Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Excel)

Assalamulaikum Wr. Wb.

Halo apa kabar Bapak/Ibu Guru Hebat, Luar Biasa semangatnya...

Mohon izin untuk berbagi informasi mengenai Aplikasi Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  berbasis excel untuk Sekolah Penggerak ataupun untuk Kurikulum Merdeka.

Aplikasi Raport Projek Profil Pelajar Pancasila Excel
Aplikasi Raport Projek Profil Pelajar Pancasila Excel

Kurikulum Merdeka telah resmi diluncurkan, dan beberapa sekolah mengikuti program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang lebih dahulu diterapkan di Sekolah Penggerak.

Selain Raport nilai biasa, pada Kurikulum Merdeka terdapat raport tambahan yang diberikan di akhir tahun Ajaran yaitu Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Aplikasi yang akan saya posting ini merupakan sebuah karya inovasi dari Ibu Ayu Candra Astari. Beliau adalah guru yang hebat, merupakan seorang instruktur Program Sekolah penggerak (PSP).

Aplikasi Penilaian Proyek ini bisa digunakan untuk Penilaian Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA baik dari Fase A sampai E pada Program Sekolah Penggerak, atau untuk selanjutnya digunakan untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Dasar penyusunan aplikasi ini adalah Kepmendikbudristek No. 56/M/2022 dan Keputusan KBTSAP No.009/H/KR/2022


A. Panduan Aplikasi Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Excel)

Karena berbasis excel yang sudah tentu familiar atau sering Bapak/Ibu Guru gunakan, ini akan memudahkan dan tidak ribet seting ini itu. Selain itu aplikasi ini ukuran file kecil dan ringan, serta dapat dibuka di Microsoft Excel versi 2010, 2013, 2016, dan 2019.

Berikut ini saya coba bagikan tutorial atau panduan praktisnya. 

1. Buka file aplikasi "RAPOR PROYEK 3 KEGIATAN"

2. Aktifkan "Enable Editing", lakukan juga "Enable Content" macros.

Enable Editing Raport Projek Pelajar Pancasila

3. Akan ditampilkan Menu Utama Aplikasi, terdapat tombol-tombol yang akan mengarah ke lembar kerja atau isian yang harus diisi seperti "Identitas Sekolah", "Data Siswa", "Deskripsi Proyek", "Proyek 1", "Proyek 2", "Proyek 3", "Catatan Proses", "Rapor Proyek", "Profil Pengembang"

sheet menu aplikasi raport projek pelajar pancasila


4. Sheet "Identitas Sekolah" digunakan untuk mengisikan data sekolah, guru, kepala sekolah, kelas, tahun pelajaran. Disini Anda juge perlu menuliskan Judul Projek yang dilakukan di sekolah dalam satu tahun. Untuk pengisian NIP jika tidak menggunakan spasi, beri tanda  (') petik satu.

judul projek pelajar pancasila

5.Isikan data siswa di sheet "Data Siswa", di raport projek pelajar pancasila tidak memerlukan data profil sekolah yang lengkap.

data siswa raport projek pelajar pancasila

6. Pada sheet "Deskripsi Projek" tuliskan secara singkat tentang deskripsi proyek yang dilakukan di sekolah anda pada tempat yang tersedia. Isikan sesuai dengan jumlah proyek yang anda lakukan selama 1 tahun pelajaran. 

Deskripsi Projek Raport Pelajar Pancasila

Di dalam aplikassi ini juga sudah diberikan contohnya.

CONTOH DESKRIPSI 1: Proyek ini adalah proyek pertama di kelas 10. Proyek ini diharapkan membangun dua dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni berkebhinekaan global dan bernalar kritis. Pada proyek ini, siswa belajar untuk membuka diri mengenal stigma dan stereotip yang ia punya terhadap orang yang baru dikenal, mengeksplorasi pengetahuan (dari segi hukum, kebijakan, juga norma sosial) dan mengenal lebih dekat keberagaman agama dan keyakinan di Indonesia, mereduksi prasangka, refleksi diri, dan bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata

CONTOH DESKRIPSI 2: Dalam proyek ini, siswa mengeksplorasi peristiwa sejarah Indonesia sejak Boedi Oetomo (1908) hingga pemilu pertama (1955) dalam bentuk papan permainan (Board Game). Proyek ini diharapkan membangun dimensi bergotong royong, mandiri, dan berkebhinekaan global. Proyek dibuka dengan mengumpulkan informasi batu-batu loncatan (milestones) pelajaran sejarah, mengeksplorasi berbagai macam bentuk board game, lalu merancang sebuah permainan yang bisa digunakan untuk membantu teman-teman seusianya mempelajari sejarah.

Bila Anda masih bingung silahkan pelajari dulu: Buku Panduan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA

7. Pada menu "Projek 1", Silahkan input data Proyek 1 sesuai dengan yang sudah diidentifikasi pada modul proyek Anda klik "INPUT DATA". Silahkan input penilaian akhir siswa tiap sub elemen sesuai dengan capaian per fasenya berdasarkan jurnal pendidik, portolio peserta didik, dll Klik "INPUT PENILAIAN".

Data Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

8. Selanjutnya mengisi Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Projek. Silahkan pilih dimensi, elemen dan sub elemen yang anda gunakan pada Proyek 1 Penguatan Profil Pelajar Pancasila secara berurutan dari Dimensi, Elemen dan Sub Elemen (dari kiri ke kanan). 

input dimensi, elemen, dan sub elemen projek

Jangan lupa pilih fase. Capaian Tiap Fase akan berubah otomatis, tidak perlu diubah.

9.Setelah itu Anda bisa melakukan Penilaian Projek. Untuk mengisi penilaianya  berikan tanda "V" pada salah satu kolom yang dicapai peserta didik pada capaian sub elemen per fase. Sesuaikan dengan rubrik penilaian dengan mempertimbangkan jurnal guru, portofolio siswa, dan lain sebagainya. 

penilaian projek pelajar pancasila

Catatan : Ketikkan huruf  V (kapital) sehingga terbaca pada bagian rapor.

Keterangan:

  • BB: Belum Berkembang (Siswa masih membutuhkan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan)
  • MB: Mulai Berkembang (Siswa mulai mengembangkan kemampuan namun masih belum ajek)
  • BSH: Berkembang Sesuai Harapan (Siswa telah mengembangkan kemampuan hingga berada dalam tahap ajek)
  • SB: Sangat Berkembang (Siswa mengembangkan kemampuannya melampaui harapan)

10. Isikan juga "Catatan Proses". Silahkan input catatan proses pelaksanaan proyek tiap siswa per proyek berdasarkan data observasi, catatan kaki, jurnal pendidik, portofolio peserta, dll.

catatan proses profil pelajar pancasila

CONTOH CATATAN PROSES 1: Dalam mengerjakan proyek ini, Didi aktif melibatkan diri dengan memberikan usulan tentang cara-cara untuk mengajak remaja lainnya membuka diri tentang agama dan keyakinan. Wawasan yang luas dan pengalamannya berada di tengah lingkungan yang beragam sangat membantu Didi dalam memberikan ide dan gagasan serta berkontribusi aktif dalam diskusi kelompok. Ia aktif memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing diskusi di kelompoknya, sehingga ia dan teman kelompoknya dapat merancang kampanye yang efektif. Dalam penegerjaan proyeknya pun, Didi tampak terbiasa untuk membantu teman yang kesulitan.

CONTOH CATATAN PROSES 2: Dalam mengerjakan projek ini, Didi mencoba untuk mengembangkan kemampuannya dalam bekerja dalam kelompok. Selama mengerjakan proyek ini Didi dapat fokus bekerja dan selalu berusaha untuk memberikan kontribusi pada kelompoknya. Namun ia masih perlu belajar lebih bertanggung jawab dan memenuhi komitmennya atas tugas-tugas yang ia emban, sehingga tidak menjadi hambatan bagi bergulirnya proses dalam kelompok. Dalam kelompok ini Didi merasa ia masih belum dapat bekerja sama dengan baik bersama kelompoknya. Didi pun menyampaikan bahwa ia  masih belajar untuk memahami teman-temannya dan menyesuaikan dirinya dalam kelompok.

11. Langkah terakhir setelah semua data penilaian diisi adalah "cetak raport" projek penguatan profil pelajar pancasila. Anda tinggal ketikan nomor urut Absen yang akan di cetak, maka akan otomatis mengikuti nomor urut absen. 

cetak raport projek pelajar pancasila


B. Profil Pengembang Aplikasi

Berikut ini adalah profil pengembang aplikasi projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis excel.


  • Nama : Ayu Chandra Astari, S.Pd., M.Pd.
  • Tempat/Tgl Lahir: Malang, 6 November 1985
  • Unit Kerja: SDN Oro-Oro Ombo 02
  • Kota : Kota Batu
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Jabatan: Guru Kelas
  • Pendidikan Terakhir: Magister Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas
  • LPTK: Universitas Negeri Malang
  • Handphone:
  • Email: ayuchandraastari@gmail.com 
  • Pengalaman: Instruktur Program Sekolah Penggerak Tahap I Tahun 2021, Narasumber Rumpun Kurikulum Bimtek Fasilitator Sekolah Penggerak Tahap 2 Tahun 2022

Terima kasih Bu Ayu, atas aplikasi karya inofatifnya... sangat bermanfaat...

C. Download Aplikasi Raport Projek Pelajar Pancasila

Bapak / Ibu Guru yang memerlukan aplikasi silahkan download langsung melaui folder google drive dari penyusun aplikasinya langsung. Sehinggga Anda bisa mendapatkan versi terbaru aplikasi.

[ Download / Unduh Aplikasi ]

Download juga:  APLIKASI RAPORT SEKOLAH PENGGERAK FORMAT EXCEL

D. Penutup

Demikianlah yang bisa saya bagikan informasi tentang Aplikasi Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Excel untuk Sekolah Penggerak maupun untuk Sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Bila dirasa informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan ke rekan Guru yang lain melaui tombol berbagi di bawah ini.

Mohon maaf jika dalam penyampaian ada kekeliruan karena keterbatasan pemahaman saya, mohon koreksinya melaui kotak komentar. Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

5 komentar untuk "Aplikasi Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Excel)"

  1. Maaf min aplikasi projek PPPP tidak ada menu untuk input catatan proses min. Tolong diperbaharui lagi donk min...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada pak, lihat point nomor 10 untuk cara input catatan proses

      Hapus
  2. Maaf min aplikasi projek PPPP tidak ada menu untuk input catatan proses min. Tolong diperbaharui lagi donk min...

    BalasHapus
  3. Terimakasih Min, In Shaa Allah Berkah..

    BalasHapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK