Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar PPPK Tahun 2021

Untuk lebih memahami bagaimana cara penggunaan LMS PPPK ayo guru belajar Tahun 2021.  Webiste LMS Calon Guru ASN PPPK tahun 2021 dapat diakses melaui link https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/. Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK merupakan fasilitas dari Kemendikbud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar PPPK Tahun 2021
Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar PPPK Tahun 2021

Postingan kali ini adalah lanjutan postingan sebelumnya tentang:  3 MANFAAT IKUT SERI BELAJAR PPPK DAN CARA DAFTARNYA TAHUN 2021

Platform LMS (Learning Manajemen Sistem) yang digunakan untu seri guru belajar PPPK adalah LMS Moodle , baiklah kita langsung saja

A. Bagian-Bagian LMS Guru Belajar PPPK

1. Dashboard - Menampilkan Dashboard Mapel yang diikuti

Dasboard LMS PPPK

2. Site home - Menampilkan tampilan depan LMS, akan terlihat mapel yang bisa diikuti.

Site home

3. My Cources PGSD - Untuk menuju fasilitasi belajar PPPK Mapel PGSD. 

My cources PGSD

4. Participants - Untuk mengetahui jumlah peserta yang mengikuti seri Guru Belajar PPPK sesuai mapel yang dipilih, disini contoh PGSD.

Participants LMS PPPK

5. Badges - Untuk melihat pin penghargaan yang kita dapat selama mengikuti fasilitasi PPPK.

Badges LMS PPPK

6. Competencies - Untuk melihat kompetensi yang harus dicapai oleh peserta fasilitasi belajar mandiri calon PPPK.

Comptencies Fasilitasi PPPK


B. Pendahuluan Fasilitasi PPPK 2021

Modul Belajar Mandiri yang diperuntukan bagi Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini merupakan salah satu alternatif bahan belajar mandiri dalam mempersiapkan seleksi guru PPPK.

Pendahuluan Fasilitasi PPPK

Calon guru PPPK dapat menggunakan bahan belajar lainnya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi. 

Modul ini berfungsi untuk me-refresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapat sebeumnnya, memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran, memamnfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan, dan lebih mempersiapkan dalam menghadapi seleksi calon guru PPPK.

Substansi materi yang disajikan pada pembelajaran ini adalah meliputi substansi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sesuai dengan bidang studinya masing-masing. 

Substansi materi yang ada dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan melalui proses kurasi dan penulisan yang bersumber dari beberapa modul yang telah dikembangkan oleh Dirjen GTK sebelumnya, diantaranya Modul Pendidikan profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan modul lainnya yang relevan. dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami mengembangkan dan me-refresh teori dan konsep pedagogi.


C. Format LMS Fasilitasi PPPK

Modul belajar mandiri bidang pendidikan Sekolah Dasar memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran yang berhubungan dengan pendidikan Sekolah Dasar.

Fasilitasi PGSD


Komponen pembelajaran yang ada di dalam modul Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat me-refresh kembali pengetahuan dan dengan mudah memahami kembali materi-materi esensial terkait Bahasa Indonesia, IPS, IPA, Matematika dan PPKn, sekaligus meningkatkan kompetensi yang berorientasi kepada keteramapilan berpikir tingkat tinggi.

LMS Fasisilatsi PPPK menggunakan LMS Moodle, dan berikut ini format aktivitas yang digunakan yaituPenilaian Diri, Pengantar, Bahan Belajar, Ruang Kolaborasi, Komunitas Belajar, Riviu Pembelajaran. Aktifvitas inidibagi menjadi beberapa topik yaitu Pembelajarn 1, Pembelajaran 2, Pembelajaran 4, Pembelajaran 4, dan Refleksi Pembelajaran

1. Penilaian Diri (questionnaire moodle)

Penilaian Diri Fasilitasi PPPK

2. Pengantar (page moodle)

page pengantar

3. Bahan Belajar ( lesson moodle)

Bahan Belajar LMS PPK

4. Ruang Kolaborasi ( forum moodle )

Ruang Kolaborasi Fasilitasi PPPK

5. Komunitas Belajar (forum moodle)

Komunitas Belajar Fasilitasi PPPK

6. Riviu ( quiz moodle )

rivieu fasilitasi PPPK nilai quiz

7. Refleksi Pembelajaran (oublog moodle)

Refleksi Pembelajaran Fasilitasi PPPK

D. Cara Menyelesaikan Aktivitas Fasilitasi LMS PPPK

1. Penilaian Diri

a. "Anser the question"

 

answer the questions

Selamat datang Bapak dan Ibu Calon Guru PPPK!

Mengawali kegiatan ini Anda diminta untuk melakukan refleksi diri untuk melihat sejauh mana pemahaman Anda mengenai kemampuan Pedagogi. Anda akan berdialog dengan diri sendiri, kemudian memberikan respon atas beberapa pernyataan yang disajikan.

Silahkan klik tombol Answer the question di bawah ini untuk melakukan penilaian diri.

b. "Submit questionnare"

Pilihlah salah satu skala berikut yang mencerminkan tingkat kemampuan yang Anda miliki terkait materi.

Pilih 1 apabila tidak mampu

Pilih 2 apabila kurang mampu

Pilih 3 apabila cukup mampu

Pilih 4 apabila mampu

Pilih 5 apabila sangat mampu


c. "Continue"


Selamat Anda telah melakukan penilaian diri. 

Silakan cermati hasil penilaian diri yang telah Anda lakukan. Hasil penilaian diri ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dan pengetahuan yang telah Anda capai terkait modul belajar mandiri yang akan dipelajari kali ini.

Berdasarkan hasil penilaian diri tersebut, Anda dapat melihat kekuatan Anda pada materi tertentu, dengan demikian diharapkan Anda dapat berbagi dengan peserta lain, sehingga dapat membantu peserta lain untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya. Aktivitas tersebut juga dapat memperkuat pemahaman dan pengetahuan Anda terkait materi.

Disamping itu, jika Anda menemukan kelemahan pada materi tertentu, Anda dapat menggali pemahaman dan pengetahuan dari peserta lain melalui ruang kolaborasi dan komunitas belajar untuk memperkuat pemahaman dan pengetahuan Anda.

 

2. Pengantar


Untuk halaman pengantar Anda cukup membaca saja, di sini akan ditapilkan Komptensi, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan Materi Pokok.

KOMPETENSI

Setelah mempelajari keseluruhan materi pada pembelajaran teori belajar ini, Anda diharapkan dapat menerapkan teori belajar dalam pembelajaran untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik agar membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi dalam pembelajaran teori belajar ini, Anda dapat:

Menjelaskan teori belajar behavioristik;

Menerapkan implikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran;

Menjelaskan teori belajar kognitif;

Menerapkan implikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran;

Menjelaskan teori belajar konstruktivistik;

Menerapkan implikasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran;

Menjelaskan teori belajar humanistik; dan

Menerapkan implikasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran.

MATERI POKOK

Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.

Teori Belajar Behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran.

Teori belajar Kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran.

Implikasi Teori Kognitif dalam Kegiatan Pembelajaran.

Teori belajar Konstruktivistik dan implikasinya dalam pembelajaran.

Teori belajar Humanistik dan implikasinya dalam pembelajaran.


2. Bahan Belajar


Mengapa Anda harus mempelajari materi ini?

Teori belajar merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menerapkan teori belajar dalam pembelajaran untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik agar membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi teori belajar behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran, teori belajar kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran, implikasi teori kognitif dalam kegiatan pembelajaran, teori belajar konstruktivistik dan implikasinya dalam pembelajaran, dan teori belajar humanistik dan implikasinya dalam pembelajaran dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Jika dirasa pemahaman Anda belum maksimal, jangan khawatir!

Anda dapat mengulang pembelajaran maupun reviu sesuai dengan kebutuhan.


a. "Tori Belajar"

b. "Bahan Paparan"

c. "Seberapa pahamkah Anda"

d. "Soal 1"

e. "Selesai"

Teori Belajar

f. 100% bahan belajar PPPK

100 pesen bahan belajar pppk

3. Ruang Kolaborasi. 

Belajar bersama dapat membantu Anda lebih cepat memahami materi. Anda bersama peserta lainnya dapat saling berbagi di dalam ruangan ini. 

Cermati artikel berikut!

Temukan poin-poin penting dalam artikel tersebut terkait teori belajar, dan diskusikanlah!

Klik tombol "Add new topic" untuk menambahkan diskusi baru, dan atau tombol reply untuk menanggapi topik diskusi yang sudah dibuat peserta lain.

add a new topic ruang kolaborasi pppk

Suject: Tulis Judul, Mesage: Tulis uraian yang akan disampaikan di forum. "Post to Forum": Untuk mengirimkan ke forum.


4. Komunitas Belajar.

komunitas belajar bebas topik


Kerja bagus, kini Anda sudah sampai kepada tahap yang lebih jauh. Anda telah mempelajari berbagai materi baik dari modul, paparan, dan media yang telah diberikan. Kini saatnya Anda berbagi pengalaman belajar Anda bersama dengan peserta lainnya di ruang ini. Ruang kolaborasi ini dapat dimanfaatkan untuk saling berdiskusi dengan topik yang bebas. 

Sebagai referensi topik apa  yang akan Anda bahas di ruang ini, berikut beberapa hal yang bisa Anda diskusikan. Anda tidak harus menjawab semua pertanyaan ini, tetapi jadikan pertanyaan ini sebagai penggali ide atau gagasan untuk berdiskusi.

Apa yang akan Anda pelajar lebih lanjut lagi terkait denga materi ini? 

Apakah Anda mempunyai pengalaman dalam menerapkan pembelajaran ini di pekerjaan Anda sehari-hari? 

Adakah gagasan atau ide yang berbeda dari Anda terkait dengan materi yang telah dipelajari? 

Apa kesulitan Anda di dalam mempelajari modul ini? 

Adakah tantangan yang bisa menghambat Anda di dalam menerapkan hal tersebut di masa mendatang? 

Adakah ide, pengalaman, gagasan lainnya yang perlu Anda sampaikan? 

Tuangkan gagasan apapun yang ada di pikiran Anda saat ini di dalam ruang diskusi ini. Anda akan menemukan berbagai gagasan dari peserta lainnya yang bisa Anda pelajari sebagai referensi atau penambah pengetahuan Anda. Tinggalkan juga komentar Anda terhadap gagasan dari peserta lainnya untuk saling membantu memahami dan membangun pengetahuan bersama. Selamat mencoba.


5. Riviu Pembelajaran

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda terkait materi. Kegiatan ini dapat Anda lakukan berkali-kali sampai dirasa Anda memperoleh hasil maksimal atas pembelajaran yang telah dilakukan.

Selamat mencoba!

a. "Attempt quiz now"

attempt quiz now seri belajar pppk

b. Isi kuis

isi quiz seri belajar pppk

c. "Finish attempt"

Finish attempt LMS PPPK

d. "Submit all and finish"

Jangan lupa ketika mengisi quiz untuk klik Submit all and finish agar nilainya muncul.

Submit all and finish LMS PPPK

e. Tampilan nilai kuis

nilai quiz lms pppk


6. Refleksi Pembelajaran. 

Tingkat ketercapaian kompetensi belum maksimal karena belum memahami pembelajaran Hots,pemahaman siswa yang rendah,kurang dukungan dari pihak orangtua karena faktor ekonomi

Yang saya peroleh dari lesson leard adalah saya biasa mengetahui pembelajaran dan penilaian Hots

Kesulitan yang saya dapat:kurang memahami isi modul karena terlalu banyak,banyak istilah-istilah asing yang belum saya pahami,gangguan jaringan di daerah saya

Manfaat dari materi yang saya pelajari yaitu:saya dapat memahami pembelajaran Hots walaupun belum semaksimal mungkin,bisa memperdalam materi-materi yang belum saya pelajari,bisa menerapkan pembelajaran Hots pada peserta didik saya karena saya belum menerapkan.

Materi pembelajaran yang menurut saya sangat menarik itu ada metode pembelajaran HOTS karena selama ini saya belum terlalu memahami n belum menerapkan kepada peserta didik saya


a. "New Blog post"

new blog post releksi LMS PPK

Refleksi Pembelajaran

Selamat, Anda sudah berada di akhir pembelajaran modul belajar mandiri.

Pada kegiatan ini Anda diminta untuk melakukan refleksi pembelajaran dengan menuangkan beberapa poin berikut.

Sejauh mana tingkat ketercapaian kompetensi materi yang telah Anda pelajari? Jelaskan!

Apa Lesson learn yang Anda peroleh selama mempelajari modul belajar mandiri ini?

Apa yang menjadi kesulitan dalam mempelajari modul belajar mandiri ini?

Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan materi yang disajikan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?

Pada bagian materi atau proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?

Refleksi yang Anda lakukan dapat menjadi inspirasi bagi peserta yang lainnya, begitupun sebaliknya. Anda juga dipersilahkan untuk memberikan komentar kepada hasil refleksi yang dituangkan oleh peserta lain.

Klik tombol New blog post untuk menuangkan hasil refleksi pembelajaran yang Anda lakukan!


b. "Add Post"

add post blog refleksi lms pppk

Tiitle: Judul

Mesagae: Pesan atau uraian yang akan disampaikan


Lihat juga: 5 Jenis Soal Tes pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

C. PENUTUP

Demikianlah yang bisa saya posting mengenai Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar  Calon ASN PPPK Tahun 2021 menggunakan LMS Moodle

Harapanya semoga dapat membantu Bapak/Ibu Guru Calon ASN PPPK dalam belajar mandiri melaui LMS. 

Selain itu semoga berguna bagi pembaca yang sedang belajar LMS Moodle untuk elearning, pembelajaran jarak jauh (PJJ), pembelajaran daring/online. Dengan melihat contoh sistematis aktivitas pada LMS PPPK 2021 yang digunakan oleh Kemendikbud akan menambah referensi Anda dalam penggunaan moodle.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar PPPK Tahun 2021"