CARA MENGGANTI LOGO ERAPOR SD

Ketika akan mencetak rapor menggunakan aplikasi erapor SD Versi 1.0 muncul logo sekolah lain, disini tampil logo sekolah di Karangasem - Bali kemungkinan pembuat aplikasi dari daerah sana. Kalau dilihat dari asset filenya terlihat mirip seperti aplikasi rapor MPD untuk SMK, namun kita tidak akan membahas sampai sejauh itu. Lalu bagaimana cara mengganti atau mengubah agar sesuai dengan sekolah masing-masing? Cara mengeditnya cukup mudah, langsung saja.
Cara ubah atau mengganti logo erapor sd
mengubah logo erapor sd



  1. Buka windows explorer, kemudian masuk pada drive C, buka folder  C:\eRaporSD\dataweb\eraporsd\images\sekolah disana akan terlihat file dengan nama logo-sekolah.png  
  2. Intinya kita akan mengubah gambar logo dengan nama logo-sekolah.png sesuai logo sekolah masing-masing.
  3. Download atau siapkan logo sekolah, jika file masih berformat .jpg ubah ke format .png bisa dengan menggunakan aplikasi paint, kemudian disave ke format .png agar tidak terlalu besar logo disarankan direzise juga. Caranya klik resize --- presentase --- ubah menjadi 50 atau sesuai keperluan 
  4. Untuk mempermudah, kita rename / ubah saja nama file logo aslinya dengan menambahkan angka 2, misal logo-sekolah-2 
  5. Selanjutnya ubah logo yang akan digunakan menjadi logo-sekolah 
    ubah logo-sekolah erapor
  6. Silahkan buka erapornya, dan hapus histori chace browsernya, jika langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka akan berhasil mengubah logo pada cover erapor sd. 
  7. Jangan menghapus langsung file logo-sekolah.png yang ada, dan mengganti langsung dengan logo sekolah / daerah masing-masing tanpa merename, karena bisa jadi malah error untuk cetak kelengkapan data.
Cukup mudah bukan? Jika sekolah belum sekolah punya logo sendiri, bisa menggunakan logo daerah masing-masing, seperti tutorial ini menggunakan logo daerah DKI Jakarta Jaya Raya. Alasanya kabarnya di Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah mewajibkan sekolah  untuk menggunakan aplikasi erapor SD untuk mengolah nilai dan mencetak rapor.

Jika belum punya apikasi dan ingin menggunakan aplikasi erapor berbasis web, bisa di download: Aplikasi Erapor SD V 1.0

Download juga: Aplikasi Rapor SD berbasis Excel

Lihat juga artiel menarik lainya: Cara Mudah Mengonlinekan Erapor SD

Demikian yang bisa kami share tentang cara mengganti logo sekolah pada aplikasi erapor SD semoga bermanfaat, dan bagikan kepada teman yang masih belum bisa mengubah logo erapor SD. Terima kasih.
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGGANTI LOGO ERAPOR SD"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel