Aplikasi Raport PAUD Kurikulum Merdeka Format Excel dan Panduan Lengkap

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar sahabat GTK, semoga sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin mencoba berbagi informasi mengenai aplikasi raport untuk jenjang PAUD Kurikulum Merdeka berbasis file excel.

Raport/Raport PAUD disebut juga dengan istilah buku Laporan Capaian Pembelajaran Anak (LCPA) PAUD.

Aplikasi Raport PAUD Kurikulum Merdeka
Aplikasi Raport PAUD Kurikulum Merdeka

Dengan aplikasi ini dapat mempermudah dan mempercepat Bunda PAUD dalam menyusun dan mencetak rapor. Karena saya tidak paham dan bukan kapasitasnya untuk membahas bagaimana Asesmen dan pelaporan hasil belajar di PAUD, kita langsung saja ke teknis penggunaan aplikasinya.

A. Aplikasi Raport PAUD Kurikulum Merdeka Format Excel

Aplikasi raport PAUD Kurikulum Merdeka format excel ini dikembangkan oleh PAUD.ID. Bunda bisa mengunjungi situs resminya dan belajar di sana karena fokus mebahas tentang jenjang PAUD.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa sheet, cukup masukan data dan nanti saat cetak tinggal memasukan nomor absenya saja maka sudah otomatis. Kerennya aplikasi ini dibagikan secara cuma-cuma alias gratis.

Agar lebih jelasnya saya akan coba berbagi tutorial lengkap cara penggunaan aplikasi ini.

B. Cara Menggunakan Aplikasi Raport PAUD.id

1. Karena aplikasi ini berbasis Microsoft Excel pastikan laptop Bunda PAUD sudah terinstal, disarankan menggunakan versi terbaru. Usahakan fokus pada satu laptop saja karena perbedaan versi excel bisa membuat error aplikasi tidak berjalan semestinya.

2. Download file aplikasinya langsung di web paud.id atau sudah saya lampirkan di bagian download di bawah.

download raport paud id

3. Setelah itu ekstrak dulu dari format .(ZIP) dengan cara "klik Kanan" --- "Extrac all" --- "Extrac"

Ekstrak aplikasi raport paud
5. Pastikan Bunda PAUD membuka aplikasi APLIKASI RAPOR PAUD JATENG KURIKULUM MERDEKA.xlsx yang sudah di dalam folder seperti yang kami tampilkan dibawah ini.
File Aplikasi Raport PAUD Jateng Kurikulum Merdeka xlsx

6. Sampai langkah ini sebelum melanjutkan silahkan instal dulu file 4 font tff yang sudah disediakan dalam paket aplikasi ini. Gunanya agar bentuk tulisanya menjadi bagus dan unik, tapi menurt kami ini hanya pilihan saja. Caranya "klik kanan" --- "Instal"


7. Jika Bunda berhasil menginstal fontnya maka pada aplikasi akan muncul piliha jenis huruf  "Balsamiq Sans"
font balsamiq sans

8. Ketika pertama kali membuka file aplikasi jangan lupa untuk mengklik "Enable editing"
Enable Editing Raport PAUD

9. Isikan data identias sekolah pada sheet berwarna merah "IDENTITAS SEKOLAH". Identitas sekolah ini nantinya juga akan di cetak/di print sebagai kelengkapan buku Laporan Capaian Pembelajaran Anak (LCPA) PAUD.
Identitas sekolah rapor paud

9. Isi data Anak pada sheet bewarna kuning "DATA ANAK"
isi data anak rapor paud

10. Isikan data hasil asesmen di sheet "Data Rapor"
ISI DATA RAPORT PAUD

11. Setelah semua data Anak dan data Rapor selesai dimasukan saatny lanjut ke langkah cetak yaitu Cover, Identitas Sekolah, Data Diri Anak, Rapor Anak, dan Kelengkapan Mutasi Pindah Masuk. Di sini Ayah / Bunda PAUD cukup memasukan nomor urut data / absenya saja maka sudah otomatis.
memasukan nomor aplikasi rapor paud

12. Pada aplikasi ini juga sudah disematkan foto Anak muncul otomatis pada cetak "Data Diri Anak" Namun apabila ingin ditempel manual ganti saja dengan kota kosong dengan cara "Insert" --- "Shapes" --- pilih yang kotak, dan sesuaikan warna dan lebarnya tidak terlalu tebal. Hal ini juga solusi karena tidak semua PAUD memiliki pinter yang bagus.

foto anak aplikasi rapor paud

13. Selanjutnya untuk bagian cetak Rapor, Bunda perlu cek satu persatu sebelum print, apakah ada paragraf belum tampil semua. Jika ada yang terpoting sesuaikan lebar baris dengan cara klik tahan geser, pada bagian yang saya tunjukan di bawah ini.

bagian cetak rapor paud
14. Namun jiga tidak mau geser-geser bisa menggunakan file microsoft word yang telah di sediakan dalam paket aplikasi ini.
file word rapot paud otomatis

15. Agar file raport format word ini bisa berfungsi Ayah Bunda perlu menyesuikan mailing nya, select form "DATA RAPOR" pilih "Yes"
database raport paud

16. Kemudian cari file excelnya
file excel rapor paud

17. Agar datanya bisa tampil, Ayah/Bunda perlu mengklik menu "MAILINGS" --- "Preview Resulst" Gunakan tombol anak panah untuk berganti data.
mailings rapor paud.png

Bagimana mudah bukan?

C. Download Aplikasi Raport PAUD Otomatis Paket Lengkap

Kini tibalah saatnya saya bagikan link downloadnya agar bisa segera di praktikan, saya berikan link unduhanya di akhir agar Ayah/Bunda punya gambaran tentang aplikasi ini.
No Nama File Unduh
1 Aplikasi Rapor PAUD Kurikulum Merdeka Otomatis Download
2 Juknis Format Rapor PAUD Download
3 Kumpulan Buku Panduan PAUD Kurikulum Merdeka Download
4 Kelengkapan Keterangan PINDAH Download

Keterangan: Apabila ada link download yang error, coba kunjungi langsung paud.id atau beri tahu kami melaui kotak komentar.

D. Penutup

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang aplikasi raport PAUD Kurikulum Merdeka Format Excel disertai panduan lengkapnya.

Apabila ada yang masih bingung bisa ditanyakan melaui kotak komentar yang tersedia di bawah ini.

Kalau Ayah Bunda merasa panduan penggunaan aplikasi ini bermanfaat jangan lupa juga membagikanya ke rekan-rekan.

Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Sumber: https://www.paud.id/
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar