Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cetak Surat Mutasi Siswa Online di sp.datadik

Surat pindah atau mutasi siswa merupakan hal yang diperlukan dalam administrasi sekolah baik untuk sekolah asal maupun di sekolah tujuan. Pada sistem dapodik disediakan juga fitur cetak surat pindah / mutasi siswa yang bisa digunakan untuk membuktikan bahwa siswa yang bersangkutan telah dikeluarkan dari sekolah asal.

Cetak Surat Mutasi Siswa Online
Cetak surat mutasi siswa online di sp.datadik


Saat ini, Kemendikbud melalui sistem aplikasi dapodik sudah menerapkan satu data berkelanjutan. Untuk itu sekolah tujuan hanya bisa memasukan data siswa pindahan/mutasi melalui tarik online yang syaratnya harus sudah dikeluarkan dari sekolah asal. 

Jika Anda sebagai operator dapodik sekolah asal, bisa mencetak surat pindah/mutasi siswa secara online melalui  web manajemen sekolah yang beralamatkan di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Supaya lebih jelas, berikut ini cara cetak surat pindah/mutasi siswa secara online melalui 2 (dua tahap) yaitu mengeluarkan siswa/peserta didik di Apikasi Dapodik Versi 2021a Lokal dan setelah sinkron lanjut cetak surat mutasi secara online di web manajemen sekolah.

A. Mengeluarkan Siswa di Aplikasi Dapodik Localhost

  1. Login aplikasi dapodik versi 2021a localhost http://localhost:5774/
  2. Masuk ke menu "Peserta Didik" --- pilih nama siswa yang akan dikeluarkan/pindah/mutasi --- menu "Registrasi" 
    menu registrasi peserta didik dapodik

  3. Silahkan Anda isi Keluar karena: Mutasi, Tanggal Keluar Sekolah: diisi sesuai tanggal dikeluarkan, dan Alasan: Mengikuti orang tua. Setelah itu simpan dan tutup. 
    menu mutasi dapodik 2021

  4. Kemudian Anda lakukan sinkronisasi dapodik 2021a


B. Cetak Surat Pindah/Mutasi Siswa Online Web Manajemen Sekolah

  1. Login SSO ke web manajemen sekolah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. 
  2. Kemudian masuk ke menu "Siswa" --- "Keluar" --- Cari nama siswa --- klik "icon print" 
    menu cetak surat mutasi siswa online

  3. Setelah itu akan otomatis muncul atau ditampilkan Surat Keterangan Pindah/Keluar seperti gambar dibawah ini yang bisa Anda langsung cetak maupun disimpan terlebih dahulu ke format .pdf 
    Surat Keterangan Pindah Mutasi Siswa


Walaupun surat mutasi siswa online ini tidak diminta, ada baiknya Anda tetap mencetaknya dan melampirkannya pada surat keterangan pindah sekolah format S-13 sebagai format baku administrasi kesiswaan. 

Pelajari juga tentang: pedoman administrasi kesiswaan 

Demikianlah tutorial singkat tentang cara cetak surat mutasi siswa secara online melalui web manajemen sekolah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ yang bisa saya buatkan untuk Anda, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cetak Surat Mutasi Siswa Online di sp.datadik"