2019/2020 namun jadwal UN tidak mengalami perubahan


POS dan Kisi-kisi USBN SD Tahun 2020

BSNP tidak lagi menerbitkan prosedur operasional standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) karena mulai tahun ini pelaksanaan USBN diserahkan ke sekolah.

Sekolah Merdeka Melaksanakan Ujian Sekolah, seperti berita diterbitkan di website resmi GTK Kemdikbud berjudul: Tahun 2020 Satuan Pendidikan Merdeka Menyelenggarakan Ujian Sekolah

 “Untuk ujian sekolah tahun ini sekolah diberikan keleluasaan dalam menentukan apakah ingin menyusun soal secara penuh atau menggunakan soal anchor yang disiapkan oleh kementerian,” kata Ketua BSNP Abdul Mu`ti

“Mohon kepada rekan-rekan pers menyebarluaskan informasi bahwa USBN itu sudah tidak ada. Sementara banyak daerah yang masih menunggu dan menanyakan apa pengganti USBN. Tolong informasikan bahwa sekolah harus menyelenggarakannya sendiri-sendiri karena USBN itu sudah tidak ada dan daerah masih menunggu-nunggu sesuatu yang sudah tidak ada,” Penjelasan Anggota BSNP Suyanto.

Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2019/2020
Dikarenakan USBN dihapus dan digantikan Ujian Sekolah US maka BSNP tidak lagi menyusun kisi USBN. Sehingga sekolah dapat membuat seoal ujian sendiri.

Agar lebih jelas mengenai pelaksanaan Ujian Sekolah Bertstandar Nasional (USBN) SD yang dihapus dan digantikan Ujian Sekolah (US) silahkan pahami pada permendikbud dan berita yang ditampilkan pada website resmi pemerintah, link kami sertakan pada akhir postingan sebagai sumber referensi.


Pendapat Pemosting Terkait Pelaksaan Ujian Sekolah jenjang SD 
Berikut ini pendapat admin tentang pelaksaan ujian sekolah SD tahun 2020 adalah karena ini merupakan hal yang baru nampaknya di daerah masih banyak pertanyaan tentang bagaimana tata cara pelaksaannya, bagaimana cara pembuatan soalnya.

Di sekolah biasanya juga diadakan try out atau Tes Uji Coba Ujian Sekolah, kisi-kisi bisa mencontoh tahun lalu.

Kemudian apakah untuk soal ujian sekolah menggunakan soal uraian? pada tahun sebelumnya soal uraian menambah kegiatan koreksi manual, dimana koreksi dilakukan tidak oleh guru masing-masing.

Koreksi lembar jawab, karena pelaksaannya dilakukan sendiri oleh sekolah masihkah harus menggunakan lembar jawab komputer? dan bagaimana cara koreksinya?

Itu pendapat sekaligus pertanyaan 😀, jika ada pembaca yang mau menambahkan bisa melalui kotak komentar yang tersedia.

Mungkin Anda juga tertarik melihat:
1. Surat Edaran Mendikbud Tentang Penyederhanaan RPP
2. Pendataan Peserta Ujian menggunakan aplikasi BIO UN / US
3. Aplikasi Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) SMP

Demikian yang bisa kami posting dengan judul kumpulan pedoman pelaksanaan ujian sekolah tahun 2020 semiga bermanfaat.

Sumber Referensi:
https://jdih.kemdikbud.go.id/
https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/tahun-2020-satuan-pendidikan-merdeka-menyelenggarakan-ujian-sekolah
https://bsnp-indonesia.org/2020/01/21/usbn-diganti-us-mulai-2020-sekolah-bikin-soal-sendiri/
https://bsnp-indonesia.org/2020/01/21/bsnp-tahun-2020-usbn-dihapus/

2 komentar untuk "KUMPULAN PEDOMAN PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020"

  1. Semakin memudahkan anak untuk mencapai kelulusan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, namun jika kita perhatikan kriteria dan penentuan kelulusan peserta didik pada tahun-tahun sebelumnya juga sudah bergantung pada masing-masing sekolah

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.