Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Verval Kesiapan TIK untuk AKM Asesmen Nasional Tahun 2021

Sebagai Tenaga Administrasi ataupun Operator Sekolah ada tugas untuk melakukan Verval Kesiapan TIK  Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021 melalui link http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ . Verval TIK AKM ini berfungsi untuk memetakan sekolah dalam pelaksanaan AKM. Agar lebih jelas bari kita lihat pada buku yang panduan Verval TIK yang telah diterbitakan Kemdikbud.

Cara Verval Kesiapan TIK untuk AKM AN
Ilustrasi Verval Kesiapan TIK untuk AKM

Verifikasi dan Validasi (Verval) Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Satuan Pendidikan digunakan untuk memastikan kepemilikan perangkat TIK di satuan pendidikan sebagai data dasar dalam pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM). Informasi kepemilikan perangkat TIK digunakan untuk memetakan kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan AKM.

Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021 akan dilaksanakan pada bulan September dan Oktober.

Mungkin Anda masih bingung mengenai istilah Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) dengan Asesmen Nasional (AN).  Intinya adalah pada AN itu ada jenis soal AKM. AN untuk mengukur Sekolah sedangan AKM adalah untuk mengukur kemampuan Siswa. Selengkapnya silahkan baca di sini:  Inilah Perbedaan AKM dan Asesmen Nasional (AN)

A. Tentang Verval Kesiapan TIK

Kesiapan TIK Satuan Pendidikan diklasifikasikan menjadi 4 kategori dalam menentukan penyelenggaraan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) :

1.Siap Satuan pendidikan masuk dalam kategori Siap menyelenggarakan AKM Asesmen Nasional Tahun 2021 apabila:

a.UNBK Mandiri (Tahun Sebelumnya),atau
b.Memiliki Laboratorium Komputer, atau
c.Mendapatkan bantuan TIK tahun 2020.

2. Potensial 1 Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 1 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki minimial 15 komputer.

3.Potensial 2 Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 2 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki jaringan internet dan aliran listrik.

4. Tidak Siap Satuan pendidikan masuk dalam kategori Tidak Siap apabila satuan pendidikan tersebut tidak memiliki fasilitas atau prasarana yang mendukung terlaksananya AKM, seperti komputer, jaringan internet dan aliran listrik.

Spesifikasi minimum kesiapan perangkat, jaringan dan komputer/laptop yang disiapkan sekolah untuk digunakan dalam penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) : 1. Komputer client yang digunakan peserta didik PC / laptop dengan spesifikasi:

a.Prosesor : Dual Core,
b.Monitor : 11,6",
c.Resolusi Monitor : 1024 x 720,
d.RAM : 1 GB,
e.Ruang Penyimpanan Kosong : 10 GB,
f.Webcam (Optional), dan
g.Sistem Operasi : Windows, Linux, Mac OS, Chrome OS, Rasberry; 2. Jaringan (Intranet dan Internet) : Kabel LAN dan WIFI; dan 3. Bandwidth : 12 Mbps dedicated untuk 15 client.

Selengkapnya:  SYARAT SPEK MINIMAL LAPTOP UNTUK ASESMEN NASIONAL (AN)

Melaui Verval TIK ini juga akan diperoleh informasi kecepatan internet masing-masing sekolah

Download speed digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet pada perangkat (komputer/laptop) dalam menarik data dari server menuju perangkat (komputer/laptop) yang kita gunakan. Upload speed digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet pada perangkat (komputer/laptop) dalam mengirimkan data dari perangkat yang digunakan ke perangkat lain. Download speed diukur dengan satuan megabits per second (Mbps).


B. Cara Verval Kesiapan TIK AKM

Adapun cata Verval Kesiapan TIK untuk AKM langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka alamat website Verval Kesiapan TIK melalui link   http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/

web Verval TIK AKM

2. Masukan username dan password akun Operator Sekolah ( sdm.data )

usename password verval TIK

3. Kemudian lanjut buka menu "Profil" akan ditampilkan informasi profil sekolah, perbaikan profil dilakukan melalui Verval SP melalui link http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id

profil verval TIK


4. Pada profil juga akan ditampilkan status kesiapan TIK dan Kesiapan AKM, juga penentuan 15 sekolah terdekat berdasarkan titik koordinat.

status kesiapan TIK AKM

5. Setelah profil sekolah sudah sesuai lanjut ke menu "Verval", disini akan ditampilkan informasi terkait Kesiapan TIK, Koordinat, Sekolah terdekat dan Riwayat Perubahan. 

menu verval tik


6. Isikan data verval TIK sesuai dengan kondisi sebenarnya,

data kesiapan TIK


  • 1.Informasi pelaksanaan UNBK pada tahun sebelumnya.
  • 2.Isikan jumlah laboratorium yang dimiliki satuan pendidikan.
  • 3.Pilih Moda Pelaksanaan AKM.
  • 4.Isikan jumlah komputer utama/server jika moda pelaksanaan AKM semi online.
  • 5.Isikan jumlah komputer/laptop yang dimiliki satuan pendidikan dengan status kepemilikan milik sekolah.
  • 6.Isikan jumlah komputer/laptop yang dimiliki satuan pendidikan dengan status kepemilikan bukan milik sekolah (pinjaman dari wali murid, pinjaman dari guru, sewa atau yang lainnya).
  • 7.Pilih sumber listrik dari pilihan yang sudah disediakan.
  • 8.Isikan besar daya llistrik yang digunakan satuan pendidikan.
  • 9.Pilih provider internet yang digunakan satuan pendidikan.
  • 10.Isikan provider internet yang digunakan satuan pendidikan jika satuan pendidikan memilih pilihan Lainnya.
  • 11.Isikan besar bandwidth untuk mengunduh (download) data pada jaringan internet yang dimiliki satuan pendidikan.
  • 12.Isikan besar bandwidth untuk mengunggah (upload) data pada jaringan internet yang dimiliki satuan pendidikan.
  • 13.Tombol speedtest.cbn.id dan speedtest.net menuju laman perhitungan kecepatan dan performa koneksi internet (gunakan internet satuan pendidikan).
  • 14.Isikan jumlah Hub dan Switch yang dimiliki.
  • 15.Isikan jumlah Titik Akses (Access Point) internet.
  • 16.Checklist untuk menyatakan kebenaran isian perangkat TIK.
  • 17.Klik tombol Simpan untuk menyimpan perbaikan data kepemilikan TIK. (Hasil Verval Kesiapan TIK Sekolah disajikan pada submenu Profil).

7. Untuk mengukur kecepatan Internet dapat menggunakan website https://speedtest.cbn.id/ maupun https://www.speedtest.net/ klik tombol "GO" atau "Mulai" dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai akan ditampilkan kecepatan Unduh (Download) dan Unggah (Upload)

speedtest.cbn.id

kecepatan internet verval tik cbn id
speedtest.net

kecepatan internet verval tik speedtest net

8. Jika sudah selesai mengisi data kesiapan TIK jangan lupa "Simpan"

Keterangan: 

Kesalahan dalam penulisan link verval dapat membuat aplikasi verval tik tidak bisa dibuka

http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/  (tanpa https, menggunakan tik/) 

https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/

http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik


C. Alur Proses Verval Kesiapan TIK AKM

Beikut ini diagram alur proses Veval Kesiapan TIK AKM.

Alur Proses Verval Kesiapan TIK AKM

1. Satuan Pendidikan memastikan proses perekaman data sarana dan prasarana terkait TIK di Dapodik dan sudah menuntaskan pengiriman data melalui proses sinkronisasi.

2. Satuan pendidikan melakukan proses pembaruan data kesiapan TIK di laman vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ dengan mengakses fitur VERVAL. Pembaruan data kesiapan TIK mencakup data:

a.Ketersediaan laboratorium komputer
b.Jumlah komputer
c.Ketersediaan sumber listrik
d.Ketersediaan jaringan internet dan kelengkapannya

3. Pusdatin mengklasifikasikan kesiapan TIK satuan pendidikan berdasarkan hasil verval/pembaruan data kesiapan TIK yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Ada empat klasifikasi kesiapan TIK: Siap, Potensial 1, Potensial 2, dan Tidak Siap.

4. Dinas Pendidikan menentukan status dan moda pelaksanaan AKM bagi satuan pendidikan di wilayahnya dengan mengakses fitur UBAH STATUS berdasarkan hasil verval/pembaruan data kesiapan TIK dari satuan pendidikan dan informasi klasifikasi kesiapan TIK.

5. Dinas Pendidikan menentukan status AKM bagi satuan-satuan pendidikan di wilayahnya ke dalam empat kategori: Mandiri, Mandiri dan Ditumpangi, Menumpang, dan Tidak Menyelenggarakan.

6. Dinas Pendidikan menentukan moda pelaksanaan AKM bagi satuan-satuan pendidikan di wilayahnya. Opsi yang disediakan antara lain: Online dan Semi Online.

7. Dinas Pendidikan diperkenankan menambah tempat penyelenggara AKM selain sekolah. Dinas Pendidikan mengakses fitur TAMBAH LEMBAGA untuk menambahkan lembaga lain yang relevan untuk dijadikan tempat penyelenggara AKM dengan cara mengisikan data-data TIK yang dipersyaratkan.

8. Dinas Pendidikan selanjutnya melakukan penentuan sekolah/lembaga yang ditumpangi bagi satuan-satuan pendidikan dengan status pelaksanaan "Menumpang". Dinas pendidikan mengakses fitur LEMBAR KERJA untuk menentukan satuan pendidikan dapat menumpang di satuan pendidikan mana dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu sesuai kondisi dan kebijakan masing-masing wilayah untuk pelaksanaan AKM: seperti jarak antar satuan pendidikan, kondisi geografis, daya tampung, atau lainnya.

9. Dinas pendidikan dapat melihat hasil akhir verval di fitur RANGKUMAN. Penyesuaian-penyesuaian memungkinkan untuk dilakukan meski tahapan 4-8 sudah dilakukan.

10. Satuan pendidikan dapat melihat hasil akhir verval dinas pendidikan dengan mengakses fitur PROFIL. Jika ditemukan ketidaksesuaian satuan pendidikan dapat segera mengkomunikasikan ke dinas pendidikan terkait.

D. Surat Pemberitahuan Verval TIK Asesmen Nasional Tahun 2021

Dalam melaksanakan tugas untuk Verval TIK, operator sekolah terkadang juga perlu mengetahui surat resminya. Surat resmi untuk melakukan Verval TIK sudah ada yaitu Surat Ditjend PAUD DIKDASMEN. Isi dari surat tersebut sebagai berikut. 

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Seluruh Indonesia

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi dan validasi Teknologi dan Informasi Komputer (TIK) Satuan Pendidikan sebagai instrumen pemetaan data kesiapan Satuan Pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, berikut kami sampaikan bahwa:

1. Pelaksanaan Assesmen Nasional akan diselenggarakan pada bulan September dan Oktober 2021.

2. Untuk kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional perlu adanya:
a. Sinergi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kanwil Kemenag,dan masyarakat dalam hal resource sharing infrastruktur Asesmen Nasional.
b. Pemetaan berbasis data spasial terkait kesiapan TIK untuk Asesmen Nasional diperlukan :
i. Resource sharing TIK antar satuan Pendidikan;
ii. Resource sharing TIK dengan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh Pemda;
iii. Resource sharing TIK dengan orang tua atau mekanisme pendanaan lainnya.

3. Satuan Pendidikan harus melengkapi data dukung TIK berupa Jumlah Komputer/Laptop, Akses Internet, dan sumber listrik di lingkungan Satuan Pendidikan melalui laman Verval TIK pada tautan http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ yang kemudian akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan.

4. Adapun tugas yang harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan terkait dengan pelaksanaan Verval TIK adalah sebagai berikut:
a. Melakukan verifikasi dan validasi terkait data dukung TIK Satuan Pendidikan;
b. Menentukan moda pelaksanaan Assesmen Nasional (Online/Semi Online) sesuai
kondisi TIK sekolah;
c. Menentukan status pelaksanaan Assesmen Nasional (Mandiri, Mandiri dan ditumpangi, dan Menumpang) sesuai dengan kondisi geografis dan kesiapan TIK.

5. Pengisian data oleh Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan dilakukan melalui laman Verval TIK, dengan menggunakan akun sdm.data.kemdikbud.go.id paling lambat tanggal 30 April 2021.

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih. 

E. Penutup

Demikianlah informasi dan tutorial Cara Verval Kesiapan TIK untuk AKM Asesmen Nasional Tahun 2021 melalui website http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/yang dapat kami sampaikan.

Agar lebih jelas Anda dapat mendownload materinya melaui link unduhan via google drive dibawah ini.

 Verval_TIK _AKM_Satuan_Pendidikan.pdf  [ Download

Terkait dengan AKM dan AN Tahun 2021, Kemendikbud juga telah meluncurkan layanan simulasi Aplikasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Silahkan coba:  Simulasi Cara Mengerjakan  AKM Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021

Terima kasih

Sumber: https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/pelaksanaan-verval-tik-untuk-persiapan-pelaksanaan-asesmen-nasional-2021

Posting Komentar untuk " Cara Verval Kesiapan TIK untuk AKM Asesmen Nasional Tahun 2021"