Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

Langsung saja ya teman-teman operator sekolah / operator dapodik. 

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan bagaimana cara verifikasi akun dapodik 2021 untuk operator sekolah dan PTK , yang ternyata cukup mudah.

Apabila teman-teman operator baru saja berhasil menginstal dapodik versi 2021 maka pada aplikasi akan tertera akun operator sekolah, "Akun Tidak Terverifikasi". Selain itu pada daftar PTK akan muncul juga keterangan akun  belum terverifikasi.
verifikasi akun dapodik 2021


Hal ini karena pada aplikasi dapodik versi 2021 untuk pendataan awal tahun pelajaran 2020/2021, diberlakukan penataan akun dapodik baik itu akun operator dan akun Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK). Yang intinya tiap akun dapodik harus punya email sendiri yang aktif. 


1. Cara Verfikasi Akun Dapodik Operator Sekolah

Akun operator sekolah atau operator dapodik adalah akun yang berguna untuk mengerjakan dapodik dari entry siswa, mengisikan data PTK, serta mengisikan data Sarana Prasarana Sekolah.

Sebelum rilis aplikasi dapodik, tim pengembang dapodik melakukan pembersihan dengan cara menghapus akun operator sekolah yang dianggap tidak valid. Beberapa kriteria akun operator sekolah yang dihapus adalah digunakan lebih dari satu sekolah, serta penulisan email yang salah. Bagi yang akun operator sekolah dihapus akan dinformasikan kepada dinas pendidikan masing-masing dan juga melaui sms ke nomor kepala sekolah untuk segera dibuatkan akun operator sekolah yang baru.

Adapun cara verfikasi akun operator sekolah / operator dapodik adalah:
  1. Buka halaman SP.DATADIK  https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih "LOGIN MENGGUNAKAN SSO", masukan username dan password operator. 
    login sso sp datadik kemdikbud
  3. Ketika pertama login atau belum menverifikasi akun, Anda akan dimunculkan isian alamat email akun operator. Pastikan email tersebut aktif, jika tidak aktif alamat email dapat diganti untuk keperluan verifikasi. 
    ganti email aktif operator dapodik
  4. Klik "VERIFIKASI AKUN" agar sistem dapodik mengirimkan otomatis berupa kode verifikasi ke alamat email. 
  5. Buka kotak email masuk untuk melihat kode verifikasi yang dikirimkan, jika tidak ada di kotak masuk coba periksa folder spam. 
    email masuk verifikasi akun dapodik
  6. Setelah Anda mendapatkan kode verifikasi, silahkan kembali ke halaman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ dan masukan kode yang sudah kita dapatkan, dan klik tombol "LANJUTKAN" 
    masukan kode verifikasi dapodik
  7. Maka verifikasi telah berhasil dilakukan, dan untuk mengubah agar mucul akun terferifikasi pada aplikasi dapodik, lakukan sinkron dapodik. 
    akun operator sudah verifikasi


2. Cara Verifikasi Akun Dapodik PTK

Jika belum melakukan verfikasi akun PTK, maka pada aplikasi dapodik pada daftar PTK / GTK akan ditampilkan gambar amplop bertanda silang merah dengan keterangan akun belum terverifikasi, seperti gamvar di bawah ini
akun ptk belum terverifikasi


Agak berbeda cara verifikasi akun PTK dengan akun operator, untuk lebih jelas langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka alamat PTK.DATADIK https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan akun masing-masing PTK / GTK 
  3. Setelah berhasil login pilih menu "Biodata" --- "Akun" --- "Verifikasi Sekarang"
    biodata akun verifikasi ptk
  4. Pastikan alamat emailnya sudah benar dan aktif, kemudiah pilih "LANJUTKAN"
    verifikasi akun ptk dapodik
  5. Buka kotak email masuk, dan lihat kode verifikasi yang telah dikirimkan secara otomatis oleh sistem dapodik. Normalnya kode akan dikirim secepatnya satu menit sudah sampai, jika kode verifikasi belum masuk kemungkinan besar masih ada masalah pada server dapodik. 
  6. Masuk kembali ke web https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan masukan kodenya.
  7. Untuk menghilangkan tanda akun belum terveridikasi pada aplikasi localhost Dapodik, tentunya harus melakukan sinkronisasi. Setelah itu pada daftar PTK, icon amplop silang merah akan berubah menjadi centang hijau. 
    akun ptk telah terverifikasi

Bagaimana cukup mudah bukan untuk verfikasi akun dapodik versi 2021? Iya memang tidak sulit, tapi permasalahnya jika server kelebihan muatan operator bisa menghabiskann tenaga, waktu, bahkan kuota internet untuk verifikasi akun.

Jika teman-teman ingin mengetahui untuk apa sih harus menggunakan email aktif? silahkan pelajari pada postingan sebelumnya: Satu Email Untuk Satu Akun Dapodik.

3. Pengertian Username dan Email

Karena sepertinya masih banyak yang salah paham tentang apa itu username dan email saya akan sedikit share tentang hal tersebut "secara pengertian".

Username = Nama Pengguna
Email = Surat Elektronik,
Password = Kata Sandi

Username dan email adalah 2 (dua) hal yang berbeda... 

Email bisa digunakan sebagai username karena bersifat unik, tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Namun username tidak harus berupa email, username dapat berupa karakter.

Adapun password adalah kata sandi untuk bisa login dalam sebuah akun. 

Password dapodik tidak harus sama dengan password email, karena password bersifat rahasia. 

NB: tentang pengertian username dan email ini saya tambahkan, karena pada proses verifikasi akun dapodik alamat email dapat diedit


4. Cara Mudah Ganti Email PTK yang Sudah Tidak Aktif.


Karena beberapa hal, ternyata email yang digunakan untuk akun dapodik guru sudah tidak aktif ataupun dulu pada saat ngisi alamat email ngarang. Lalu bagaimana cara mengganti email dapodik PTK yang aktif?

Solusinya sebenarnya juga cukup mudah. Saat kita membuka web https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ kan kita diharuskan untuk menuliskan email yang aktif . Perhatikan screnshot pada point nomor 2, disitu kita masih bisa menuliskan alamat email atau tidak dikunci. Dan disinilah kita tidak perlu pusing, cukup ketikan email yang aktif dan email itu akan otomatis menjadi username dapodik PTK

Setelah itu kemudian sinkronkan aplikasi.

5. Solusi Tidak Bisa Login Verifikasi ptk.datadik

Untuk bisa verfikasi email akun di ptk.datadik tentu harus login terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika tidak bisa login dengan keterangan "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok."

gagal login ptk datadik



Kemungkintan akun ini memang belum dibuatkan pada aplikasi dapodik, jadi solusinya cukup buatkan akun pada aplikasi dapodik localhost. Caranya bisa di lihat di Cara Ubah Username dan Password Dapodik 2020.

Lho kok dapodik versi 2020? kan sekarang sudah versi 2021... Ya memang, cara ini masih bisa dilakukan kok. 

Selanjutnya setelah diubah, lakukan sinkronisasi dapodik dan PTK bisa login di web ptk.datadik

Cara ke dua,  akun login PTK bisa diubah di web manajemen dapodik. https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
Namun cara ini belum saya praktikan, karena ada kemungkinan aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Kemungkinan malah error atau akun menjadi double. Akan tetapi kalau teman-teman opeator mau coba silahkan...
ubah akun sp datadik


Hasil dari akun dapodik yang telah diverifikasi menggunakan email aktif dapat digunakan untuk melakukan login cek INFO GTK dengan mudah ( baca di sini )


6. Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi Dapodik.

Ada kasus saat melakukan verfikasi akun PTK dapodik yaitu muncul keterangan "Gagal melakukan pengiriman kode verifikasi, pastikan anda sudah menyelesaikan proses verfikasi pada tahap selanjutnya."

Gagal melakukan pengiriman kode verifikasi dapodik



Bagaimana solusi untuk kasus di atas?

Masalah gagal melakukan pengiriman kode verifikasi akun PTK dapodik, menurut pengalaman saya lebih kepada faktor server yang penuh, dan solusinya cukup lakukan verifikasi pada jam tidak sibuk seperti malam hari. 

Namun Anda bisa mencoba cara lainya yaitu dengan menunggu sampai 15 menit, kemudian lakukan proses kirim kode lagi. Web PTK jangan ditutup/melakukan refresh terlebih dahulu selama kodenya belum dikirim. Cek juga folder spam.


7. Sudah Melakukan Verifikasi tapi Masih Silang Merah

Ada kasus sudah melakukan verfikasi email PTK, dan pada manajemen sp.datadik sudah tertulis sudah verfikasi. Kemudian juga sudah melakukan sinkron. Namun pada aplikasi lokal dapodik masih muncul tanda amplop silang merah belum terferifikasi.

Saya pribadi juga mengalami hal ini, lalu solusinya bagaimana? untuk saya sendiri hanya melakukan sinkron saja. 

Namun ada juga teman yang melakukan install ulang dapodik, dan amplopnya berubah menjadi hijau, tapi setelah melakukan sinkron berubah lagi menjadi silang merah.

Ada juga kasus di akun ptk.datadik sudah terverifikasi, akan tetapi di sp.datadik belum.
Akun dapodik belum verifikasi


Setelah saya lihat-lihat di grup operator, banyak juga yang mengalami hal ini.

Saya sendiri juga belum mendapatkan info akurat mengenai bugs ini, semoga secepatnya dapat teratasi, mengingat batas verifikasi akun PTK adalah tanggal 31 Oktober 2020.


Itulah yang bisa saya tuliskan untuk teman-teman operator yang merasa kesulitan dalam verifikasi akun dapodik 2021, khususnya bagi teman-teman operator baru. Semoga bermanfaat, bagikan juga artikel ini melaui link atau media sosial agar bisa lebih bermanfaat untuk yang lainnya. 

Jika ada tambahan/koreksi maupun pertanyaan bisa Anda sampaikan melaui kota komentar tersedia, terima kasih.


Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

2 komentar untuk "Cukup Mudah Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021"

  1. Pak saya ingin menanyakan tentang verifikasi email akun gtk dapodik, saya sudah mencoba beberapa kali mencoba verifikasi email akun gtk dapodik di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ ,namun saya tidak menerima kode otp untuk verifikasi email akun gtk dapodik, hal itu saya sudah mencoba nya beberapa kali, baik pada jam 1 malam namun tetap saja saya belum bisa menerima kode otp untuk memverifikasi email akun gtk dapodik saya.
    Kalau boleh saya tahu kendala dan solusinya bagaimana iya pak? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai email gmail / yahoo?

      coba cek folder spam yang ada di emailnya, terkadang nyasar ke situ

      Hapus

1. Silahkan tulis menggunakan tata bahasa yang baik.
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.

Sahabat GTK