Senin, 03 Juni 2019

DOWNLOAD KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) UPDATE TERBARU

Pada kesempatan ini tasadmin.id akan share kalender pendidikan atau yang sering disebut dengan kaldik, yang terbaru dan terupdate. Dengan harapan teman-teman tenaga administrasi maupun guru mudah mendownload file kaldik.

download pedoman kalender pendidikan terbaru dinas pendidikan provinsi

Kalender pendidikan (kaldik) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Ingat ya... kalender pendidikan bukan untuk dilihat mana dan berapa tanggal merahnya dalam satu bulan hehehe. Secara umum memang kalau saya amati untuk mengetahui kapan libur, mulai tahun ajaran baru, jadwal tes / ujian, dan penerimaan raport. Juga pada awal tahun pelajaran diperlakukan untuk membuat dokumen kurikulum. Bagi guru kaldik digunakan juga untuk membuat Prota dan Prosem.


Siapa yang membuat harus kalender pendidikan? Masing-masing sekolah haruslah membuat kalender pendidikan yang pedomannya dari dinas pendidikan provinsi. Masing-masing daerah provinsi mempunyai pedoman sendiri dalam hal kalender pendidikan. Pasti kita pernah menemukan di daerah A sudah libur sekolah sedangkan di daerah B masih kegiatan penilaian / tes. 


Untuk mendownload kalender pendidikan terbaru dan terupdate rekan-rekan bisa mengunjungi website dinas pendidikan provinsi. Karena fungsi dari sebuah website untuk mempublikasikan dokumen pedoman peraturan terbaru supaya lebih cepat dan dijangkau oleh yang memerlukan dalam hal ini sekolah-sekolah. Sebelum tahun ajaran baru admin website dinas mengupload file kaldik. Karena merupakan website milik pemerintah, dinas pendidikan provinsi menggunakan domain atau akhirnya .go.id (dibaca dot go dot id). Untuk mempermudah melakukan pencarian di google gunakan kata kunci menggunakan .go.id  misal dinas pendidikan provinsi jateng go.id  


Format kalender pendidikan yang dishare biasanya dalam bentuk file .pdf  Sekolah biasanya memerlukan format ms word .doc untuk kepentingan copy paste. Namun jika file pdf kaldik merupakan hasil scanner maka tidak bisa di konvert ke pdf. Sebelum mudahnya berbagai file dulu untuk pedoman kalender pendidikan dibagikan dalam bentuk cetakan. Sekolah sekolah kemudian memfotocopy bagian kalendernya saja untuk diperbanyak dan dibagikan kepada Guru-guru.

Dafar Alamat Dinas Pendidikan Provinsi. Seperti apa yang saya disampaikan di atas kita bisa menggunakan google untuk pencarian. Dan berikut beberapa alamat yang bisa kami share;

1. Jawa Tengah : http://www.pdkjateng.go.id/main/read/6/sekretariat/1246/pedoman-penyusunan-kalender-pendidikan-tp-20192020
2. Jawa Timur : http://dindik.jatimprov.go.id/static/98/kalender-pendidikan.html
3. Jawa Barat : http://disdik.jabarprov.go.id/
4. Kepulauan Riau: https://disdik.kepriprov.go.id/kalender-pendidikan-2019-2020-hasil-rakor-disdik-2019.php
5. Sumatera Barat : https://disdik.sumbarprov.go.id/halaman-utama/kalender-pendidikan-tp-2019-2020.html
6. Daerah Istimewa Yogyakarta : http://dikpora.jogjaprov.go.id/web/halaman/detail/kalender-pendidikan-diy
7. Bali : https://www.bulelengkab.go.id/pengumuman/kalender-pendidikan-provinsi-bali-th-20192020-52
8. Kalimantan Tengah
9. dst

Demikianlah tentang kalender pendidikan untuk memberikan pedoman kepada Satuan Pendidikan baik negeri maupun swasta dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama Tahun Pelajaran yang sedang/akan berlangsung  serta untuk mewujudkan efektivitas proses pembelajaran seluruh satuan pendidikan SD/ SMP / SMA / SMK.

Menjadi salah satu bagian di pendidikan (dunia sekolah) menjadi kebanggaan tersendiri.

Tampilkan Komentar / Diskusi