Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik Versi 2023.C

Kami sampaikan bahwa tutorial cara menambahkan riwayat pendidikan S1 pada aplikasi Dapodik Versi 2023.c dibuat karena saat ini sedang berlangsung verval ijazah guru honorer. Yang kabarnya untuk keperluan pendataan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjuan Kerja (PPK), yang telah kami posting beberapa hari yang lalu.

Jika Anda baru lulus dan mendapatkan ijazah S1 maka data Dapodiknya juga harus di update. Sebenarnya pengisian riwayat pendidikan S1 tidak harus menunggu lulus namun ketika sudah mendaftar S1 silahkan isikan pada Dapodik status masih kuliah. Ini agar Anda mendapatkan peluang bantuan beasiswa  pendidikan S1  dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021
Tambah Riwayat Pendidikan di Dapodik


Ijazah dan gelar pendidikan S1 bagi guru adalah hal yang wajib jika ingin berprofesi sebagai guru. Hal ini sesuai dasar hukum Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pada pasal 8 disebutkan Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Dan pada pasal 9 berbunyi Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. 

Pada aplikasi Dapodik versi 2021 penambahan riwayat pendidikan S1 tidak bisa langsung ditambahkan di dapodik melalui akun operator sekolah, namun harus melalui akun masing-masing guru. Selain itu untuk  perubahan data riwayat pendidikan formal dengan kualifikasi D4/S1 hanya dapat dilakukan di aplikasi individual GTK online https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.  Lebih lengkap silahkan simak langkah - langkah dibawah ini


Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2021

1. Silahkan hubungi operator dapodik dan sampaikan tujuan Anda ingin menambah data riwayat pendidikan formal S1. Operator Sekolah akan membantu Anda ataupun hanya memberitahukan akun username dan password PTK, agar Anda bisa menambahkannya sendiri.

2. Buka langsung aplikasi dapodik ataupun buka peramban internet kesukaan Anda bisa Google Chrome, Mozila Firefox, Microsoft Edge, Opera Mini, ataupun yang lainnya. Disarankan menggunakan versi terbaru. Ketikan alamat http://localhost:5774/

akun individu dapodik

3. Silahkan login menggunakan  username dan password akun individu dapodik Anda, 

4. Setelah Anda berhasil login lanjut pilih menu "GTK" --- "Guru" --- kik nama Anda --- "Ubah"

ubah gtk guru dapodik

5. Kemudian cari tab menu "Riwayat Pendidikan Formal" dan klik "Tambah" untuk menambahkan S1 Anda. 

riwayat pendidikan formal dapodik


6. Isikan Bidang Studi, Jenjang Pendidikan, Gelar Akademik, Satuan Pendidikan Formal, Fakultas, Kependidikan, Tahun Masuk, Tahun Lulus, NIM, Masih kuliah / tidak, semester, Rata-Rata IPK. Silahkan isikan dengan baik dan benar. Penting diketahui bahwa perubahan data riwayat pendidikan formal dengan kualifikasi D4/S1 hanya dapat dilakukan di aplikasi individual gtk online https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/. Untuk itu sebelum "Simpan", cek sekali lagi. 

masih kuliah atau tidak di dapodik

7. Langkah terakhir selelah disimpan lakukan sinkronisasi dapodik agar data Anda terkirim ke server kementrian. Jika anda bukan operator, silahkan beri tahu bahwa pengisian data S1 sudah selesai dilakukan, untuk selanjutnya operator sekolah yang akan mensinkronkan.  Setelah beberapa jam silahkan di cek di apakah data Anda telah berhasil diperbaharuai atau belum. 

Pelajari lebih lanjut: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD

Jika Anda sudah lulus dan mendapatkan ijazah S1 maka segera lakukan:  Verval Ijazah S1 INFO GTK untuk Guru Non-PNS

Itulah yang bisa tasadmin.id bagikan bagaimana cara menambahkan  data riwayat pendidikan formal S1 di aplikasi / sistem Dapodik versi 2023.c  Semoga dapat berguna, dan terima kasih.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

13 komentar untuk " Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik Versi 2023.C"

  1. cara merubah jurusan pendidikan pada dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengubah data Pendidikan S1 pada dapodik dilakukan secara online melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id login menggunakan akun masing-masing

      Hapus
  2. Mohon maaf sebelumnya mau mananyakan terkait PTK yang belum lulus Kuliahnya tp sudah masuk dapodik, apa bisa di cantumkan di riwayat pendidikan?
    pas d coba kenapa gagal terus pas di simpan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang masih kuliah bisa dimasukan di riwayat, nanti ada kolom keterangan apakah masih kuliah / tidak, isikan juga NIM dan sampai semester berapa.

      Ini juga bertujuan apabila ada program bantuan beasiswa S1 dari pemerintah.

      Hapus
    2. Kok saya tidak bisa menambahkan riwayat pendidikan ya, keterangan gagal terus

      Hapus
    3. Pastikan sudah login menggunakan akun masing-masing PTK, bukan akun operator.

      Hapus
    4. iya, saya sudah menggunakan akun saya pribadi. tapi tidak bisa menambahkan.

      Hapus
    5. coba buka https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan tambahkan di sini.

      Hapus
    6. Oh iya pastikan tidak ada kolom yng berwarna merah

      Hapus
  3. Nama universitas saya salah. saya mau merubahnya, namun pada saat mau tamba lagi s1 nya nama universitasnya tidak muncul.. apakah sistemya yang eror kira kira kapan sistem bisa normal kembali.. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lakukan verifikasi di jam2 lengang, karena server suka error bila di jam sibuk

      Hapus
  4. NIM telalu panjang bagaimana cara mengatasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai berapa karakter itu?

      Setau saya kalau jumlah digit yng membatasi adalah pengembang aplikasi, jadi setinganya memang sudah begitu. Coba lapor ke pengambang aplikasi

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK