Aplikasi Raport Excel dilengkapi Fitur Tarik Data Web Service Dapodik

Daftar Isi

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo Sahabat GTK, salam sehat dan bahagia.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi informasi sebuah aplikasi berasis excel yang cukup keren yaitu Aplikasi Raport Excel Macro yang dilengkapi dengan fitur tarik data web service Dapodik.

Aplikasi raport menjadi aplikasi yang dicari-cari oleh Bapak/Ibu Guru dalam mencetak raport terlebih bagi yang sudah menggunakan kurikulum merdeka.


Aplikasi Raport Excel Tarik Data Dapodik
Aplikasi Raport Excel Fitur Tarik Data Webservice Dapodik

Aplikasi raport dibutuhkan dalam mengolah dan mencetak raport atau laporan hasil berlajar siswa yang perlu diserahkan ke Orang Tua/Wali Murid di setiap semester.

Kemendikbud sendiri juga sudah menyediakan aplikasi erapor berbasis web yang juga bisa mengambil data dari Dapodik, namun aplikasi tersebut juga masih sebatas aplikasi cetak saja belum ada fitur untuk mengolah nilainya.

Dari semua aplikasi raport berbasis excel yang pernah saya temukan, aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang sangat baik, baik dari segi tampilan, fungsinya, dan hasil cetakan yang rapi.

Pengembang aplikasi ini nampaknya bukan GTK biasa, namun memiliki kemampuan koding programig. Karena dibuktikan dengan adanya fitur tarik data web service yang disematkan pada aplikasi ini. 

Fitur Aplikasi Raport Excel Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Danie Lung

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi raport versi Danie Lung, eh tepatnya sedikit riview saja, kalau panduan nanti cukup panjang juga. Walupun sebenarnya juga sudah disediakan videonya.

1. Download aplikasinya, pastikan mendapatkan versi terbaru langsung kunjungi web/blog resminya, linknya sama sematkan di sumber postingan.

Download Aplikasi Raport Danie Lung

2. Buka filenya RAPOR 2023 v1.0.xlsm 

rapor 2023 danie lung

3. "Enable editing"

enable editing raport danie lung

4. Macros have been disable pilih "Enable Content"


5. Klik tanda tanya ( ? ) untuk informasi pengisian aplikasi, disediakan petunjuk pengisian dalam bentuk coment yang akan muncul otomatis ketika di klik.


6. Pilih Kurikulum Merdeka / Kurikulum 2013 di sini, fitur yang tak kalah keren adalah custom ribbonya bisa menyesuikan menunya ketika pilihan kurikulum yang berbeda.

pilih kurikulum merdeka

7. Tata letak menu fitur yang sederhana namun tetap rapi dan funsional. UI & UX nya dapet lah..

tata letak menu yang rapi sederhana

8. Terdapat fitur Tarik Data Dari Dapodik menggunakan metode web service, lihat token di aplikasi Dapodik. Teknologi web service sendiri merupakan sebuah aplikasi terintegrasi yang terdiri atas perangkat lunak (software) dan juga basis data (database) yang dapat bertukar data dengan mudah.

tata letak menu yang rapi sederhana

9. Hasil cetak raport yang rapi


10. Bisa untuk 3 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

memasukan nama dan deskripsi projek p5

11. Memasukan Dimensi dan Capaian Projek/Proyek. Jika sampai sini Anda masih bingung silahkan baca postingan sebelumnya:  RAPORT PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA

masukan dimensi capaian pojek p5

12. Memasukan penilaian tindakan sesuai harapan dan tujuan. Disini Anda cukup klik saja maka akan otomatis muncul centang. Namun Ibu/Bapak perlu mengaktifkan menu "Edit Mode"

memasukan nilai p5

13. Input catatan proses P5.  Catatan proses cukup satu paragraf singkat yang menggambarkan proses yang paling berkembang dan proses yang masih perlu mendapat perhatian individual peserta didik.

input catatan proses p5

14. Rekap Nilai otomatis menyesuikan jumlah siswa.

15. Fitur Cetak Raport P5, Anda tinggal memilih nama siswanya atau gunakan tombol anak panah untuk berganti nomor absen.

fitur cetak raport p5

16. Terdapat fitur cetak ke PDF otomatis, file akan tersimpan satu folder dimana file aplikasi raport tersimpan dengan nama file sesuai nama siswa.

cetak raport p5 pdf

17. Dilengkapi fitur cetak banyak otomatis, misalnya Anda ingin mencetak raport dari nomor absen 1 sampai 7 dengan satu klik. Lihat tutorial: Cara Membuat Tombol Print Macro Dari Nomor Sampai Nomor pada Aplikasi Excel

fitur cetak langsung banyak

18. Pada aplikasi ini ada menu impor data yang digunakan untuk import data dari aplikasi rapor bebelumnya yang kita pakai. Ketika ada update versi aplikasi kita tak perlu copy paste ulang secara manual.

menu impor raport excel

19. Disematkan pula rumus formula deskripsi randomize untuk mensetting acak deskripsi nilai tinggi dan rendah, jika ada semua nilai sama pada tiap capaian pembelajaran (Tujuan Pembelajaran TP). Pelajari: Cara Membuat Nilai Deskripsi Raport Kurikulum Merdeka

nilai tp rapor sama

20. Ada fitur Footer otomatis, ini untuk menandakan agar raport tidak tercampur dengan semester sebelumnya. Selengkapnya: 7 Tips Cetak / Print Raport Excel Tidak Terpotong dan Rapi

footer rapor otomatis

Mungkin itu saja informasi tentang aplikasi berbasis excel vba macro yang fitur-fiturnya menurut saya pribadi cukup mengagumkan simple, fitur lengkap, dan menggunakan teknologi tarik data web service yang ada pada aplikasi Dapodik.

Download langsung Aplikasi Raport ini ke sumbernya: https://opekotabotim.blogspot.com/2023/05/aplikasi-rapor-dengan-panduan.html

Oh iya ada yang terlewatkan, aplikasi ini dapat digunakan untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.

Lebih jelasnya bisa lihat videonya langsung berikut ini:



Solusi Error Aplikasi Raport Excel Danie Lung

Dalam penerapannya, karena digunakan oleh banyak pengguna yang bermacam-macam kondisi baik dari itu dari versi excel, maupun pengaturannya muncul pesan error yang mungkin muncul. Diantaranya sebagai berikut:

1. Run-time 1004: Programmatic access to Visual Basic Project is not trusted.

raport excel run time error visual basic not trusted


Jika error seperti ini maka  solusinya: Buka Excel kosong. Klik menu  "File" --- "Options"  -- "Trust Center" --- "Trust Center Settings" --- "Macro Settings". Beri centang "Trust access to the VBA project object model."

trust access to VBA project object model

2. Error J-SON

Ketika import data / tarik data dari dapodik muncul pesan error "Error J-SON". Solusikanya pastikan NPSN pada data menu awal sudah diisi.

Bila Ada pertanyaan tentang aplikasi ini bisa di kolom komentar, bila bisa saya jawab saya jawab, kalau tidak bisa kita diskusikan.

Gabung di Grup WhatsApp [ Di Sini ] ( Bukan Grup Resmi Pengembang Aplikasi )

Demikian untuk postingan kali ini, belum bisa banyak-banyak karena saya juga baru mendapatkan aplikasinya, namun semoga informasi ini bermanfaat.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber: https://opekotabotim.blogspot.com/2023/05/aplikasi-rapor-dengan-panduan.html

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar