Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Soal Tes pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Pada Tahun 2021 Pemerintah dalam hal ini melalui Kemendikbud membuka pendaftaran sebanyak satu juta lowongan Guru PPPK. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Bapak / Ibu Guru honorer yang mau menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jenis Tipe Soal Tes PPPK Guru
Jenis Tipe Soal Tes PPPK Guru

Agar Anda atau pejuang PPPK lebih maksimal dalam menyiapkan amunisi untuk berjuang alangkah baiknya mengenal jenis-jenis soal seleksi atau tes yang diujikan. Sehingga dalam mencari, mendownload, belajar dan berlatih soal-soal PPPK sudah sesuai. Dan berikut ini kami bahas 5 Jenis Soal Tes pada Seleksi PPPK Tahun 2021

1. Soal Kompetensi Teknis atau Bidang

Untuk soal jenis kompetensi teknis atau bidang pada PPPK tahun 2021 sejumlah 50 butir soal yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Tes ini akan menguji kemampuan teknis bidang  Anda sebagai guru. 

Jika Anda sudah lama menjadi guru honorer tentu merupakan hal yang patut disyukuri dan merupakan sebuah keuntungan besar, karena secara otomatis Anda lebih berpengalaman.

Selain itu Anda juga sudah memiliki akses informasi dan dapat juga mengikuti bimtek-bimtek yang diadakan oleh pemerintah seperti: Bimtek Guru Belajar seri AKM 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat 1 ada 4 (empat) kompetensi guru yaitu pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.



Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

Kompetensi Profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya

Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Contoh Soal Kompetensi Teknis

Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah….
A. Representative feedback
B. Comulatif feedback
C. Quantitative Feedback
D. Institutionalized Feedback
E. Eksternal feedback

Selengkapnya silahkan ikut Tryout pada:  LMS Ayo Guru Belajar PPPK 2021

2. Tes Bakat Skolastik (Penalaran)

Pada seleksi PPPK Guru tahun 2021 soal tes Skolastik sub tes Penalaran berjumlah 40 butir yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. 

Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan tes yang mengukur kemampuan potensial umum. Tes Bakat Skolastik ini hampir mirip seperti tes IQ.

Tes Bakat Skolastik sub Logika/ Penalaran untuk  mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis atau masuk akal. Subtes ini terdiri dari logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika cerita, dan logika diagram.

Contoh Soal Skolastik

Maryadi mempunyai 5 pasang pakaian yang berbeda wanna. Celana panjang yang dipunyai adalah warna : coklat, biru, abu-abu, hijau dan hitam. Sedangkan warna baju adalah biru, putih, pink, tosca dan kuning. Dia ingin mengenakan 5 pasang yang berbeda untuk setiap han kerja (senin hingga jumat). Agar serasi dan memenuhi ketentuan, maka ia menetapkan pemakaian pakaiannya tersebut:
1. Baju biru dipakai pada hari senin
2. Celana hijau tidak cocok dengan pink dan kuning
3. sehabis celana coklat, dia mengenakan celana hijau
4. Baju biru dipakai dengan celana biru
5. Han jumat dia memakai baju putih
6. Baju kuning dipakai setelah baju biru
7. Celana coklat dipakai pada haru rabu
Pada hari apa dia mengenakan Baju Pink?
A. Senin
B. Selasa
C. Kamis
D. Jumat
E. Rabu

Komariah seorang reporter honorer di sebuah stasiun TV. Jika karyawan TV diangkat menjadi karyawan tetap maka dia termasuk berprestasi. Hari ini manager personalia mengumumkan semua karyawan honorer diangkat menjadi karyawan tetap. Jadi ...
A. Komariah seorang reporter profesional
B. Komariah senang karena berprestasi
C. Komariah senang, karena tidak menganggur lagi
D. Komariah seorang reporter yang berprestasi
E. Tidak dapat disimpulkan

3. Soal Manajerial

Soal Manajerial pada tes PPPK Guru Tahun 2021 berjumlah 20 soal dengan waktu 25 menit.

Tes Manajerial ini akan menguji kapasitas yang dimiliki oleh seorang guru dalam mengelola kelas dan sumber daya yang ada dalam satuan pendidikan.



Kemampuan manjerial guru mencakup: 
1. Kemampuan merencanakan dengan indikator yaitu mampu menyusun dan menerapkan strategi, serta mampu mengefektifkan perancanaan; 
2. Kemampuan mengorganisasikan dengan indikator mampu melakukan pengelompokkan, membagi tanggung jawab dan mampu mengelola siswa; 
3. Kemampuan dalam pelaksanaan dengan indikator yaitu mampu mengambil keputusan, dan mampu menjalin komunikasi;
4. Kemampuan mengadakan pengawasan indikator mampu mengelola, dan mampu mengendalikan operasional.

Contoh Soal Manajerial

Kadangkala saya merasa lapar ketika jam kerja, maka yang saya lakukan adalah ...
A. Menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu kemudian makan
B. Meminta izin atasan untuk makan
C. Meminta teman menggantikan kerja sebentar
D. Ke pantry segera membuat makanan
E. Pergi ke warung terdekat untuk membeli makan



4. Soal Sosio Kultural

Untuk PPPK Guru Tahun 2021 tes soal sosio kultural berjumlah 20 butir dengan waktu 15 menit.
Kemampuan kompetensi sosio kultural ini adalah pondasi untuk menopang kemampuan manajer

Sosio Kultural berbeda dengan Manajerial dan Teknis. Sosio Kultural merupakan soft competence karena berasal dari individu Anda sendiri. Kompetensi sosio kulutural ini meliputi sistem integritas dan manajemen diri, keteladanan dan kepeloporan, membangun budaya organisasi, membangun karakter kepribadian nasionalisme pelayanan publik. Karakter Pacasila juga tentunya sangat diperlukan.

Tes kompetensi sosial kultural PPPK ini dilakukan untuk melihat kemampuan peserta dalam memahami dan mengendalikan diri sendiri, memahami dan membina hubungan dengan orang lain, dan menjadi pribadi yang lebih etis.

Contoh Soal Sosio Kultural

Akhir-akhir ini banyak tayangan di televisi yang isinya kurang mendidik. Melihat fenomena tersebut menurut saya..
a. Ingin menutup hak siar semua stasiun televisi
b. Ingin protes pada semua stasiun televisi untuk mengganti tayangan lebih banyak
c. Ingin menghujat semua stasiun televisi di media masa
d. Ingin menggalang masa untuk melakukan demo terhadap pemerintah untuk segera mengambil kebijakan
e. Ingin mengajak pihak-pihak yang berwenang dan terkait untuk membahas kelayakan tayangan tersebut   

Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut
A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
B. Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuang pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvideo dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini

5. Soal Wawancara 

Soal Wawancara sejatinya dilakukan secara tatap muka langsung. Namun pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 soal wawancara dilakukan secara tertulis. Ada 10 butir soal yang harus di selesaikan dalam waktu 10 menit.


Tes wawancara merupakan tes terakhir dan sebagai penentu lulus tidaknya keseluruhan tes PPPK yang ada. 

Beberapa tes wawancara bersifat seperti menjebak yang intinya untuk melihat seberapa besar motivasi Anda ikut seleksi PPPK Guru. Jawablah pertanyaan sebijak mungkin, penuh percaya diri dan jangan berlebihan.

Contoh Pertanyaan Wawancara PPPK Guru

Contoh Pertanyaan wawancara PPPK Guru adalah sebagai berikut:

Apa motivasi anda menjadi PPPK?
Jawaban terbaik
Saya ingin menjadi pegawai PPPK agar
1. Ingin mengabdikan diri menjadi PPPK untuk negara dan melayani masyarakat
2. Mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional


Apa pendapat anda tentang Guru Profesional ?
Jawaban Terbaik
Guru profesional adalah guru yang mimiliki 4 kompetensi jabatan guru yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
  • Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik
  • Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum.
  • Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.
  • Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.



Untuk lebih jelas kisi-kisi bobot soal seleksi PPPK Guru tahun 2020 lihat tabel berikut ini.
Tipe Konten Butir Soal Waktu Bobot
Kompetensi   Teknis (Sesuai Mata Pelajaran) 50 60 60%
Tes Bakan   Skolastik (Penalaran) 40 60
Manajerial 30 25 40%
Sosiso-Kultural 20 15
Pertanyaan   Wawancara (Dijawab secara tertulis) 10 10
Jumlah 150 170 100%


Agar Anda lebih mantab dalam menghadapi seleksi PPPK Guru tahun 2021, kami sarankan untuk mengikuti Seri Guru Belajar PPPK yang diadakan kemendikbud dengan baik. Bimtek online ini gratis, Anda hanya perlu mendaftar menggunakan Akun SIM PKB. 

Materi-materi tentang PPPK Guru Tahun 2021 akan Anda dapatkan di Bimtek tersebut. Disini Anda juga akan diberikan latihan-latihan soal tryout. Lebih lengkap silahkan login ke https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/


Demikianlah yang bisa saya share tentang 5 Jenis Soal Tes / Ujian pada Seleksi PPPK Tahun 2021 yaitu soal teknis bidang, skolastik penalaran, manajerial, sosio kultural, dan wawancara. Tetap semangat belajar, berlatih, berdoa dan berbagi.

Baca juga:   Tips Jitu Persiapan Ikut Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Kritik , koreksi dan saran mengenai tulisan ini sampaikan pada kotak komentar.

Semoga bermanfaat dan terima kasih 

Sumber: 
*  Diambil dari berbagau sumber dengan melakukan pencarian google dan bing
*  https://p3gtk.kemdikbud.go.id/dokumen/tentang-seleksi-guru-pppk-p3k-2021-sawjnng/201130-persiapan-rekrutmen-guru-p3k-narasumber-rekon-data-eirbjiy (Diakses pada 5 Febuari 2021)

Posting Komentar untuk "5 Jenis Soal Tes pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2021"