CARA MENGISI KERTAS KERJA INVENTARIS (KKI)

Kertas Kerja Inventaris yang selanjutnya disebut KKI adalah instrumen untuk melakukan kegiatan sensur barang milik daerah BMD. Berikut ini kami coba untuk menjelaskan cara pengisian blangko KKI.
pengisian kertas kerja inventaris KKI

KKI terdiri dari 2 (dua) kolom utama yaitu kolom LKD, dan kolom hasil sensus.

A. Kolom Saldo LKD Tahun 2018 Audited BPK RI 

Merupakan kolom yang diambil dari data KIB OPD yang bersangkutan sebagai pedoman yang dipergunakan untuk melakukan pendaatan / inventarisasi terhadap aset di OPD. Data ini diambil dari database SIMDA BMD menggunakan fitur eksport ke file excel.

B. Kolom Menurut hasil Sensus BMD Tahun 2019 

Kolom ini berisi:
1. Pedoman bagi pelaksana inventarisasi dalam pendataan/inventarisasi aset secara fisik yang berada di OPD.
2. Pelaksanaan cek fisik dilakukan dengan uarain aktifitas berikut:
a. Meneliti keberadaan barang (ditemukan atau tidak ditemukan)
b. Menghitung jumlah barang (sesuai atau tidak sesuai dengan dokumennya)
c. Meneliti pengkodean dan pelabelan
d. Meneliti kondisi barang (baik, rusak ringan, atau rusak berat)
e. Meneliti keberadaan surat-surat dokumen barang (ada atau tidak ada)
f. Meneliti status penggunaan barang (digunakan, dimanfaatkan, idle, sengketa, dikuasai pihak lain, dimanfaatkan tanpa sewa, dimanfaatkan tanpa prosedur yang berlku, dan lain-lain.

C. PENGISIKAN KKI KIB A - Tanah


  1. No.: Nomor Urut
  2. Jenis Barang/Nama Barang: Sesuai permendagri
  3. Nomor Kode Barang: Sesuai permendagri
  4. Nomor Register: Sesuasi permendagri
  5. Jumlah Bidang:
  6. Luas m2:
  7. Tahun Perolehan:
  8. Letak/Alamat:
  9. Harga(Rp.):
  10. Status Tanah Pemda:
  11. Status Tanah Non Pemda:
  12. Penggunaan Peragkat Daerah (PD): PD
  13. Penggunaan Pihak Ketiga:  
  14. Dokumen (Sertifikat, Letter C, dll) Ada/Tidak:
  15. Nomor Dokumen (Sertifikat, Letter C, dll):
  16. Jumlah:
  17. Luas Tanah m2:
  18. Keberadaan Tanah Ada/Tidak:
  19. Lokasi Keberadaan Tanah:
  20. Tanda Kepemilikan Tanah:
  21. Harga (Rp.):
  22. Hasil Verifikasi Sesuai/Tidak Sesuai: yang mengisi verifikator
  23. Keterangan: Diisi keterangan penjelasan

D. PENGISIAN KKI KIB B - PERALATAN DAN MESIN


  1. Nomor: Nomor Urut
  2. Kode Barang: Sesuai Kode Permendagri
  3. Jenis Barang/Nama Barang: Sesuai Permendagri
  4. Register: Penomoran otomatis dari aplikasi simda bmd
  5. Jml: Jumlah barang, otomati satu satu
  6. Merk/Type:
  7. Tahun perolehan:
  8. Harga:
  9. Kondisi Barang Baik: Diisi 0 atau 1 ini supaya nanti mudah dijumlahkan
  10. Kondisi Rusak ringan: Diisi 0 atau 1
  11. Kondisi Rusak Berat: Diisi 0 atau 1
  12. Kondisi Barang Ada/Tidak ada: jelas
  13. Keberadaan Barang Nama Ruang: Diisi sesuai denah ruang, nama ruang harus diisi karena kaitanya dengan pembuatan Kartu Inventaris Ruangan (KIR).
  14. Jumlah Barang: Jelas
  15. Satuan: Unit
  16. Dokumen Ada/tidak:
  17. Nomor Dokumen:
  18. Status Penggunaan PD: PD
  19. Status Penggunaan pihak ketiga:
  20. Nilai: Harga barang
  21. Tahun Perolehan Tahun/Bulan/Tanggal:
  22. Kode/Label Ada/Tidak:
  23. Spesifikasi sesuai/tidak sesuai:
  24. Hasil Verifikasi Sesuai/Tidak Sesuai:
  25. Keterangan: Diisi keterangan

E. PENGISIAN KKI KIB D - GEDUNG DAN BANGUNAN


  1. No: Nomor urut
  2. Kode Barang: sesuai permenda
  3. Jenis Barang/Nama Barang: sesuai permendagri
  4. Nomor Register: penomoran otomatis aplikasi simda
  5. Jml: Jumlah barang, otomatis satu
  6. Kodisi Bangunan B: Baik
  7. Kondisi Bangunan RR/KB: Rusak Ringan/Kurang Baik
  8. Kondisi Bangunan RB: Rusak Berat
  9. Letak/Lokasi Alamat: Lampirkan Screnshoot Google Maps
  10. Dokumen Gedung Tanggal Nomor:
  11. Status Tanah Pemda/Non Pemda:
  12. Harga:
  13. Kondisi Barang B: Baik diisi angka 1 atau 0
  14. Kondisi Barang RR/KB: Rusak Ringan / Kurang Baik diisi angka 1 atau 0
  15. Kondisi Barang RB: Rusak Berat diisi angka 1 atau 0
  16. Status Penggunaan PD: PD
  17. Status Penggunaan Pihak Ketiga: Ketiga
  18. Status Tanah Pemda: Pemda
  19. Status Tanah Non Pemda: Pemda
  20. Tahun Perolehan:
  21. Tanggal Dokumen:
  22. Nomor Dokumen:
  23. Jumlah:
  24. Luas Lantai: Diisi sesuai jatuhnya air dari atap
  25. Luas Tanah: sesuai KIB A
  26. Tanda Kepemilikan:
  27. Keberadaan Barang Ada/Tidak:
  28. Konstruksi Bangunan Bertingkat / TIdak:
  29. Konstruksi Bangunan Beton/Tidak:
  30. Asal-usul:
  31. Nilai Barang:
  32. Hasil verifikasi sesuai/tidak:
  33. Keterangan: Diisi keterangan gedung, misal gedung ruas kelas berapa saja

F. Pengisian KKI, KIB D, KIB E, KIB F.

Pengisian KIB D, E, F, hampir sama seperti KIB Lainnya. KIB D adalah Jalan, Instalasi Jaringan Irigasi, KIB E terdiri dari Aset Tetap Lainnya Buku dan Aset Tetap Lainya Barang Bercora Budaya (BCB)....


G. Pengisian Tabel Rekapitulasi.

Dibagian bawah ada tabel untuk rekapitulasi yaitu Rekapitulasi Barang Berlebih, Rekapitulasi Barang Tidak Ditemukan, Rekapitulas Barang Kondisi Rusak Berat, Rekapitulasi Barang Bernilai nol.
Barang Berlebih: adalah barang yang tidak tercatat / belum tercatat dalam buku inventaris. Barang berlebih biasanya adalah barang yang berasal dari sumbangan wali murid.
Barang Tidak Ditemukan: adalah barang yang terdata dalam buku tapi tidak ada barangnya, lakukan penelusuran terdahap barang tersebut.
Rekap barang rusak berat: setelah dilihat dan ditandai barang rusak berat pada KKI maka dipindah ke kolom ini. Barang yang berstatus rusak berat tidak boleh diperbaiki.
Barang bernilai nol: barang yang tercatat di buku inventaris namun belum ada nilai harganya, yang bisa menilai adalah ahli.
Barang ekstrakompatabel: adalah barang yang tercatat namun tidak masuk dalam neraca keuangan karena tergolong barang yang sudah terkapitalisasi.

Baca juga:


Hasil Catatanku
sosis, pengisian KKI
23/9/2019
@xxx

Print Out tidak dikumpulkan, simpan di sekolah sebagai dokumen arsip sensus 2019. Jika ada tim verifikasi atau pihak monitoring/pemeriksa bisa menunjukan dokumen yang lengkap.

Yang dikumpulkan softcopy, satu folder satu sekolah.

----------------------
***************
Kabid P2ad bppkad,

perda 15 tahun 2015,
perbub 42 tahun 2019 juknis sensus bmd,

-----------------------
***************
Tim Aset Dinas Pendidikan

nilai ekonomis laptop, 5 tahun.

status tanah: pemda/non pemda. 
opd: diganti pd:
Lokasi: ditulis selengkap mungkin., alamat jalan. bukan hanya nama sekolah.
Tanda kepemilikan: tanda milik biasanya da plang. SHP No. 00031,

Hasil verifikasi dikosongi dulu.
kolom keterangan deibri keterangan pendukung

Barang bisa pinda ruangan boleh berbeda, namun nama ruangan/pengkodean ruangan harus konsisten sesuai denah yang sudah dibuat.

Meja kursi siswa,  adalah masalah klasik, karena sering dipindah sana sini, dan untuk barnag yang labelnya sudah tidak ada,  tulisakan tidak ada. kemudian. ada.

Spesifikasi, sesuai atau tidak. misal nama merek benar, isikan sesuai.
Contoh kasus misal ada printer merk canon. sebelumnya tertulis sebagai 1p2770. 2016. tetapi setelah dicek, ternyata merek  printer salah ketik. kemudian di tulis merk yang benar.

ditemukan barang yang ada di catatan tapi tidak ada barangnya.

kalau barang tidak ada, keberadaan barang tidak ada. maka laporakan ke tim penelusur yang telah di buat.

pipet,
2018 pompa air, mati. di rbkan saja. barang-barang yng rusak bertat, akan dilakukan pemusnahan.

barang berlebih misalnya: ada barang ada fisiknya tapi belum tercatat di kib, maka masukan ke barang berlebih. bukan barang penetapan status/barang usulan belanja modal.

misalkan ada reskuker, guru urunan tuku reskuker maka dibuat berita acara serah terimanya. maka dimasukan barang berlebih.
misal lagi dapat hibah kulkas dari komite,

barang berlebih diisi bukan merupakan usulan belanja modal. karena kolomya sudah berbeda.

barang rusak berat. 
barang yang rusak berat. bukan barang yang tadina sudah rusak berat.

kib, c, gak boleh rusak brat. luas lantai dihitung jatuhnya air. luas tanah adalah peresepsi luas tanah untuk bangun gedung. namun yng dimaksud adalah luas tanah, jika luas tanah di isi sama.

Tanda kepemilikan bisa berwujud sebagai label gedung.lengkapi dengan denah dan foto. prin
----------------------

PENUTUP
Demikianlah yang bisa saya share tentang pengisian Kertas Kerja Inventris BMD. Masih banyak kekurangan dalam postingan ini, koreksi dan masukan dipersilahkan. Kerja sama tim sesnsus sangat diperlukan untuk pengisian KKI, tetap semangat dan jaga kesehatan. Atas perhatianya kami mengucapkan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGISI KERTAS KERJA INVENTARIS (KKI)"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. 1X share dari Anda sangat berarti bagi kemajuan blog ini.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel