Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek September 2021

Kuota Internet atau Paket Data Internet merupakan hal yang dibutuhkan di era sekarang tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Memasuki awal tahun pelajaran 2021/2022, kondisi di Indonesia masih dalam dampak pandemi virus corona sehingga proses pembelajaran di sekolah masih dilakukan secara online / Daring.

Orang Tua / Wali Siswa yang kondisi ekonomi sedang terdampak tidak baik akan merasakan sulit untuk memenuhi kebutuhan kuota internet anaknya.
 
Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek September 2021
Bantuan Kuota Internet September, Oktober, November 2021


Hal inilah yang mungkin mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan bantuan kuota internet, yang tahun sebelumnya juga ada. Bantuan kuota internet ini diberikan  untuk Guru dan Siswa pada bulan September,  Oktober, November Tahun 2021.

Peresmian Bantuan Kuota Internet September 2021



Menurut pengamatan saya bantuan kuota internet ini kemungkinan juga untuk mendukung program lainya seperti Akun Belajar ID, Bantuan paket perangkat TIK, Asesmen Nasional  (AN), dll.

Adapun besar bantuan kuota Kemendikbudristek ini adalah
Besar Paket Bantuan Kuota Internet Kemdikbudristekdikti

* PD PAUD: 7 GB/bln
** PD SD, SMP: 10 GB/bln
*** Guru PAUD, SD, SMP: 12 GB/bln

 Untuk Mahasiswa dan Dosen medapatkan bantuan kuota Internet 15GB/Bulan


Lalu bagaimana sih cara mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemendikbudristekdikti?

Sebenarnya gak ribet, namun jangan sampai terkecoh dengan spam dan hoax, untuk itu akan kami jelaskan melalui tulisan ini.

👉 Pertama, pastikan Anda tahu website resmi bantuan kuota internet. Alamat website resmi pemerintah selalu berakhiran .go.id  (dibaca dot go dot id ). Dilaman ini Anda akan mendapatkan informasi lengkap dan akurat, alamat linknya adalah https://kuotabelajar.kemdikbud.go.id 
Web Resmi Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek


👉 Kedua, nomor HP harus aktif dan tidak dalam masa tenggang. Tentu saja ya nomor siswa harus aktif dan tidak dalam masa tenggang. Mungkin dari kita punya lebih dari satu nomor dan sering gonta ganti. Alangkah baiknya nomor yang kita daftarkan adalah nomor utama karena bantuan ini juga berlangsung untuk bulan berikutnya.  Bila belum siswa memilki hape sendiri bisa menggunakan nomor orang tua siswa bisa juga kakaknya.

👉 Ketiga, daftarkan nomor tersebut ke sekolah. Ya pendaftaran bantuan kuota internet hanya melalui sekolah, jadi kalau ada info atau link bukan dari sekolah dipastikan penipuan hoax, spam, dan phising.
hoax kuota bantuan internet

 Anda bisa menghubungi Guru / Wali kelas / Operator Sekolah  (tenaga administrasi) untuk menanyakan atau mengkonfirmasi nomor yang akan dikirim kuota internet. Namun perlu diperhatikan juga kadang pihak sekolah sudah menginformasikan, tapi tidak / belum sempat  Anda baca.
Daftar Bantuan Kuota Internet ke Sekolah

👉 Terakhir, tunggu bantuan kuota internet masuk ke  nomor HP Anda, biasanya akan ada SMS pemberitahuan. Jika tidak ada cek melalui aplikasi  tau dial *# sesuai operator (provider) yang Anda Gunakan. Bilamana tidak masuk jangan terburu-buru emosi, mungkin sedang dalam proses validasi dan verifikasi data ( Verval Ponsel )
sms bantuan kuota internet



Sebenarnya itu saja sih Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Bulan September, Oktober, November Tahun 2021

Oh iya, satu lagi... Namanya saja bantuan kuota belajar, jadi kuota ini untuk belajar sehingga memang tidak bisa dipakai untuk membuka semuanya, ada aplikasi dan situs yang diblokir. Sehingga mungkin akan terasa lemot, tidak bisa diakses, malah bisa jadi menyedot pulsa Anda.
Aplikasi yang diblokir bantuan kuota internet Kemdikbudristek

Aplikasi yang diblokir diantaranya:
1. Medsos: Badoo, Bigolive, Facebook, Instagram, Periscope, Pinterest, Snackvideo, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Vive, Vkontakte, YY
2. Game: 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of Kings, Clash Royale, Crisis Action, Fifa Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Lords Mobile : Battle of the Empires, Mobile Legends, PUBG, Roblox, Steam
3. Aplikasi: Dailymotion, JWPlayer, Likee, Netflix, QQVideo, Tiktok, TVUNetworks, Viu.

Gunakan bantuan kuota internet ini secara bijak ya..... #salam_merdeka_belajar... ☺
Bantu share, biar tidak termakan hoax... terima kasih... 

Sumber:
https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id
https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

2 komentar untuk "Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek September 2021"

  1. gimn cara z bsa dpt kuota gratis utk anak"yg sekolah.makasi banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftarkan saja nomor HP melaui sekolah, ikuti langkah2 pada artikel tersebut diatas

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.