Solusi Progres PMP Tidak Bisa 100%

Nampaknya banyak operator sekolah / tenaga administrasi sekolah ataupun guru yang diberi tugas tambahan untuk mengerjakan PMP mengalami masalah pengisian Progres PMP tidak bisa 100% (sertatus persen). Nah kesempatan ini saya akan coba uraikan dan share agar pengisian progres / indikator kemajuan Anda bisa seratus 100% dengan mudah.
progres pengisian PMP 100 persen
tampilan proesentase progres

Namun sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menggunakan / menginstal Patch EDS PMP Offline terbaru versi 2019-11-21. Jika belum silahkan update dulu ya ( lihat postingan sebelumnya )

Ada 2 hal yang menyebabkan progres pmp 100% yaitu karena script aplikasi itu sendiri dan atau memang belum selesai mengisi kuesioner.

1. Script Prosentase Progres Pengisian PMP

PMP adalah aplikasi multi user, dan untuk menampilkan nilai progresnya harus meload ulang berdasarkan data masing-masing akun. Pada PMP patch 2019-11-21 telah dibuatkan tombol pemicu agar script bisa meload ulang perhitungannya. Langsung saja berikut ini langkahnya


  1. Buka menu Beranda PMP: http://localhost:1745/Beranda dan lihat pada diagram Kemajuan Anda berapa persen, jika merasa sudah mengisi seluruh kuesioner belum 100%  "klik gambar/diagram tersebut"
  2. Kemudian akan dibawa ke halaman: http://localhost:1745/PerangkatKuesioner cari tombol "Hitung Rekap Kemajuan Anda" 
    hitung rekap kemajuan pmp
  3. Setelah itu aplikasi akan menghitung ulang progres pengisian Anda.
  4. Cek ke menu beranda apakah progres pengisian sudah sesuai sebenarnya,

2. Belum Selesai Mengisi Kuesioner.

Apabila teman-teman tenaga admin SD / operator / responden belum selesai mengisi kuesioner tentu saja progresnya belum 100%. Ada beberapa hal karena bugs aplikasi itu sendiri, kuesioner belum atau tidak tampil sehingga tidak bisa diisi.

2.1. Kuesioner Kepala Sekolah

Ada keluhan kuesioner kepala sekolah tidak tampil. Kuesioner PMP Kepala Sekolah B.12 kenapa tdak bisa 100%, total butir soal 11 tapi total butir kuesioner yg ada 10.
Solusinya: Lakukan sinkronisasi, setelah sinkronisasi maka pertanyaan kuesioner tersebut akan muncul. Cara melakukan sinkronisasi PMP (disini)

2.2 Kuesioner Siswa

Pengisian kuesioner siswa, progresnya 66.3%, tidak ada kuesioner D. Selain itu C.PROSES PEMBELAJARAN Progres pengisian: 50% (4 dari 8) dan E. PENGELOLAAN PENDIDIKAN Progres pengisian: 15% (1 dari 7).
progres kuesioner siswa pada pmp

Setelah di klik rincian akan tampil status masih silang merah, misalnya pada Media pembelajaran yang digunakan disekolah anda:. Ketika di klik anak panah tidak menuju ke kuesioner yang di maksud. Solusinya kita cari satu persatu kuesioner yang masih kosong menggunakan navigasi anak panah.
mencari kuesioner PMP tidak tampil

Nah berikut rincian cara pengisian kuesioner siswa agar menjagi seratus persen.


  1. Media pembelajaran yang digunakan disekolah anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/C/5
  2. Sumber belajar yang digunakan disekolah anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/C/6
  3. Aktivitas yang dilakukan guru di sekolah Anda untuk memperbaiki proses pembelajaran http://localhost:1745/LembarInstrumen/C/7
  4. Aktivitas yang dilakukan guru di sekolah Anda saat menutup pembelajaran: http://localhost:1745/LembarInstrumen/C/8
  5. Pedoman yang disosialisasikan oleh sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/2
  6. Aktivitas yang termuat dalam peraturan tata tertib di sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/3
  7. Tatacara penerimaan siswa baru disekolah anda memuat: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/4
  8. Bentuk masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang diselenggarakan sekolah anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/5
  9. Jenis layanan kesiswaan yang disediakan di sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/6
  10. Aktivitas pendukung pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/E/7

3.3 Kuesioner Komite Sekolah

Progres pengisian kuesioner komite sekolah pada PMP tidak bisa 100% solusinya sama dengan kuesioner siswa. B. ISI PENDIDIKAN Progres pengisian: 50% (1 dari 2) D. PENILAIAN PEMBELAJARAN Progres pengisian: 50% (1 dari 2).
progres kuesioner komite pmp

Berikut adalah rincian link kuesionernya:

  1. Kegiatan pengembangan diri ekstrakurikuler yang disediakan oleh sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/B/2
  2. Periode waktu penyampaian laporan hasil ujian kepada orang tua di sekolah Anda: http://localhost:1745/LembarInstrumen/D/2


Lihat juga: Daftar Error Aplikasi PMP dan Solusinya

PENUTUP
Cukup mudah bukan? untuk membuat progres pengisian PMP menjadi 100%? Sambil menunggu server PMP selesai perbaikian kita bisa selesaikan dulu pekerjaan yang bisa diselesaikan. Share tutorial sederhana ini ke teman-teman operator yang masih belum bisa 100% progres pengisianya, semoga bermanfaat ya...
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

6 komentar untuk "Solusi Progres PMP Tidak Bisa 100%"

  1. bagimana solusi untuk kuisioner ganda pak ?

    BalasHapus
  2. Selamat Malam Pak. Maaf mengganggu ya Pak. ada masalah saya Pak mengenai PMP Offline 2019. Jadi uda saya coba Pak berkali saya simpan tetap ngga bisa 100 % sesuai instruksi yang Bapak buat.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. sementara, kita tunggu saja info kelanjutan aplikasi PMP ini

      Hapus
  4. di aplikasi raport Mutu sudah susai tapi setelah di cek di server nilai raport Mutu kok tidak sama ddengan raport mutu di aplikasi...kenapa ya...???

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK