Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mutasi Pindah Siswa dari MI Ke Dapodik SD

Beberapa waktu yang lalu di sekolah tempat saya berkerja ada siswa pindahan dari (Madrasah Ibtidaiyah) MI yang akan masuk. Saya sempat bingung bagaimana proses / cara mutasi siswa dari MI ke dapodik SD, karena di MI menggunakan aplikasi berbeda yaitu Emis. Akan tetapi walaupun berbeda tetap menggunakan NISN yang sama.

cara siswa mutasi pindah mi ke sd
siswa mutasi pindah MI ke dapodik SD

Akhirnya saya konsultasikan kepada Admin Dapodik Dinas Pendidikan, saya tanya bagaimana cara memasukan siswa ke Dapodik mutasi dari MI?

Kemudian beliau menjelaskan untuk memasukan siswa dari MI dilakukan melalui sp.datadik. Selanjutnya saya diminta untuk mengirimkan scan surat keterangan pindah. Dan ternyata cukup mudah atas bantuan Admin dinas pendidikan untuk memasukan siswa pindah dari MI ke sekolah SD Negeri. Lebih lengkap berikut ini langkah-langkahnya.


Cara Mutasi Siswa dari MI Ke SD ( Aplikasi Dapodik)

1. Pastikan siswa memang benar-benar sudah melakukan pindah dengan melihat atau meminta surat keterangan pindah dari sekolah asal (Format S-13). Periksa juga kelengkapan dokumen seperti raport, NISN, dan lainya.

2. Siswa dalam hal ini Orang tua / wali siswa mengisi formulir pedaftaran siswa baru (Format-S1) sesuai prosedur administrasi kesiswaan. Selain itu juga mengisikan formulir siswa format Dapodik yang dapat diunduh pada aplikasi Dapodik.

3. Operator sekolah mengecek kebenaran atau kevalidan nomor NISN siswa melalui webiste https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

cek nisn

4. Selanjutnya Operator Sekolah memasukan nama siswa secara online di sp.datadik  https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

4.a. Login menggunakan akun operator sekolah

4.b. Masuk ke menu "Aplikasi" --- "PD Baru" --- "Non Dapodik" dan lanjutkan isi Data Nama Siswa, Tempat Tanggal Lahir, dan NISN.

masukan data pd baru dari mi

4.c. Jika tanggal lahir sp.datadik tidak bisa di klik, perhatikan anak panah seperti gambar dibawah ini. 

tanggal lahir tidak sp.datadik bisa di klik

5. Setelah itu silahkan konfirmasi ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan aproval atau persetujuan, jangan lupa untuk melampirkan atau mengumpulkan scan keterangan pindah siswa. Oh iya untuk siswa mutasi beda Provinsi atau Kabupaten harus menyertakan rekomendasi pindah dari dinas pendidikan.

6. Setelah admin dinas pendidikan menyetujui/ aproval maka data siswa dapat di lihat di sp.datadik di menu "Data Dapodik" --- "Siswa" --- "Terdaftar"

pd baru aprove dinas

7. Langkah selanjutnya operator melakukan sinkronisasi agar data siswa di sp,datadik dapat masuk di aplikasi dapodik lokal.

8. Kemudian Operator Sekolah melengkapi data rinci peserta didik pada aplikasi Dapodik, masukan ke rombel (kelas), dan jangan lupa untuk mensinkronkan lagi agar data lengkap siswa masuk di server dapodik. Jumlah siswa akan berpengaruh pada penerimaan alokasi dana BOS Pusat.

9. Setelah siswa benar-benar sudah masuk di sekolah tujuan, jangan lupa untuk mengirimkan balasan ke sekolah asal bahwa siswa telah diterima.

Baca juga: Verval PD NEW 2020 untuk Perbaikan Data Siswa

Demikianlah cerita saya tentang cara Mutasi / Pindah Siswa dari MI Ke  Dapodik SD Biasa baik Negeri maupun Swsata. Perpindahan atau mutasi siswa memang merupakan hal yang biasa terjadi karena perpindahan tugas kerja, maupun pindah rumah. 

Jika ada koreksi dan saran serta pertanyaan mengenai artikel ini jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar, dan bagikan jika dirasa berguna untuk teman Anda. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Cara Mutasi Pindah Siswa dari MI Ke Dapodik SD"