Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TARIK PD DAPODIK 2020

Tarik PD Dapodik 2020 online merupakan fitur sistem dapodik untuk menambahkan siswa baru atau siswa pindahan. PD adalah singatan dari Peserta Didik atau diartikan siswa. Bagaimana cara tarik PD online pada dapodik 2020? 
Cara tarik PD dapodik versi 2020


  1. Login ke alamat website manajemen dapodik https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Login menggunakan username dan password operator dapodik terbaru
  3. Setelah berhasil login klik pada menu "KELOLA DATA POKOK"
  4. Kemudian masuk pada tab "PESERTA DIDIK"
  5. Pilih "TAMBAH PESERTA DIDIK"
  6. Lanjut ke tab menu "PESERTA DIDIK BARU" dan isikan:. Sumber Data: Tarik PD Dapodik. Provinsi: Jelas. Kabupaten/Kota: Jelas. Kecamatan: Jelas. Sekolah Asal: Isikan asal TK. Tahun Lulus: 2019.
  7. Kemudian Klik "TAMPILKAN"
  8. Setelah itu jangan lupa dan jangan salah untuk mengisi Rombel Tujuan.
  9. Pilih nama siswa dengan meberikan centang. Anda bisa mencetang lebih dari satu jika ada siswa lain yang sama-sama bersekolah di TK tersebut. 
  10. Setelah memastikan tidak salah memililih siswa, lanjut "SIMPAN"
  11. Akan ada jendela konfirmasi tambah siwa, jika Anda masih ragu akan siswa yang dipilih, klik "BATAL" namun jika sudah yakin klik "LANJUT"
  12. Muncul notifikasi Peserta didik baru berhasil ditambahkan. Agar bisa masuk ke aplikasi Dapodik yang terinstal di sekolah, maka harus melakukan sinkronisasi. Anda bisa langsung melakukan sinkronisasi karena proses ini realtime.
  13. Setelah berhasil sinkron maka data siswa telah masuk ke aplikasi dapodik sekolah. Selanjutnya adalah mengisi Nomor Induk Siswa dan Tanggal Masuk PPDB, pilih menu Peserta Didik --- Klik Pada Siswa --- Registrasi. Jika data siswa belum tampil silahkan lakukan refresh CTRL + F5. 
  14. Lanjutkan untuk melengkapi dan mungkin memperbaiki kelengkapan data siswa, cocokan dengan formulir dapodik dan dokumen bukti fisik.

Itulah cara tarik PD untuk siswa baru, dan untuk siswa pindahan atau mutasi caranya hampir sama, yang perlu digaris bawahi jangan sampai salah rombel. Karena untuk mengeditnya cukup ribet.
Catatan:
Untuk bisa melakukan tarik PD sekolah harus sudah terlebih dahulu membuat rombel dan melakukan sinkronisasi. Agar bisa sinkron, rombel juga harus diisi minimal 1 peserta didik, silahkan input siswa manual yang tidak dari TK atau TK yang tidak terdata dalam dapo PAUD.

Baca juga: Yang perlu di ketahui dalam tambah siswa baru di dapodik

Demikianlah cara tarik PD di aplikasi dapodik 2020, jika ada pertanyaan atau ada yang belum lengkap bisa ditambahkan lewat kotak komentar.

Posting Komentar untuk "CARA TARIK PD DAPODIK 2020"