Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak SPTJM Dapodik 2021 untuk Pencairan TPG

Di beberapa daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota memerlukan cetak SPTJM pada Dapodik yang ditandatangani kepala sekolah untuk bisa memproses pencarian Tunjangan Profesi Guru  (TPG).

SPTJM itu sendiri merupakan singkatan dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak. Sebelumnya banyak yang bertanya bagaimana mana sih cara cetak SPTJM Dapodik?

Saya sendiri sebelumnya juga tidak menemukan cetak SPTJM ini pada manajer dapodik sekolah yang beralamatkan di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

cara cetak sptjm dapodik 2021


Namun, saat ini menu SPTJM ini telah tersedia pada sitem aplikasi dapodik 2021. Seperti yang kita ketahui bahwa dapodik versi 2021 merupakan versi baru yang menggabungkan antara dapodik paud dan dapodik dikdas, jadi sistemnya juga diperbaharui untuk cetak SPTJM

Dapodik merupakan sebuah sistem data pokok pendidikan, yang saling terkait antara dapodik offline/lokal yang terinstal di laptop operator sekolah dan aplikasi online manajemen sekolah atau sp.datadik.

SPTJM pada dapodik ini berisi sebuah pernyataan dari kepala sekolah yang intinya menyatakan bertanggungjawab penuh atas kebenaran dan kemutahiran data, dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan apabila terdapat ketidak sesuaian data

Adapaun cara untuk mencetak SPTJM Dapodik harus dilakukan secara online melalui web manajemen sekolah sp.datadik. langkahnya sebagai berikut.

1. Login menggunakan akun operator sekolah (dapodik) di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id

2. Setelah itu klik pada menu "Dokumen" --- "SPTJM"

3. Anda dapat memiluh ukura kertas, A4, Letter, Legal, Maupun Folio. Jika sudah klik tombol "Cetak" Setelah itu Anda bisa langsung mencetak ke printer atau download dalam format pdf terlebih dahulu jika sedang tidak terhubung dengan printer.

sptjm dapodik 2021


4. Ada sekitar 23 lembar untuk dicetak, berisi SPTJM dan lampirannya. Lampiran ini tentunya datanya bersumber dari data dapodik yang telah dientrikan dan diperbaharui oleh operator sekolah. SPTJM ditandatangi oleh kepala sekolah, perlu juga untuk ditempelkan materai 6000 dan dibubuhkan cap sekolah.

cetak sptjm dapodik

5. Jumlah lampiran tergantun dari seberapa banyaknya data, namun untuk lampiran biasanya tidak ikut dikumpulkan. Hanya SPTJMnya saja


Daftar Lampiran SPTJM

LAMPIRAN 1 DATA SATUAN PENDIDIKAN

LAMPIRAN 2 SARANA DAN PRASARANA

LAMPIRAN 3 GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

LAMPIRAN 4 ROMBONGAN BELAJAR

LAMPIRAN 5 PESERTA DIDIK


Baca juga: CEK DATA GURU DI WEB PTK DATADIK KEMDIKBUD


Demikianlah cara cetak SPTJM Dapodik 2021 secara online melaui webiste manajemen sekolah sp.datadik.kemdikbud.go.id. 

Sekali lagi, bahwa cetak SPTJM Dapodik ini tidak melalui aplikasi lokal dapodik 2021 (localhost), namun secara online pada web manajemen sekolah. 

Semoga berguna untuk Anda yang sedang beri tugas untuk mencetak SPTJM Dapodik guna pencarian tunjangan profesi guru (TPG), atau jika operator tunjangan dinas pendidikan tidak memintanya kita sudah tahu caranya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk " Cara Cetak SPTJM Dapodik 2021 untuk Pencairan TPG "