Cara Mutasi Pindah Siswa dari MI Ke Dapodik SD

Beberapa waktu yang lalu di sekolah tempat saya berkerja ada siswa pindahan dari (Madrasah Ibtidaiyah) MI yang akan masuk. Saya sempat bingung bagaimana proses / cara mutasi siswa dari MI ke dapodik SD, karena di MI menggunakan aplikasi berbeda yaitu Emis. Akan tetapi walaupun berbeda tetap menggunakan NISN yang sama.

cara siswa mutasi pindah mi ke sd
siswa mutasi pindah MI ke dapodik SD

Akhirnya saya konsultasikan kepada Admin Dapodik Dinas Pendidikan, saya tanya bagaimana cara memasukan siswa ke Dapodik mutasi dari MI?

Kemudian beliau menjelaskan untuk memasukan siswa dari MI dilakukan melalui sp.datadik. Selanjutnya saya diminta untuk mengirimkan scan surat keterangan pindah. Dan ternyata cukup mudah atas bantuan Admin dinas pendidikan untuk memasukan siswa pindah dari MI ke sekolah SD Negeri. Lebih lengkap berikut ini langkah-langkahnya.


Cara Mutasi Siswa dari MI Ke SD ( Aplikasi Dapodik)

1. Pastikan siswa memang benar-benar sudah melakukan pindah dengan melihat atau meminta surat keterangan pindah dari sekolah asal (Format S-13). Periksa juga kelengkapan dokumen seperti raport, NISN, dan lainya.

2. Siswa dalam hal ini Orang tua / wali siswa mengisi formulir pedaftaran siswa baru (Format-S1) sesuai prosedur administrasi kesiswaan. Selain itu juga mengisikan formulir siswa format Dapodik yang dapat diunduh pada aplikasi Dapodik.

3. Operator sekolah mengecek kebenaran atau kevalidan nomor NISN siswa melalui webiste https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

cek nisn

4. Selanjutnya Operator Sekolah memasukan nama siswa secara online di sp.datadik  https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

4.a. Login menggunakan akun operator sekolah

4.b. Masuk ke menu "Aplikasi" --- "PD Baru" --- "Non Dapodik" dan lanjutkan isi Data Nama Siswa, Tempat Tanggal Lahir, dan NISN.

masukan data pd baru dari mi

4.c. Jika tanggal lahir sp.datadik tidak bisa di klik, perhatikan anak panah seperti gambar dibawah ini. 

tanggal lahir tidak sp.datadik bisa di klik

5. Setelah itu silahkan konfirmasi ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan aproval atau persetujuan, jangan lupa untuk melampirkan atau mengumpulkan scan keterangan pindah siswa. Oh iya untuk siswa mutasi beda Provinsi atau Kabupaten harus menyertakan rekomendasi pindah dari dinas pendidikan.

6. Setelah admin dinas pendidikan menyetujui/ aproval maka data siswa dapat di lihat di sp.datadik di menu "Data Dapodik" --- "Siswa" --- "Terdaftar"

pd baru aprove dinas

7. Langkah selanjutnya operator melakukan sinkronisasi dapodik agar data siswa di sp,datadik dapat masuk di aplikasi dapodik lokal.

8. Kemudian Operator Sekolah melengkapi data rinci peserta didik pada aplikasi Dapodik, masukan ke rombel (kelas), dan jangan lupa untuk mensinkronkan lagi agar data lengkap siswa masuk di server dapodik. Jumlah siswa akan berpengaruh pada penerimaan alokasi dana BOS Pusat.

9. Setelah siswa benar-benar sudah masuk di sekolah tujuan, jangan lupa untuk mengirimkan balasan ke sekolah asal bahwa siswa telah diterima.

Update: Mutasi dari MI ke SD Tahun Pelajaran 2023/2024

Mulai tahun pelajaran 2023/2024 Kemendikbud telah menambahkan fitur baru agar mutasi dari Madrasah (Emis) bisa langsung ditarik langsung di Dapodik.

tarik dari emis ke dapodik langsung


Baca juga: Verval PD NEW 2020 untuk Perbaikan Data Siswa

Jangan lupa juga untuk:  Cetak Surat Mutasi Siswa Online di sp.datadik

Demikianlah cerita saya tentang cara Mutasi / Pindah Siswa dari MI Ke  Dapodik SD Biasa baik Negeri maupun Swsata. Perpindahan atau mutasi siswa memang merupakan hal yang biasa terjadi karena perpindahan tugas kerja, maupun pindah rumah. 

Jika ada koreksi dan saran serta pertanyaan mengenai artikel ini jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar, dan bagikan jika dirasa berguna untuk teman Anda. Terima kasih

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

56 komentar untuk " Cara Mutasi Pindah Siswa dari MI Ke Dapodik SD"

  1. Kalau saya sebaliknya, rencana : dari SDN mau ke MIN

    Nah, langkah awal, apakah saya harus ngecek ketersediaan kuota di MIN dulu atau bagaimana ya...

    Terima kasih jika di jawab, dan pencerahan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam prosedur perpindahan siswa seperi ini:
      1. Orang tua mengajukan permohonan pindah.
      Pada saat mengajukan pindah, harus mengetahui terlebih dahulu sekolah tujuan, untuk itu sebelum mengajukan permohonan pindah, pastikan sekolah tujuan masih ada kuota.

      2. Sekolah asal menerbitkan surat keterangan pindah,

      3. Sekolah tujuan mengirimkan surat keterangan siswa telah diterima.

      Lebih lengkap baiknya langsung data ke sekolah

      Hapus
    2. mohon maaf pak ijin bertanya, lalu langkah kami yang dari MI untuk mengeluarkan siswanya bagaimana pak. kan kalau sama2 MI mudah tinggal MI sana menyetujui kemudian kembali ke kami, kami menyetujui dan seterusnya. lalu kalau dari MI ke SD negri pak. kami pihak MI sudh mengeluarkan surat mutasi tp dari pihak sana memasukkan anaknya secara manual, jadi kan ini anaknya masih masuk di MI kami pak, surat mutasi nya jadi harus buat lagi, anaknya belum bisa keluar. solusinya bagaimana ya pak? terimakasih.

      Hapus
    3. Bisa konsultasi ke Dinas Pendidikan setempat, karena memang ada perbedaan sistem, kalau di MI menggunakan aplikasi Emis, kalau di SDN menggunakan aplikasi Dapodik

      Hapus
  2. Anak sy kan MI kls 5 skrg ingin pindah ke SD.. Apakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, mumpung masih awal tahun pelajaran, jadi tidak tertinggal materi pelajaran

      Hapus
  3. Anak saya kelas 3 mi mau pindah ke SD tapi dari pihak SD tidak mau menerima dan tidak sanggup mengurus untuk mutasi anak saya dengan alasan NISN itu gimana ya mohon info dan saranya🙏🙏🙏

    BalasHapus
  4. kalau menurut saya alasan pindahnya harus jelas terlebih dahulu karena faktor apa, terkait NISN itu bisa dicarikan solusinya apabila dari MI sudah memiliki NISN dan valid, silahkan coba cek NISN melalui alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum.
    Saya mengajukan mutasi dari MI ke MI dan dari MI asal meminta sejumlah biaya untuk mengurus surat akreditasi dan siup MI asal. Apakah itu merupakan syarat mutlak? Anak saya tidak bisa pindah karna biayanya tinggi dan alasan pindah karna mengikut orang tua yang bekerja. Terimakasih. Mohon sarannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Untuk sekolah negeri meminta sejumlah biaya untuk keperluan mutasi adalah bukan syarat mutlak.
      Beberapa sekolah untuk meningkatkan kualitas mutu memang memerluka biaya untuk suatu kegiatan. Apalagi sekolah tersebut merupakan sekolah unggulan dan favorit.
      Jika dirasa akan ada biaya2 selanjutnya dan itu memberatkan kondisi finansial lebih baik memilih sekolah yang sesuai. Kami percaya bahwa memang benar kondisi lingkungan sekolah bisa mempengaruhi, namun tetap semangat belajar anak bisa didukung dan diberi semangat oleh orang tua.
      Kembali lagi apa sih tujuan sekolah?

      Hapus
  6. Sy anak pindah dr mi ke SD kelas 5 ditolak alasannya materi ujian kelas 6 mulai dr kelas 4.. sdgkan mi pelajarannya berbeda dg SD jd ngga bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sedikit berbeda struktur kurikulum antara SD dan MI, MI lebih banyak pelajaran tentang Agama Islam, untuk itu perlu dipertimbangkan jika ingin pindah dari SD ke MI atau sebaliknya.

      Hapus
  7. Pagi...mau tanya..anak saya kelas 2 MI di Tangerang Kota mau pindah k SDN di Subang dan sdh melapor secara lisan hasil nya bisa di terima, alasan pindah ikut org tua, Mohon pencerahan utk syarat2 lain nya selain surat pindah sekolah asal..apa sj kira2 syarat2 nya..tks

    BalasHapus
  8. Aslmkm wrwb.
    Mau tanya ne, anak saya sekolah di MI kelas 2 di Tangerang Kota, mau pindah k SDN di Subang. Syarat2 pindah dr sekolah asal kira2 apa saja. Tks

    BalasHapus
  9. Aslmkm wrwb.
    Mau tanya ne, anak saya sekolah di MI kelas 2 di Tangerang Kota, mau pindah k SDN di Subang. Syarat2 pindah dr sekolah asal kira2 apa saja. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb.
      Secara umu syarat untuk pindah sekolah
      1. Surat Permohonan Pindah
      2. setelah itu dibuatkan surat keterangan pindah
      3. Berkas2 dokumen seperti raport kartu nisn dll.
      itu saja sih,

      Hapus
  10. Pak saya sbgai walimurid,dl abak sy sklh di MI dan sy pindahkan ke SD negeri,tp anak sy smpi skrg blm ada datanya di SD negeri.dikarenakan anak sy blm ada NISN nya di MI dl,itupun dri anak sy kls2 smpi kls5 ini pak.pihak ops MI sma ops negeri srh ngurusin anak sy itu smw berbelit".gmn jln keluarnya ya pak?trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbelit-belitnya bagaimana?
      perlu diketahui dulu beberpaa hal sbb.

      Kapan kelas berapa siswa tsb pindah?

      Pada saat pindah tentu menyerahkan raport, coba dilihat nomor NISN yang tertera di raport.

      Hapus
  11. Selamat siang, anak saya kelas 2 MI kabupaten sintang provinsi kalbar, rencana mau dipindah ke SD negeri di jawa barat, apakah prosedur tsb bisa diwakilkan dalam arti bukan diurus oleh orang tua murid? Jika pindah nya saat ini sebelum habis semester 1 apakah bisa? Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang,
      Untuk pengurusan pindah bisa dilakukan oleh wali siswa jika orang tua tidak bisa langsung, dengan memberikan penjelasan kepada pihak sekolah.

      Untuk pindah sangat disarankan setelah satu semester, agar tidak nanggung seperti materi yang diajarkan dan administrasinya baik itu nilai raport, raport, ataupun pendataan lainya karena saat ini data siswa sudah online.

      Hapus
  12. ad siswa saya pindhan dari SD ke MI luar provinsi , di data DAPODIK kta operator di sana sdh di kluarkan tpi pada saat di masukkan di EMIS keterangannya siswa masih aktif di SD tersebut udh hampir 1 thun di tunggu2. yg mau sya tanyakan,, bgimn alur/proses agar siswa dari SD itu sdh bs ditarik datanya di EMIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari SD seharusnya juga mengeluarkan siswa tersebut agar jumlah siswa sesuai dengan keadaan sebenarnya.

      Kalau masalah memasukan ke Emis prosedurnya tentu berbeda dengan yang ada di dapodik.

      Kalau di dapodik memasukan siswa asal emis harus melalui dinas pendidikan,
      kalau emis bagaimana?

      Hapus
  13. pak,anak saya mau pindah sekolah dari MI ke SD,syarat² dari MI ke sd sudah lengkap,kecuali NISN,sudah hampir 2 bulan belum ada kabar lagi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sesuai prosedurnya sebelum pindah lengkapi dulu NISNnya, karena ini sudah terlanjur pindah ya di tunggu saja. Baiknya konsultasi ke sekolah asal untuk mendapatkan nomor NISN.

      Sekedar informasi, biasanya NISN juga dicantumkan di Raport dibagikan identitas siswa.

      Hapus
  14. Yup benar sekali yg diatas tpi kenyataan nya di lapangan anak saya ditolak oleh kepala sekolah dan saya ingin bertanya apakah kepala sekolah harus bertanggung jawab karena anak sy sdh di keluarkan dri sekolah asal.? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya pendidikan merupakan kewajiban kita bersama, harus saling bersinergi.

      Sejauh yang kami ketahui dalam pengambilan keputusan sekolah sudah menerapkan sesuai prosedur aturan/norma yang berlaku baik secara tertulis maupun non tertulis sesuai ciri khas masing-masing sekolah.

      Hapus
  15. Assalamualaikum...mau tanya anak saya mau pindah dari mi ke sd negeri apa perlu urus berkas pindah ke kabupaten,kt kepsek SD y gak usah cuma di suruh minta rapot sama surat permohonan pindah dari mi ya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalikumsalam,
      kalau masih dalam satu Kabupaten/Kota tidak perlu

      Hapus
  16. Terima kasih banyak infonya, sangat membantu dan bermanfaat.
    Tetap semangat untuk terus berkarya.
    Semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  17. Anak saya kelas 1 MI rencananya kelas 2 nanti mau saya pindah SD bisa gk ya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asal ada kebijakan kenapa harus pindah? dan administrasinya lengkap, seperti punya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

      Hapus
  18. Keluarga saya pindah rumah, rencana anak juga mau saya pindah.
    Dari MI kelas 1 mau ke SD negri yang dekat rumah.
    Eh malah suruh ngulang lagi kalau mau pindah, kata guru SDnya susah ngurus adminnya kalau dari MI ke SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang agak sedikit susah, karena kaitanya dengan NISN. Setiap siswa memiliki NISN sebagai identitas pengenal yang berlaku selama menjadi siswa.

      Coba dicek dulu NISN dari sekolah sebelumnya sudah valid belum melalui link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

      Hapus
  19. apakah pindah dari mtsn smetsr 1 ke pkmb dapodik smstr 2 bisa keluar rapot smster 2 dapodiknya ? dan apakah rapot smster 1 nya bisa sinkron ?

    BalasHapus
  20. anak saya pindah dari madrasah smstr 1 ke pkbm dapodik smtsr 2, apakah rapot dapodik smster 2 di pkbm bisa keluar. dan apakah slanjutnya bisa pindah ke sekolah formal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk PKBM tidak paham, Mungkin Ibu bisa menanyakan langsung di Dinas Pendidikan setempat.

      Hapus
  21. Maaf pak mau tanya. Anak saya pindah dari mi ke SD pada saat naik ke kelas 3. Saya kira semuanya udah bres tapi kata pihak SD anak saya nympe skrg datanya belum bisa di masukan ke dapodik padahal anak saya udah satu tahun sekolah di sd. Itu gimana ya??? Mohon kasih solusinya saya harus gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih paham kondisinya tentu di pihak SD, coba ditanyakan apa yang harus dikumpulkan atau dilengkapi agar memperlancar syarat untuk bisa masuk di Dapodik SD.

      Coba juga di cek di raport sebelumnya (MI) di situ tercantum Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidak?

      Hapus
  22. Asalamualaikum wr wb.
    Mohon maaf pak,sya ingin brtanya,anak sya skg mau masuk kls 2,Dan sekolahnya d MI,nah sya mau mindahin k SDN,sya juga nyari bangku kosong,alhamdullilah dapat bangku kosong bgitupun dapat surat prnyataan bahwa anak sya di terima d SDN.sya Sudah minta ijin sama pihak kepsek MI,mau nyabut berkas,tp says tidak d ijinin sama kepsek MI,ITU kenapa y pak,tolong ksih penerangan🙏trima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Kalau secara administrasi bisa melakukan perpindahan,

      Namun kalau ditanya kenapa tidak diizinkan oleh kepala sekolahnya saya juga kurang tau ya...

      intinya belajar itu hukumnya wajib :)

      Hapus
  23. Assalamualaikum 🙏 Bpk saya ingin bertanya anak saya kan sekolahnya di MI ingin pindah ke SD. Tapi pihak kepsek MI nya tidak di ijinin karena sedesa??? Apakah itu benar tidak di perbolehkan pindah kalau masih se desa????

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum 🙏 Bpk saya ingin bertanya anak saya kan sekolahnya di MI ingin pindah ke SD dekat dengan tempat tinggalnya. Namun pihak kepsek MI nya tidak mengijinkan katena masih se desa,apakah benar tidak di perbolehkan pindah tah kalau masih se desa???? Mohon penerangannya pak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      Memang disarankan kalau masih satu wilayah tidak perlu pindah. Harusnya sejak dari awal mendaftar sudah dipikirkan.

      Namun jika terpaksa harus pindah karena suatu hal, demi kebaikan si Anak, dan juga alasan yang jelas dari Orang tua, maka ada baiknya pihak sekolah juga bisa lebih bijak.

      Hapus
  25. assalamualaikum.., izin bertanya bisakah anak saya pindah ke SD dari MI dengan kondisi sudah kelas VI, terimakasih, mohon sarannya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,

      Kalau menurut hemat kami tidak bisa, karena kaitanya dengan ijazah juga.

      Sudah mau lulus juga.

      Hapus
  26. Saya mau menanyakan masalah anak saya pak. Td nya anak sy di masukin ke SD kelas 1 di bogor,sesudah kenaikan kelas 1 saya memutuskan pindah ke Jakarta dan anak saya Saya masukkan Lg di sekolahan yg di Jakarta ke kelas 1 sekolah MI tanpa surat pindah dari sekolah sebelum nya di Bogor pak. Jd anak saya itu sekolah di Bogor udah kelas 2. Saya pindah ke Jakarta tp saya masukin ke kelas 1 Lg. Itu pun masuk ke sekolah Jakarta kelas 1 tanpa surat pindah dari sekolahan di Bogor. Itu gimana ya cara nya supaya saya bisa masuk Lg kesekolahan di Bogor sekolah yg sebelum nya
    Jd pengen ke kelas2 Lg yg di Bogor. Gimana cara mengurusi nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bogor naik Kelas 2,

      Pindah ke Jakarta mengulang lagi Kelas 1.

      Seletelah 1 semester berjalan pingin balik lagi ke bogor, melanjutkan Kelas 2.

      Sekarang sudah 1 semester, artinya siswa kehilangan waktu 1 semester di bogor, jadi tidak punya nilai.

      Coba saja di konsultasi kan ke sekolahnya langsung gimana baiknya, karena jangan sampai si Siswa lalu tidak sekolah.

      Hapus
  27. Alhamdulillah barusan tadi pagi anak saya kelas 3 mi bisa ke SDN. Langkah pertama aku tanya kepasek SDN masih ada kuota? Setelah itu aku datangi kepsek mi untuk minta surat pindah, tapi di jawab untuk meminta surat bersedia menerima dari pihak sd. Akhirnya bereslah lah semua urusan walaupun kesana sini cuma dalam waktu satu hari hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah

      Betul yang paling penting dari proses mutasi siswa adalah sekolah yang dituju mau menerima (ada kuota) atau tidak.

      Semoga lebih bersemangat lagi dalam belajar.

      Hapus
  28. Izin tanya pak... Siswa sy sy masukkan di sp.datadik di siswa baru nondapodik namun pengisiannya tidak ada muncul nisn... jadi pd saat tarik data, nisn siswa tersebut tidak muncul... mohon solusinya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di refersh, bisa jadi server Kemenag yng padat

      Hapus
  29. Izin bertanya...
    Saya pernah mendaftarkan anak di MIN setelah diterima dan daftar ulang, saya mengambil keputusan lain yaitu mundur dari MIN dan mendaftarkan ulang di SDN dekat rumah.
    Namun seiring dengan berjalan kegiatan pembelajaran, ternyata di SDN karena kegiatan belajar mengajar yang masih sangat sedikit sementara anak saya senang belajar. Pulang sekolah sering lesu dan bosan krn jarang ada pelajaran. Anak masih kelas 1. Pertanyaan saya, jika saya memindahkan kembali anak saya ke MIN dlu apakah bisa dan bagaimana prosedurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah sekolah merupakan sebuah hak, tentunya bisa. Prosedurnya seperti biasa mengajukan pindah.

      Sebelum mengajukan pindah silahkan tanya dulu di sekolah tujuan masih bisakah menerima siswa.

      Setelah itu baru mengajukan/datang ke sekolah saat ini dengan menjelaskan alasanya, kepala sekolah akan lebih memahami kondisi seperti ini.

      di MI porsi ilmu agama lebih banyak dari pada di SD.

      Namun banyak alternatif, bisa ikut ngaji di lingkungan terdekat, atau ikut les tambahan. Karena menang lingkungan juga berpengaruh besar dalam masa belajar atau tumbuh anak.

      silahkan berkonsultasi dengan yang lebih paham,

      Hapus
  30. pak anak saya kelas 5 MI rencana mau pindah ke SD apa masih bisa, prosesnya apa rumit y ?
    mohon di jwab y pak terima kasih,🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dan tidak rumit jika alasan pindahnya jelas, dan administrasi (raport dan surat pindahnya) lengkap.

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK