PPDB SD DI KABUPATEN PURWOREJO ONLINE?

Postingan ini saya akan sharing sedikit informasi tentang kegiatan Penerimaan Peserta Dididik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Informasi ini diharapkan dapat berguna untuk sekolah dan calon peserta didik baru sehingga kegiatan PPDB dapat berjalan lancar sesuai harapan.
Ilustrasi PPDB


Baik langsung masuk pertanyaan sesuai judul, Apakah PPDB SD di Kabupaten Purworejo dilakukan dengan sistem online? Jawabannya bisa dikatakan iya bisa dikatakan tidak, kok gitu? baik langsung saja... akan coba kita bahas.

Karena saya kebetulan berkerja di suatu sekolah dasar, sedikit tahu tentang info-info karena kepala sekolah menshare atau membagikan informasi yang bersifat kedinasan untuk diterusakan maupun dirapatkan degan dewan guru.

A. Kebijakan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021

Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut:

  1.  Berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2010 Tanggal 10 Desember 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
  2. Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
  3. Pelaksanaan PPDB Jenjang SD dilaksanakan tanggal 15 sampai dengan 18 Juni 2020.
  4. Pengumuman PPDB Jenjang SD tanggal 19 Juni 2020.

B. Mekanisme Pendaftaran PPDB SD

Berikut ini adalah mekanisme pendaftaran peserta didik baru jenjang sekolah dasar.

  1. Orang Tua / Wali calon peserta didik datang langsung ke satuan pendidikan tujuan untuk mengambil formulir pendaftaran dengan tetap menjaga jawak / social physcial distancing (satuan pendidikan mengatur waktu dan / jarak pengambilan formulir);
  2. Orang tua/wali calon peserta didik menyerahkan kembali formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap beserta dokumen lampiran secara langsung ke stauan pendidikan atau melaui aplikasi WhatsApp (WA) dalam bentuk file (.pdf) ke nomor WA panitia sekolah dan panitia PPDB mencatat dan mengesahkan tanda bukti pendaftaran.
  3. Panitia PPDB memasukan data calon peserta didik kedalam aplikasi;
  4. Panitia mengumumkan hasil seleksi melaui papan pengumuman di satuan pendidikan ataun melaui grup WA PPDB.
  5. Pendaftaran ulang dilakukan secara langsung ke satuan pendidikan oleh orang tua/wali dengan membawa dokumen asli yang dipersyaratkan. (datuan pendidikan mengatur waktu dan jarak duduk calon pedaftar ulang sesuai protocol covid-19)


C. Penggunaan Aplikasi WhatsApp untuk PPDB

Melihat dari mekanisme PPDB di atas diketahui bahwa aplikasi WhatsApp dimanfaatkan dalam kegiatan PPDB Jenjang SD Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021.

WhatApp merupakan aplikasi chat / perpesanan yang mungkin hampir di instal pada semua smartphone dan sudah bisa dikatakan tiap rumah memiliki contack WhatsApp.

Saya akan sedikit sharing bagaimana penggunaan WhatsApp untuk panitia sekolah dan orang tua calon peserta didik.

1. Penggunaan WhatsApp Untuk Sekolah.

Sekolah dapat memanfaatkan fitur grup pada WhatsApp yang mana dapat menampung 257 anggota. Jumlah ini dirasa cukup untuk keperluan PPDB tingkat SD apalagi cuma 1 rombel. Dan ini tips penggunaan grup WhatsApp PPDB.

  • a) Seting agar info grup hanya bisa diubah oleh admin.
  • b) Seting info atau buat deskripsi grup terkait informasi atau petunjuk singkat pelaksanaan PPDB.
  • c) Seting agar yang bisa mengirimkan pesan ke grup hanya admin, dan seskali dibuka agar bisa mendapatkan interaksi orang tua/wali calon peserta didik.
  • e) Bagikan link grup hanya kepada calon peserta didik, link grup hanya diberikan setelah calon peserta didik melakukan pendaftaran.


2. Penggunaan WhatApp untuk Calon Peserta Didik.

Dengan teknologi kita bisa terhubung kapan saja, namu tetap ada etika dalam penggunaanya.


  • a) Gunakan bahasa yang sopan dan jelas saat chat dengan panitia ataupun di grup PPDB.
  • b) Jika tidak terlalu mendesak usahakan chat hanya pada jam kerja.
  • c) Tidak share berita yang tidak ada kaitanya dengan PPDB.


D. Penggunaan Google Form untuk PPDB.

Dari mekanisme PPDB yang telah disebutkan di atas, Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo sudah menyiapkan Aplikasi PPDB, sehingga pengolahan data dan analisis PPDB menggunakan aplikasi tersebut.

Namun jika dirasa mempermudah dan memungkinkan untuk diterapkan di sekolah dengan melihat kondisi calon pendaftar kita bisa memanfaatkan google form untuk membantu proses pengisian formulir peserta didik dan upload file dokumen. Pemilihan google form akan lebih dapi karena dokumen dapat diupload dan tersimpan di folder google drive. Karena saat ini sebagian mengeluh memori WhatsApp penuh.

Tentang google form untuk PPDB Online dapat dilihat pada postingan sebelumnya. Mungkin Anda tertarik untuk mempelajari:

1. Panduan Lengkap Google Form untuk PPDB Online
2. Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi format pdf.
3. Cara Membuka WhatsApp di Laptop
4. Seting Agar WhatsApp tidak Lemot dan Hemat Kuota

E. Juknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun 2020

Saat tulisan ini diterbitkan, kami belum mendapatkan/punya file Juknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021 dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga. Akan kami share melaui postingan ini jika sudah ada.

Lihat juga: PPDB SMP Menggunakan Data Titik Koordinat Rumah

E. Penutup

Kesimpulanya bahwa untuk PPDB SD Tahun Pelajaran 2020/2021 di Kabupaten Purworejo tidaklah online, pihak sekolah yang akan memasukan ke aplikasi. Untuk mempermudah pelaksaan karena protokol pencegahan covid-19 maka digunakanlah WhatsApp sebagai media interaksi dan komunikasi antara pihak sekolah dan calon pendaftar.

Demikian yang bisa saya utarakan terkait PPDB SD di Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021 semoga dapat berjalan lancar. Mohon koreksi jika ada kekeliruan, dan terima kasih.
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "PPDB SD DI KABUPATEN PURWOREJO ONLINE?"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel