Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 MANFAAT IKUT SERI BELAJAR PPPK DAN CARA DAFTARNYA TAHUN 2021

Pada tahun 2021 ini Pemerintah akan merekrut kekosongan 1 juta guru untuk diangkat menjadi ASN P3K/PPPK. Kemendikbudpun dibawah kepemimpinan menteri pendidikan Nadiem Makarim memberikan fasilitas belajar mandiri menuju ASN PPPK untuk para guru / pendidik yang masih terdaftar sebagai honorer / non PNS.

manfaat ikut seri belajar PPPK dan cara daftarnya tahun 2021
Ilustrasi manfaat ikut seri belajar PPPK dan cara daftarnya tahun 2021

Melaui postingan ini izinkan saya sedikit berbagi informasi tentang 3 manfaat mengikuti seri belajar PPPK dan bagaimana cara daftarnya tahun 2021.

A. 3 Mafaat Ikut Seri Guru Belajar PPPK

1. Berpeluang Lebih Lolos Seleksi ASN PPPK Guru

Lolos seleksi dan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)  Pegawai Pemerintah dengan Perjanian Kerja (PPPK) Guru merupakan impian guru honorer. Gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS. Hal ini akan menjawab persoalan kesejahteraan guru honorer.

pengangkatan asn pppk guru 2021

Meskipun tidak ada jaminan ikut seri guru belajar PPPK langsung otomatis lolos seleksi, namun tentu ketika Anda mengikuti seri belajar ini akan lebih berpeluang lolos. Hal ini karena melaui seri belajar mandiri ini Anda akan direfresh kembali materi-materi yang pernah dipelajari di bangku kuliah selama 4 (empat) tahun.

Disini Anda juga akan diberikan latihan soal dan tryout, yang mana soal-soal seleksi PPPK nantinya juga berasal dari Kemendikbud.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah penerimaan kuota 1 juta ini berdasarkan yang lolos seleksi saja, jika yang lolos hanya 500ribu ya itu yang di Angkat sebagai PPPK, baca postingan sebelumnya:   Tips Jitu Persiapan Ikut Seleksi PPPK Guru Tahun 2021


2. Berbagi Wawasan dengan Sesama Peserta Seri Belajar PPPK

Dilaman seri guru belajar PPPK ini disediakan ruang kolaborasi antar peserta. Portal Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK mencatat sebanyak 152.964 peserta sudah mengakses dan login ke dalamnya. Dan kemarin, Kamis (4/3/2021), sebanyak 61.517 peserta telah login dan mendaftar. 

Peserta seri belajar calon ASN PPPK

Disini Anda bisa saling berinteraksi melaui chat / komentar diforum yang telah disediakan.

3. Mengasah Kemampuan TIK dalam menggunakan LMS

Program seri belajar mandiri P3K/PPPK ini menggunakan LMS (Learning Manajemen System). LMS adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembelajarn secara Jarak Jauh atau Daring. Tentunya ini akan mengasah kemampuan dalam penggunaan LMS untuk mengikuti perkembangan TIK yang sudah serba online.

LMS Fasilitasi seri belajar PPPK

Adapun yang LMS yang digunakan untuk fasilitasi belajar mandiri PPPK adalah LMS Moodle. Jika Anda ingin lebih lanjut membelajari LMS silahkan buka postingan pada blog ini pada menu atau label elearning.


B. Cara Daftar Fasilitasi Seri Belajar PPPK

Syarat atau Kriteria GURU HONORER pada seleksi Guru ASN PPPK adalah:

  • 1. Guru honorer, termasuk guru eks-THK-2;
  • 2. Guru non-PNS yang sudah disertifikasi;
  • 3. Guru non-PNS yang belum disertifikasi, tapi telah terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019;
  • 4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

syarat ikut seri pppk 2021


Untuk mendaftar dan mengikut fasilitasi seri belajar PPPK sebetulnya cukup mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka alamat link ayo guru belajar PPPK https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ kemdudian lik "Mulai Belajar"

alamat link ayo guru belajar pppk


2. Untuk bisa login ke ayo guru belajar, silahkan login menggunakan akun simPKB 

2019005*****@guruku.id 

akun login guru belajar pppk

3. Kemudian klik "Selengkapnya" Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

4. Lanjut pilih "DAFTAR" 

Daftar Seri PPPK 2021

5. Lajut pilih salah satu mata pelajaran yang akan diikuti.

Pastikan mapel yang dipilih sesuai dan atau linear dengan prodi kelulusan D4/S1 terakhir.

Pilih mata pelajaram seri pppk

Syarat dan Ketentuan

Program ini diperuntukkan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi guru ASN PPPK. Program ini hanya memfasilitasi peserta untuk belajar mandiri dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi dimaksud dan tidak menjamin kelulusan peserta menjadi guru ASN PPPK. Kementerian yang berwenang menentukan kelulusan adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Peserta wajib menuntaskan Fasilitasi Pembelajaran selama 7 (tujuh) hari sejak pemilihan mata pelajaran. Jika tidak tuntas maka diberikan kesempatan 1 (satu) kali untuk mengulang atau mengganti mata pelajaran.

Peserta tuntas Fasilitasi Pembelajaran yang belum mengikuti Try-Out dapat mengubah mata pelajaran lain sebanyak 1 (satu) kali.

Sanggup melaksanakan Try-Out sesuai jadwal yang ditetapkan oleh sistem. Bila masih tersedia jadwal Try-Out dan kuota Try-Out belum terpenuhi, peserta dapat memiliki kesempatan 1 (satu) kali Try Out Ulang

Centang Dengan ini saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku dalam mengikuti Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calin Guru ASN PPPK ini.


6. Tunggu sekitar 5 menit untuk pengaktifkan akun. Selanjutnya, Registrasi Anda masih dalam proses pengaktifan. Bila status masih dalam proses lebih dari 5 menit, silakan logout dan login kembali dalam 30 menit kedepan. 

proses registrasi tautan fasilitasi seri pppk

Silakan klik tombol Muat Ulang atau Tautan Fasilitasi di bawah untuk mengakses Fasilitasi Pembelajaran yang meliputi Materi, Perangkat, Comunity Learning dan Latihan Soal

7. Klik "TAUTAN FASILITASI" untuk melanjutkan ke LMS Ayo Belajar Seri PPPK. 

Tautan Fasilitasi LMS Seri PPPK

8. Lanjut belajar mandiri di LMS PPPK

LMS PPPK Guru SD
Silahkan Lanjut untuk mulai belajar secara Mandiri  Modul Belajar Mandiri yang diperuntukan bagi Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini merupakan salah satu alternatif bahan belajar mandiri dalam mempersiapkan seleksi guru PPPK. Calon guru PPPK dapat menggunakan bahan belajar lainnya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi. Modul ini berfungsi untuk me-refresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapat sebeumnnya, memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran, memamnfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan, dan lebih mempersiapkan dalam menghadapi seleksi calon guru PPPK.


9. Perhatikan Jadwal Tryout PPK. Agar lebih efisien dalam mengikuti seri belajar PPPK ini Anda ada baiknya mengetahi jadwalnya sebagai berikut. 

Jadwal Tryout PPPK 2021

  • Jadwal registrasi dimulai pada 3 Maret s.d. 12 April 2021 dengan target ketuntasan materi belajar mandiri maksimal 7 hari terhitung sejak registrasi. 
  • Apabila dalam kurun waktu 7 hari tidak selesai, maka sistem akan meresetnya dan calon guru ASN PPPK diberikan kesempatan 1 kali lagi untuk registrasi ulang.
  • Sistem akan memberikan jadwal try out mulai 15 Maret s.d. 7 Mei 2021. Jadwal baik hari, tanggal, sesi dan jam ditentukan otomatis oleh sistem. Dan diberikan kesempatan untuk mengulang try out sebanyak 1 kali.
  • Calon guru ASN PPPK diberikan kesempatan 1 kali untuk mengubah mata pelajaran.   Oleh karena itu, mohon diperhatikan saat memilih mapel disesuaikan dengan program studi ijazah D4/S1 yang dimiliki.


Penutup

Demikianlah informasi sekaligus tutorial ringkas perihal 3 Manfaat ikut seri belajar PPPK dan cara daftarnya tahun 2021 melaui link https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/

Bantu bagikan informasi ini, karena barang kali teman-teman guru honorer ada yang belum tahu. Mari kita dukung niat baik pemerintah untuk mensejahterakan guru honorer yang tentunya akan berdampak memajukan pendidikan di negeri kita Indonesia.

Ayo ikuti seri belajar mandiri calon ASN PPPK Guru tahun 2021 dengan dibarengi niat ikhtiar/berusaha semoga lulus dengan penuh keberkahan hidup.

Selanjutnya: 👉  Panduan Lengkap LMS Ayo Guru Belajar PPPK Tahun 2021

Sumber:

1. https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/  (Tahun 2021)

2.https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kemendikbud-meluncurkan-program-guru-belajar-dan-berbagi-seri-belajar-mandiri-calon-guru-asn-pppk   (Tahun 2021)

Posting Komentar untuk " 3 MANFAAT IKUT SERI BELAJAR PPPK DAN CARA DAFTARNYA TAHUN 2021"