Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU PANDUAN KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD LENGKAP

Pada bulan Februari Tahun 2022 Kemendikbudristek telah meluncurkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini sebelumnya disebut kurikulum prototype, kurikulum paradigma baru dan diterapkan pada sekolah penggerak.

Pada postingan ini saya akan berbagi kepada Bunda Guru PAUD tentang Buku Panduan Kurikulum PAUD Tahun 2022. Karena sudah diluncurkan menggunakan nama Kurikulum Merdeka, kita gunakan saja sebut saja Buku Panduan Kurkulum Merdeka jenjang PAUD.

Buku Panduan Kurikulum Merdeka PAUD
Buku Panduan Kurikulum Merdeka PAUD

Setelah diluncurkan secara resmi, Kemendikbudrisetek juga meluncurkan program Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri. TK/PAUD yang tidak mengikuti program sekolah penggerak bisa menerapkan kurikulum merdeka secara mandiri.

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD menyajikan kerangka dasar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru (Kurikulum Merdeka)

Buku ini membantu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru (Kurikulum Merdeka)

Sasaran pembaca utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD. Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/ kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Buku ini merupakan buku pertama dari serangkaian buku panduan guru lain. Sebagai buku pertama, buku ini memuat konsep dan kerangka besar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru yang mendukung konsep-konsep di buku panduan lain. 

Buku ini terdiri dari empat bab. Bab pertama membahas tentang karakteristik-karakteristik khusus struktur kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Pada struktur kurikulum, terjadi perubahan jam belajar dari minimal 900 menit/minggu menjadi minimal 1050 menit/minggu.

Bab kedua membahas tentang bagaimana satuan PAUD menerjemahkan kurikulum menjadi Kurikulum Operasional Sekolah dan rancangan pembelajaran harian. Kurikulum operasional sekolah adalah kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, satuan pendidikan (misal satuan PAUD) memiliki otonomi untuk menentukan kurikulum operasionalnya sendiri dengan mempertimbangkan karakteristik lingkungan satuan PAUD tetapi dengan tetap mengacu pada struktur minimum kurikulum yang ditetapkan pemerintah.

Bab ketiga membahas bagaimana guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna bagi anak. Pembelajaran yang berakar pada konteks daerah, budaya, dan bahasa yang dekat dengan kehidupan anak akan melahirkan pembelajaran bermakna dan meningkatkan bentuk partisipasi keluarga dan masyarakat. Pembelajaran yang bermakna dan melibatkan keluarga serta masyarakat ini akan mendukung semakin besarnya peluang membangun Capaian Pembelajaran anak secara holistik dan berkelanjutan karena dibangun dalam sebuah program pembelajaran di lembaga dan dilanjutkan di lingkungan keluarga dan masyarakat melalui pembiasaan, aktivitas rutin di rumah dan teladan orang dewasa di sekitar anak.

Bab keempat membahas asesmen otentik sebagai lanjutan dari implementasi pembelajaran dan memberi pijakan bagi perencanaan selanjutnya.


Asesmen terjadi ketika ada proses pemaknaan akan sebuah peristiwa atau interpretasi terhadap sebuah data dokumentasi.

Banyak teori asesmen menuliskan fungsi asesmen, mulai dari yang kalimatnya pendek dan mudah dipahami, sampai yang panjang dan penuh kata-kata sulit.

Beberapa fungsi asesmen sebagai berikut:

1. Memberi informasi penting yang diharapkan oleh orang tua: anak belajar sesuatu!

2. Memberi informasi yang bermanfaat bagi guru: Pijakan untuk merencanakan pembelajaran berikutnya.

Agar Anda lebih jelas, silahkan langsung saja unduh filenya melaui tautan dibawah ini.



[ Unduh: Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran ]

Untuk menambah pemahaman Bunda tentang kurikulum merdeka pada jenjang PAUD silahkan unduh juga (Untuk mendownload / mengunduhnya klik pada judul buku) :

1. Buku Panduan Guru Belajar Bermain Berbasis Buku 

2. Buku Panduan Guru pembelajaran Elemen Jati Diri 

3. Buku Panduan Guru Literasi dan STEAM 

4. Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Keterangan: Bila ada link via google drive yang error tidak bisa di download silahkan beri tahu melalui kotak komentar agar bisa di perbaiki. 

Demikianlah yang bisa kami sajikan tentang Buku Panduan Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD Lengkap. 

Salam Merdeka Belajar!

Jika dirasa bermanfaat, bagikan juga ke rekan Bunda PAUD, melalui tombol dibawah ini.

Terima kasih.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar untuk " BUKU PANDUAN KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD LENGKAP"

Sahabat GTK