Simulasi Cara Mengerjakan AKM Asesmen Nasional (AN) Tahun 2023

Daftar Isi

Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana  simulasi cara mengerjakan AKM Asesmen nasioal (AN) Tahun 2023 melaui simulasi secara online pada website https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/simulasi_akm  

Simulasi Cara Mengerjakan  AKM AN Tahun 2021
Simulasi Cara Mengerjakan  AKM - AN Tahun 2023

Aplikasi untuk AN dikenal dengan istilah Aplikasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat dengan Aplikasi ANKBK.

Lalu apa sih perbedaan antara AKM dengan AN? baca postingan sebelumnya di sini -  Inilah Perbedaan AKM dan Asesmen Nasional (AN)

Baik, kita langsung saja ya cara simulasi AKM melalui website Puspenjar Kemdikbud. Disarankan untuk menggunakan Laptop/Komputer.

1. Buka Website ANBK Pusmendik Kemdikbud https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/simulasi_akm kemudian pilih menu "AYO COBA AKM!" atau bisa langsung klik di sini  

AKM Puspenjar

2. Selanjutnya pilih materi "Literasi" / "Numerasi" --- "Jenjang" SD/SMP/SMA --- "Ok, Lanjutkan" 

pilih materi literasi numerasi jenjang

3. Setelah itu Anda akan dihadapkan dengan halaman login, dimana username dan passwordnya akan terisi otomatis oleh sistem, klik "Login" 

login simulasi ANKBK

4. Kemudian lanjut Konfirmasi data Peserta, untuk simulasi ini, isikan "Nama Peserta" --- "Tanggal Lahir" dan "Token". Token bisa dilihat dibagian pojok kiri atas, setelah itu "Submit" 

Token simulasi ANBK

5. Konfirmasi Tes, disini akan ditampilkan Nama Tes, Status Tes, Waktu Tes, dan Alokasi Waktu Tes. Pilih "Mulai"

konfirmasi tes ANBK


6. Disini Anda mulai menjawab soal, ada beberapa menu yaitu.

menjawab soal AKM Puspenjar

6.a. Ukuran Font soal untuk mengatur besar kecilnya huruf.

ukuran huruf akm

6.b. Sisa Waku untuk menampilkan sisa waktu mengerjakan AKM - AN.

Sisa Waktu AKM

6.c. Daftar soal untuk melihat jumlah soal, dan soal mana yang sudah dikerjakan. Tanda warna hitam = sudah dikerjakan, kuning = ragu-ragu, biru = sedang tampil, putih = belum dikerjakan.

Daftar Soal ANBK

7. Pada bagian bawah soal ada tombol berwarna merah untuk ke "soal sebelumnya", tombol warna biru untuk "soal berikutnya", dan tombol warna kuning jika jawaban masih ragu-ragu. Untuk jawaban ragu-ragu jangan lupa hilangkan centang kika sudah tidak ragu lagi. 

jawaban ragu-ragu ANBK

8. Jika Anda sudah selesai mengerjakan semua soal akan muncul konfirmasi TES. Tombol Merah "Selesai TES" dan Tombol  hijau "Kembali" (untuk kembali mengerjakan tes apabila masih ada sisa waktu")

Konfirmsi Tes ANBK

9. Apabila waktu sudah habis akan munul pemberitahuan Waktu tes sudah habis klik "Ok, Lanjutkan!" ---  "Selesai TES"

waktu sudah habis anbk

10. Setelah selesai akan tampil kunci jawaban dari simulasi AKM / AN.

tampil kunci simulasi anbk

11. Kunci jawaban dan hasil simulasi AKM AN dapat di "Download" dalam bentuk format .pdf

hasil simulasi akm an bisa download

Website untuk simulasi atau mencoba mengerjakan AKM ataupun ANBK ini sangat berguna bagi siswa khususnya untuk siswa jenjang SD, yang mana pasti masih banyak yang belum familiar dengan keboard atau pun mengoperasikan laptop.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia ini luas terdiri dari pulau-pulau, masih ada sekolah yang belum terbiasa dengan laptop, mengidupkan saja ada yang masih takut apalagi bagaimana cara mengetik huruf besar dan huruf kecil menggunakan keyboard. 

Kalau kendala teknis ini tidak diatasi maka tentu hasil Asesmen Nasional belum bisa maksimal untuk dijadikan protret pemetaan Literasi dan Numerasi siswa khususnya untuk jenjang SD.

Demikanlah tentang Simulasi Cara Mengerjakan AKM Asesmen Nasional (AN)  Tahun 2023 secara online melaui website https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/simulasi_akm

Semoga bermanfaat untuk Anda, dan adik-adik siswa atau peserta didik baik dari jenjang SD, SMP, dan SMK yang ingin mencoba atau berlatih AKM dan AN secara online.

Silahkan dibagikan, dan ajak teman-teman untuk silmulasi AKM secara online.

Terima kasih.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.
Comment Author Avatar
2 September 2021 pukul 09.20 Hapus
Maaf pak. Ini masuk ke link tapi ga masuk ya pak. Apakahdown ya..
Comment Author Avatar
2 September 2021 pukul 10.09 Hapus
Pagi ini server mengalami migrasi IP, jadi beberapa tidak bisa melakukan simulasi ANBK, pantau informasi ANBK melalui dasboard web ANBK