CARA MELIHAT RAPORT PMP OFFLINE

tas ADMIN id - Melihat Raport PMP merupakan langkah yang menandakan tugas teman-teman operator sudah hampir selesai. Beberapa postingan di media sosial masih ditemukan beberapa yang masih bingung cara melihat atau menampilkan rapor PMP terutama pada nilai PTK yang kosong atau nol. Pada postingan kali ini saya akan coba share bagaimana cara menampilkan raport PMP.
cara melihat raport pmp offline
rapor pmp berpua diagram jaring

Aplikasi PMP Tahun Pelajaran 2019/2020 memang banyak sekali cerita error. Menurut versi saya sendiri dari pengamatan dan lamunan banyaknya permasalahan terkait pengerjaan Aplikasi PMP Versi Offline yaitu:

Pertama, dari segi desain aplikasi itu sendiri. Secara keseluruhan aplikasi PMP memang canggih dan modern baik dilihat dari segi tampilan dan cara kerja aplikasi. Namun masih banyak faktor yang membuat aplikasi mudah error karena tergesa-gesa ataupun kurangnya tim baik tim pengembang maupun tim ujicoba. Kalau ditanya tentulah saya tidak bisa membuat aplikasi tersebut, tapi boleh dong kalau berpendapat.

Kedua, selain dari pengembang yang terkesan tergesa-gesa beberapa operator juga sepertinya tergesa-gesa tidak membaca prosedur penginstalan PMP dari pengembang, sehingga banyak ditemukan error. Ada juga banyak operator yang mengalami masalah PMP karena salah download yang harusnya instal Patch malah instal file fresh installer. Ini bisa dipahami karena mungkin tugas yang menumpuk, mengharuskan selesai maka menjadi kurang fokus.

Ketiga, aplikasi tambahan diluar pmp. Merupakan hasil kreatifitas operator yang sepertinya juga seorang programer membuat aplikasi SMART EDS, Faster PMP, Backup Restore PMP, One Toch PMP. Aplikasi ini sebetulnya tidak boleh digunakan tapi nyatanya banyak operator yang tertarik. Emang sich, melelahkan juga kalau semua pengentrian dialkukan operator tanpa uang pengerjaan atau sebut saja upah. Masalah yang timbul kemudian banyak juga yang tidak memahami cara kerja aplikasi ini dan petunjuk penggunaan, sehingga meperparah cerita error PMP.

Baiklah itu hanya cerita versi saya, Anda boleh setuju ataupun tidak. Dan kita lanjutkan ke inti postingan....

Cara Melihat / Menampilkan Rapor PMP Tahun Pelajaran 2019/2020:

  1. Buka aplikasi PMP offline
  2. Login sebagai akun operator.
  3. Pada halaman Beranda, silahkan klik menu "Hitung Rapor Mutu" 
    hitung raport mutu PMP offline
  4. Kemudian "Hitung Rapor Mutu Sekolah", tunggu beberapa saat hingga proses menghitung selesai. 
    hitung raport mutu sekolah
  5. Lanjutkan pilih "Buka Hasil Raport Mutu" 
    buka hasil rapor mutu pmp
  6. Akan ditampilkan rapor mutu PMP sekolah Anda dalam bentuk diagram jaring laba -laba. Terlihat berapa nilai 7 standar nasional pendidikan: Kompetensi Lulusan, Isi, Proses, Penilian, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengolaan, dan Pembiayaan. 
    tampilan rapor mutu pmp ptk nol
  7. Setelah Mengetahui hasil rapor mutu adalah lanjut Pakta Integritas, Namun ini menunggu pengawas sudah melakukan verval. Untuk bisa melakukan verval tentunya PMP harus sudah dikirmkan dan sinkron, untuk mempercepat verval dari pengawas ada baiknya setelah sekolah melakukan sinkron untuk melaporkan ke pegawas masing-masing. 
    pakta integritas pmp harus verval pengawas



Mengapa Nilai Rapor PMP Pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Kosong / Nol?
Ya saya juga mengalami hal ini, tapi tenang saja... ini merupakan masih adanya bugs pada aplikasi dan akan diupdate pada versi aplikasi PMP yang lebih baru.
Info ini sebetulnya sudah disampaikan di website resminya saat rilis aplikasi PMP Versi 2019.12.18

Baca juga: Cara Sinkron Aplikasi PMP Offline

Itulah yang bisa kami share cara melihat raport PMP versi offline. Sekian semoga bermanfaat khususnya untuk teman-teman operator sekolah / tenaga administasi / Bapak  Ibu Guru yang diberi tugas dari kepala sekolah, jaga kesehatan dan semoga barokah.


Belum ada Komentar untuk "CARA MELIHAT RAPORT PMP OFFLINE"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel